10 Alat Pembuat Kopi yang Wajib Dimiliki Pecinta Kopi

Hasilkan secangkir kopi dengan cita rasa kuat yang nikmat dan lezat dengan rekomendasi alat pembuat kopi berikut ini.

10 Alat Pembuat Kopi yang Wajib Dimiliki Pecinta Kopi
Image Source: Freepik/freepik

Apakah kamu pecinta kopi? Jika ya, sudah berapa banyak gelas kopi ala cafe yang kamu minum dan berapa jumlah uang yang dihabiskan setiap harinya? Menjelajahi coffee shop memang seru, tapi jika dilakukan secara terus-terusan akan membuat kantong menjerit.

Dibandingkan ngopi di cafe setiap hari, bukankah lebih baik minum kopi buatan sendiri di rumah? Kamu bisa menciptakan secangkir kopi berkualitas dengan cita rasa cafe hanya bermodalkan beberapa alat pembuat kopi.

Rekomendasi Alat Pembuat Kopi

Lalu apa saja alat pembuat kopi yang wajib dimiliki oleh kamu atau para pecinta kopi yang ingin menikmati secangkir kopi ala cafe? Yuk, simak ulasannya di bawah ini.

1. Grinder Kopi

Rekomendasi pertama adalah mesin grinder. Grinder kopi atau coffee grinder merupakan alat yang digunakan untuk menggiling biji kopi menjadi bubuk kopi yang siap seduh. Terdapat dua jenis grinder kopi yang beredar di pasaran, yaitu manual dan otomatis.

Grinder manual, dioperasikan secara manual dengan tangan. Kamu perlu memutar tuas atau pegangan untuk menggiling biji kopi. Sementara grinder otomatis, menggunakan motor untuk menggerakkan pisau atau piringan penggilingan, sehingga kamu hanya perlu menghubungkannya ke sumber listrik.

2. Dripper Kopi

Salah satu teknik pembuatan kopi manual yang banyak digunakan adalah pour over. Untuk melakukannya, kamu bisa menggunakan alat pembuat kopi bernama dripper kopi.

Dripper kopi berbentuk seperti cangkir kerucut. Fungsinya adalah sebagai penyangga filter kopi agar tetap berada di tempatnya saat kamu menuangkan air panas di atas bubuk kopi. Sangat fungsional bukan?

3. Saringan Kopi

Rekomendasi kedua adalah saringan kopi, untuk kamu yang tidak suka kopi berampas dan ingin menghidangkan kopi dengan teknik V60 dipper. Saringan kopi memang berfungsi untuk menyaring ampas kopi yang telah diekstraksi sehingga kamu bisa menikmati secangkir kopi yang bersih dan bebas dari ampas.

Alat ini umumnya berbentuk seperti kerucut, dan kamu hanya perlu menempatkannya pada mulut gelas atau cangkir kopi. Tidak hanya berbahan kertas, saringan kopi juga tersedia dari bahan stainless steel sehingga bisa digunakan berulang kali.

4. Teko Kopi

Di urutan ketiga terdapat alat pembuat kopi yaitu teko yang bisa digunakan jika kamu ingin menyeduh kopi dengan metode tubruk atau pour over. Kamu bisa menggunakan teko jenis apa pun untuk menyeduh kopi secara manual, tetapi jika memungkinkan gunakanlah teko dengan bentuk leher yang ramping dan panjang atau biasa disebut gooseneck kettle.

Teko dengan bentuk leher panjang ini dirancang khusus untuk menyeduh kopi dengan presisi karena mampu mengucurkan air secara perlahan dan sedikit demi sedikit, sehingga seluruh lapisan kopi terkena air secara merata.

5. Moka Pot

Selanjutnya adalah moka pot yang juga dikenal sebagai 'stovetop espresso maker', merupakan alat yang digunakan untuk menyeduh kopi dengan cita rasa kuat dan beraroma. Menggunakan moka pot merupakan cara lain dalam menyeduh kopi secara manual dalam versi murah atau espresso ala rumahan.

Alat pembuat kopi berbentuk teko ini perlu diletakkan di atas kompor gas atau listrik agar air yang dicampur dengan bubuk kopi naik ke moka pot dan menghasilkan kopi yang beraroma dan kental.

6. Vietnam Drip

Selain kopi susu, kopi apa lagi yang kamu pesan saat nongkrong di tempat ngopi? Pernahkah memesan kopi Vietnam? Jika belum, kamu tidak perlu lagi pergi ke cafe atau restaurant untuk mencicipi segelas kopi Vietnam, karena kini kamu bisa coba membuatnya sendiri di rumah menggunakan alat yang bernama vietnam drip.

Vietnam drip sendiri merupakan metode penyaringan yang populer di Vietnam untuk menghasilkan kopi yang kuat dan kental dengan cita rasa unik. Alat ini terdiri dari saringan bawah, saringan atas, serta penutup.

Penggunaannya cukup mudah, kamu hanya perlu meletakkan alat yang telah diisi bubuk kopi ke atas gelas atau cangkir kopi, lalu tuangkan air mendidih ke atas kopi. Secara perlahan, kopi akan menetes ke dalam cangkir.

7. French Press

Rekomendasi berikutnya adalah alat yang tidak boleh dilewatkan oleh pecinta kopi, yaitu french press. French press dikenal sebagai alat pembuat kopi yang bisa menyeduh kopi tanpa ampas adalah alat yang sederhana tetapi efektif untuk menghasilkan kopi yang kaya dan beraroma.

Terdiri dari wadah kaca atau stainless steel dengan keranjang logam yang dapat ditekan ke bawah untuk merendam kopi, french press sangat cocok untuk pecinta kopi yang menginginkan kesederhanaan dan cita rasa alami kopi.

8. Aeropress

Rekomendasi terakhir untuk kamu pecinta kopi adalah aeropress. Berbentuk seperti tabung, alat penyaring kopi ini digunakan untuk menyeduh kopi dengan tekanan udara. Aeropress bahkan menjadi favorit di kalangan pecinta kopi dan barista karena kemudahan penggunaan dan kemampuannya menghasilkan kopi berkualitas.

Metode penyeduhan kopi dengan aeropress mirip dengan Vietnam drip, bedanya alat ini menggunakan tekanan udara dalam proses pembuatan kopi.

9. Kapsul Kopi

Berencana membeli mesin kopi kapsul? Itu tandanya kamu juga membutuhkan alat pembuat kopi penunjang, seperti kapsul kopi. Kapsul kopi adalah wadah yang dapat menampung bubuk kopi sebelum diekstrak di mesin kopi.

Kamu juga bisa menemukan kapsul kopi reusable yang dapat digunakan berulang kali. Cara ini tentunya lebih hemat dan ramah lingkungan. Kamu juga bisa memilih bubuk kopi yang sesuai dengan preferensimu.

10. Portafilter

Satu lagi alat pembuat kopi yang biasanya digunakan bersama mesin kopi. Alat ini disebut portafilter. Fungsinya sama seperti kapsul kopi, yakni sebagai wadah bubuk kopi sebelum diekstrak.

Portafilter digunakan dengan mesin kopi yang memiliki group head. Dengan portafilter, air panas yang akan mengekstrak kopi bisa bekerja dengan tekanan yang diperlukan. Hasil ekstraksi pun terasa sempurna.


Setelah melihat daftar alat pembuat kopi di atas, sudahkah kamu menentukan alat mana yang akan dibeli lebih dahulu? Pilihlah alat pembuat kopi sesuai dengan preferensi dan gaya kamu ya.

Eksplorasi berbagai metode pembuatan kopi akan menjadi pengalaman yang memuaskan. Penggunaan alat yang sesuai, bahan berkualitas, dan teknik yang tepat akan menghasilkan secangkir kopi lezat yang bisa kamu nikmati setiap harinya.

Selain rekomendasi di atas, kamu juga bisa menemukan beragam alat pembuat kopi lainnya di JakartaNotebook. Tunggu apa lagi, yuk buat kopi ala cafemu sekarang di rumah!