10 Cara Mencegah Kerusakan Laptop Pribadi, Pasti Lebih Tahan Lama!

10 Cara Mencegah Kerusakan Laptop Pribadi, Pasti Lebih Tahan Lama!

Laptop mu sudah bertahan berapa lama nih Jaknoters?

Kamu tentu salah satu orang yang sudah merasakan kecanggihan teknologi saat ini bukan?! Kecanggihan perkembangan teknologi dan informasi semakin mempermudah orang-orang untuk melakukan pekerjaannya. Contohnya sebuah laptop. Laptop yang berkualitas tentu bisa membantu kita sebagai penggunanya untuk mengerjakan hal-hal bermanfaat. Banyak sekali pekerjaan atau tugas yang bisa kita kerjakan dengan fitur dan akses internet dari laptop.

Apalagi dalam penggunaannya, laptop biasa digunakan setiap hari oleh pelajar, mahasiswa, maupun pekerja kantoran yang mungkin saat ini bahkan masih melakukan work from home. Dari penggunaan laptop yang sering inilah, tidak jarang pula sebagian besar orang mengeluhkan mengapa laptop mereka rusak. Hal ini bisa terjadi karena kurangnya pemahaman tentang cara mencegah kerusakan laptop pribadi mereka. Perlu juga diingat, bahwa kerusakan pada laptop bukan hanya mudah terjadi pada laptop yang sering digunakan namun juga yang jarang dipakai. Karena laptop yang diabaikan terlalu lama sekaligus jarang digunakan akan membuat laptop menjadi cepat tidak berfungsi lagi.

Gak mau kan hal ini terjadi ke kamu Jaknoters? So, simak yuk beberapa cara mencegah kerusakan laptop pribadi yang bisa kamu terapkan!

  • Rutin Bersihkan Laptop dari Berbagai Kotoran

Intensitas penggunaan laptop setiap hainya membuatnya rentan terkena kotoran. Debu-debu halus contohnya, partikel debu yang kecil bahkan mampu mengotori setiap komponen pada laptop. Maka, apabila tidak sesering mungkin dibersihkan, kotoran tersebut lama-kelamaan akan mengendap. Alhasil, endapan kotoran itulah yang bisa membuat laptop milikmu cepat rusak.

Untuk membersihkan laptop, gunakan cairan pembersih khusus pada bagian layarnya. Selain itu, bagian keyboardnya juga bisa kamu bersihkan dengan menyemprotkan udara ke sela-sela keyboard sehingga debu halus dapat terangkat.

  • Gunakan Stabilizer

Yang namanya perangkat elektronik, tentu ada hubungannya dengan listrik. Jika kamu menggunakan laptop tanpa memasang baterai, sebaiknya gunakan stabilizer. Karna menghubungkan laptop langsung ke listrik tanpa perantara baterai sangat beresiko. Jika kamu menggunakan stabilizer, maka kestabilan tegangan listriknya akan terjaga sehingga tidak menyebabkan laptop mati mendadak ketika listrik padam.

  • Jangan Gunakan Mode Sleep dalam Jangka Lama

Apabila kamu sedang tidak banyak menggunakan laptop, maka sebaiknya bisa langsung dimatikan sepebuhnya. Jangan membiarkan laptop kamu menyala dan mati dalam keadaan mode sleep berhari-hari bahkan berbulan-bulan. Maka, apabila kamu akan bepergian tanpa membawa laptopnya, sebaiknya kamu simpan dalam keadaan mode shutdown.

  • Hindari Makanan dan Minuman dari Laptop

Kamu semua yang masih suka minum atau makan sambil melakukan pekerjaan dekat laptop jangan dilakukan lagi ya! Hal remeh ini bisa menyebabkan resiko buruk bagi laptop kamu loh!

Contohnya, minuman dan makanan bisa tumpah di dekat laptop. Tumpahan tersebut bisa menyebabkan kerusakan, apalagi jika komponenya basah terkena tumpahan.

  • Tas Khusus Laptop sangan Diperlukan

Ketika kamu ingin membawa laptop ke tempat lain, usahakan untuk selalu membawanya dengan tas khusus. Karena cara mencegah kerusakan laptop satu ini juga bisa menjaga keawetan laptop kamu. Tas khusus laptop memang didesain agar bisa membawa laptop secara praktis dan aman. Dengan adanya tas laptop, maka laptop kamu bisa terhindar dari benturan atau gesekan dengan benda lainnya.

Miliki tas laptop berkualitas dari JakartaNotebook!

  • Jangan Letakkan Barang Berat di Atas Laptop

Selain menggunakan tas laptop, cara mencegah kerusakan laptop pribadi berikutnya adalah tidak meletakkan sesuatu benda yang berat di atas laptop kita. Benda-benda berat yang diletakkan di atas laptop bisa membuat kerusakan pada layar laptop. Oleh karenanya, hindari menaruh benda berat di atas laptop kamu ya.

  • Jangan Bermain Laptop di Atas Kasur

Cara mencegah kerusakan laptop pribadi lainnya adalah jangan sering menggunakan laptop di atas kasur. Seperti yang kalian tahu, kasur terbuat dari bahan yang menyerap panas. Ketika laptop kamu dinyalakan, tentu ada panas yang keluar dari laptop yang akhirnya malah diserap oleh kasur. Hal ini bisa mengakibatkan kasur terbakar dan membahayakan jiwa penggunanya.

Bekerja atau mengerjakan tugas dengan laptop di atas kasur akan lebih terasa nyaman dan aman dengan meja lipat portable dari JakartaNotebook!

  • Jangan Menggunakan Laptop di Ruangan Bersuhu Tinggi

Membuat laptop awet bisa kita usahakan dengan tidak menggunakan laptop di ruangan bersuhu tinggi. Suhu panas yang terlalu tinggi bisa merusak komponen-komponen di dalam laptop.

Gunakan cooling pad untuk membuat laptop kamu terjaga suhunya. Langsung cek pilihannya di sini!

  • Jaga Daya Baterai Laptop

Laptop harus segera di isi ulang sebelum baterai kosong. Jika kamu malah menunggu laptop sampai baterainya nol persen, maka akan memberikan efek buruk bagi penggunaan laptop. Salah satu efek buruknya adalah boros baterai. Untuk menghindari kejadian itulah, sebaiknya segera isi ulang baterai laptop sebelum benar-benar habis. Pastikan juga kamu menggunakan charger berkualitas ya!

  • Atur Kecerahan Layar

Mengatur tingkat kecerahan layar pada laptop mungkin adalah hal yang dianggap sepeleh. Namun, hal ini ternyata bisa turut membantu mencegah kerusakan laptop terutama kelangsungan baterai laptop loh! Maka sebaiknya atur kecerahan dalam skala normal, jangan terlalu cerah dan juga jangan terlalu redup. Karena kalo terlalu redup pun akan membuat mata kamu rusak.

Yuk coba rawat laptop kamu dengan baik, Jaknoters!