6 Cara Membersihkan Karburator Motor Sesuai Anjuran

Untuk menjaga performa motor, Anda harus memastikan karburator tetap bersih. Lalu, bagaimana cara membersihkan karburator dengan tepat?

6 Cara Membersihkan Karburator Motor Sesuai Anjuran
Image Source: Suzuki

Karburator telah menjadi bagian vital dalam dunia motor sebelum teknologi Fuel Injection diperkenalkan. Agar karburator tetap berkinerja maksimal, perlu adanya perhatian khusus terutama pada saluran pernapasan di dalamnya.

Salah satu masalah umum yang sering terjadi pada karburator adalah kotor. Dampak dari karburator yang kotor terhadap performa motor dapat sangat merugikan.

Motor akan terasa tersendat-sendat, bahkan mesin bisa tiba-tiba mati. Hal ini disebabkan oleh pencampuran udara dan bahan bakar yang terjadi di dalam karburator sebelum masuk ke ruang bakar.

Ketika karburator terlalu kotor, campuran udara dan bahan bakar akan terkontaminasi oleh kotoran. Hasilnya, motor akan kesulitan berjalan dengan lancar, bahkan bisa mati mendadak.

Oleh karena itu, perawatan rutin pada karburator sangat penting untuk mencegah masalah tersebut.

Cara Membersihkan Karburator dengan Benar

cara membersihkan karburator
Image Source: Moservice

Untuk hasil yang maksimal, cara membersihkan karburator motor berikut ini harus diikuti dengan cermat dan hati-hati. Di bawah ini adalah panduan langkah demi langkah untuk membersihkan karburator motor:

1. Melepaskan Karburator dari Dudukan

Cara membersihkan karburator yang pertama adalah melepaskan karburator dari dudukannya. Pastikan kamu memiliki alat atau kunci yang sesuai untuk tugas ini. Saat prosesnya, penting untuk berhati-hati agar tidak merusak komponen lain.

2. Buka Mangkuk Karburator dan Bersihkan

Selanjutnya, buka mangkuk karburator dengan melepaskan semua baut pengaitnya. Periksa apakah ada endapan atau kontaminasi di dalam mangkuk.

Jika ada kotoran, bersihkan dengan menggunakan kuas lembut, dan lakukan pencucian menggunakan bensin untuk memastikan kebersihannya.

3. Bersihkan Pilot Jet, Main Jet, dan Needle Jet

Cara membersihkan karburator selanjutnya adalah melepaskan bagian pilot jet, main jet, dan needle jet dari karburator. Pastikan kamu melakukan tugas ini dengan hati-hati.

Bersihkan ketiga bagian tersebut, bisa dengan meniupnya atau menggunakan kompresor untuk membersihkannya lebih efisien.

ZSDTRP Karburator Motor Carburetor Engine Motorcycle 32 mm - 32PWK - Silver - JakartaNotebook.com
ZSDTRP Karburator Motor Carburetor Engine Motorcycle 32 mm - 32PWK termurah. Dapatkan dengan mudah ZSDTRP Karburator Motor Carburetor Engine Motorcycle 32 mm - 32PWK murah, garansi, dan bisa cicilan - Hanya di JakartaNotebook.com.

4. Membersihkan Main Jet Karburator

Setelah melepaskan dan membersihkan pilot jet, main jet, dan needle jet, kamu bisa melakukan pembersihan lebih lanjut pada main jet karburator. Gunakan kompresor untuk membersihkannya.

Saat membersihkan needle jet, perlu berhati-hati, cukup gunakan kuas yang telah dicelupkan dalam bensin, lalu semprot bagian lubang menggunakan kompresor.

5. Membersihkan Spuyer Karburator

Spuyer karburator memiliki peran penting dalam kinerja mesin. Oleh karena itu, cara membersihkan karburator bagian spuyer haruslah hati-hati, pastikan tidak mengubah diameter aslinya.

Kamu bisa menggunakan amplas halus untuk membersihkan dan menghilangkan kotoran yang menempel.

MIKUNI Karburator Motor Carburetor Engine Motorcycle 26 mm - VM22 - Silver - JakartaNotebook.com
MIKUNI Karburator Motor Carburetor Engine Motorcycle 26 mm - VM22 termurah. Dapatkan dengan mudah MIKUNI Karburator Motor Carburetor Engine Motorcycle 26 mm - VM22 murah, garansi, dan bisa cicilan - Hanya di JakartaNotebook.com.

6. Merakit Kembali Karburator

Langkah terakhir adalah merakit kembali semua komponen karburator dengan benar. Atur ketinggian pelampung mesin dengan menggunakan jangka sorong untuk mengatur campuran bahan bakar dengan tepat.

Pastikan kamu merakit semua komponen dengan hati-hati dan mengembalikan karburator ke posisinya semula pada motor.

Penting untuk diingat bahwa cara membersihkan karburator motor memerlukan tingkat ketelitian yang tinggi. Selalu perhatikan posisi dan komponen karburator dengan teliti.

Setelah bersih, kamu juga bisa menyetel karburator agar motor bisa menyala dengan sempurna tanpa khawatir tersendat atau mati karena pasokan gas yang kurang optimal.

Membersihkan karburator sendiri memang bisa dilakukan. Namun, jika kamu merasa kesulitan atau tidak yakin, sebaiknya berkonsultasi dengan bengkel motor terdekat untuk menghindari masalah yang tidak diinginkan.