6 Cara Membentuk Otot Lengan, Bisa Dilakukan di Rumah!

Kata siapa melatih otot lengan itu susah? Kini Anda bisa berlatih sendiri dengan menyimak cara membentuk otot lengan berikut.

6 Cara Membentuk Otot Lengan, Bisa Dilakukan di Rumah!
Image Source: Jonathan Borba / Unsplash

Membentuk otot lengan yang kuat bisa membantu meningkatkan kemampuan fisik dan performa dalam berbagai aktivitas yang memerlukan kekuatan tangan seperti angkat beban, olahraga bela diri, bermain golf atau tenis, serta pekerjaan fisik yang memerlukan kekuatan tangan dan lengan.

Tak hanya itu, aktivitas ini juga dapat menjaga kesehatan karena setiap gerakannya membuat tubuh memproduksi keringat yang mengeluarkan berbagai racun dan zat berbahaya dalam tubuh.

Cara Membentuk Otot Lengan yang Mudah dan Simpel

Jika sebelumnya Anda harus pergi ke gym atau fitnes center untuk membentuk otot, kini Anda bisa melakukan aktivitas ini dengan tenang di rumah. Penasaran bagaimana caranya? Yuk, simak beberapa cara membentuk otot lengan yang mudah dan simpel ala JakartaNotebook berikut!

1. Push-Up

Push-Up
Image Source: freepik

Push-up adalah salah satu cara paling efektif dan sederhana untuk membentuk otot lengan. Saat melakukan gerakan ini otot bagian trisep, bahu, dan dada akan berkontraksi. Tak heran jika push up sering disebut sebagai gerakan utama untuk melatih otot lengan.

Agar mendapatkan manfaatnya, pastikan kamu melakukan push-up dengan cara yang benar. Caranya, tempatkan tangan di lantai dengan posisi sejajar dengan kaki kemudian turunkan tubuh hingga hampir menyentuh lantai serta jangan biarkan pinggul terangkat. Lakukan gerakan ini sebanyak yang Anda mampu.

2. Pull-Up

Pull-Up
Image Source: freepik

Mungkin kamu sering melihat gerakan ini di berbagai acara olahraga ekstrim. Hampir sama dengan push-up, pull juga jadi salah satu gerakan favorit yang banyak dilakukan untuk membentuk otot lengan.

Perbedaan dari kedua gerakan ini adalah area otot yang dibentuk. Dengan pull up Anda melatih otot pada bagian bisep dan punggung sehingga dapat membuat tubuh terlihat makin kekar.

Untuk melakukan gerakan ini Anda hanya perlu menggantungkan tubuh pada sebuah tiang pull-up kemudian menarik tubuh ke atas. Jika masih belum berhasil, Anda bisa memulainya dengan gerakan chin-up yang lebih mudah.

3. Barbell Curl

Image Source: freepik

Ketika melihat barbel berukuran besar, banyak oraang berpikir alat ini hanya digunakan untuk olahraga angkat beban. Padahal barbel dapat digunakan untuk membentuk otot lengan dengan gerakan yang dikenal sebagai barbell curl.

Barbell curl merupakan gerakan olahraga yang dilakukan dengan memegang barbel di kedua sisi tangan, kemudian angkat alat ini ke arah dada. Saat melakukan gerakan ini usahakan tidak menggerakkan atau mengubah posisi siku.

Selain itu, Anda juga bisa melakukan barbell curl dengan posisi terlentang dan mengangkat barbel ke atas.

4. Dumbbell Curl

Image Source: freepik

Jika merasa barbell curl terlalu sulit dilakukan, dumbbell curl bisa jadi alternatif yang tepat untuk Anda. Meski sama-sama dilakukan dengan mengangkat beban, ukuran yang digunakan untuk dumbbell curl jauh lebih kecil jika dibandingkan gerakan sebelumnya.

Cara yang digunakan untuk mengangkat beban pun sedikit berbeda. Jika melakukan gerakan ini Anda bisa memegang dumbbell di kedua tangan dan mengangkatnya secara bergantian ke arah dada dengan melipat lengan.

5. Tricep Dip

Image Source: freepik

Tricep drip merupakan gerakan paling mudah dilakukan untuk melatih otot trisep bagian belakang. Anda hanya memerlukan tempat untuk duduk agar bisa melakukan gerakan ini.

Cara melakukannya juga sangat gampang, cukup letakkan tangan pada permukaan yang sejajar dengan bahu (misalnya kursi atau meja), kemudian turunkan tubuh dengan gerakan menekuk lengan hingga membentuk sudut 90 derajat. Anda bisa melakukan gerakan ini scara berulang dengan menaikkan kembali tubuh dengan gerakan menegakkan lengan.

6. Hammer Curl

Image Source: dmoose

Masih mengunakan beban, cara melatih otot lengan ini mirip dengan dumbbell curl. Untuk melakukan gerakan ini, angkat dumbbell menggunakan kedua tangan secara bersamaan dengan tangan menghadap ke samping tubuh sehingga membentuk sudut 90 derajat dengan lengan.

Ulangi gerakan ini sebanyak yang Anda bisa dan hindari memaksakan diri agar tidak terjadi cedera.

Jika tertarik melakukan berbagai cara membentuk otot lengan di rumah, tentu Anda membutuhkan peralatan yang berkualitas agar tidak cepat rusak dan membahayakan diri. Kini Anda bisa menemukan berbagai perlengkapan olahraga kualitas terbaik di JakartaNotebook, seperti:

Lotank Alat Bantu Push-up Training Board Portable with Counter Display - A602 - Black

Beli Sekarang

KANCOOL Sarung Tangan Angkat Beban Anti Slip Lifting XL 2 PCS - A-154 - Black

Beli Sekarang

TaffSPORT Handle Push Up Model S - HY1303-006 - Black

Beli Sekarang

Door Gym Extreme Alat Pull Up Pintu - HB06 - Black

Beli Sekarang

TaffSPORT Tali Lateks Pull Up Resistance Band Fitness size l - Y66OR - Black

Beli Sekarang

***

Membentuk otot lengan memang bisa membuat tubuh makin sehat dan terlihat proporsional. Namun, perlu diingat bahwa proses ini lengan memerlukan waktu dan konsistensi.

Lakukan beberapa cara di atas secara rutin dan sesuai dengan kemampuan Anda. Selain itu, jangan lupa menjaga pola makan sehat serta mengonsumsi protein yang cukup untuk mempercepat pertumbuhan otot.