4 Cara Menghilangkan Jamur Kaca Mobil Tanpa ke Bengkel

Jamur pada kaca mobil bukan sesuatu yang bisa diabaikan. Lakukan cara menghilangkan jamur kaca mobil berikut untuk mengatasinya.

4 Cara Menghilangkan Jamur Kaca Mobil Tanpa ke Bengkel
Image Source: Freepik

Bagi pemilik mobil, kamu pasti mengetahui pentingnya kaca mobil saat berkendara. Jika tidak dirawat dengan baik, flek-flek jamur akan segera hadir memenuhi kaca mobilmu.

Adanya jamur dapat merusak lapisan antirefleksi atau lapisan khusus lain pada kaca mobil. Jamur juga dapat menyebar ke area lain bahkan ke dalam sistem ventilasi mobil jika tidak segera ditangani.

Selain mengganggu visibilitas saat berkendara, hadirnya jamur juga dapat merusak tampilan estetik mobilmu. Mobilmu akan terlihat tidak terawat dan kurang menarik.

Cara Menghilangkan Jamur Kaca Mobil

Sudah cukup jelas bahwa jamur pada kaca mobilmu bukanlah sesuatu yang bisa diabaikan begitu saja. Untuk mengatasinya, kamu bisa menyimak beberapa cara menghilangkan jamur kaca mobil di bawah ini. Cara ini bisa kamu lakukan sendiri hanya dengan alat yang mudah ditemukan di sekitarmu.

1. Pemutih Pakaian

Pemutih Pakaian
Image Source: Freepik

Pemutih pakaian seperti Byclin pasti dapat kamu temukan di warung sekitar. Selain memutihkan baju, kamu juga bisa menggunakannya untuk menghilangkan jamur pada kaca mobil, loh!

Caranya sangat sederhana, cukup gunakan kain lembut dengan pemutih secukupnya. Usap perlahan pada kaca depan hingga bersih. Kamu pun akan mendapatkan kaca mobil yang bebas jamur.

Saat membersihkan kaca mobil, pastikan untuk menggunakan kain dan tekanan yang lembut untuk menghindari goresan. Selama proses pengeringan, sebaiknya mobil diparkir di tempat yang sejuk dan terhindar dari sinar matahari langsung.

2. Pasta Gigi

Pasta Gigi
Image Source: Freepik

Cara menghilangkan jamur pada kaca mobil yang selanjutnya dapat dilakukan dengan pasta gigi yang biasa kamu gunakan. Prosedurnya sederhana, cukup oleskan pasta gigi secukupnya pada kaca mobil dan tunggu hingga kering.

Jika pasta gigi mengering, bilas dengan air bersih sambil dilap dengan kain lembut agar jamur menghilang. Segera keringkan dengan kertas koran yang bersih. Pasta gigi dapat digunakan sebagai pembersih jamur kaca mobil dengan hasil yang dapat dilihat secara langsung.

3. Cairan Alkohol 50-90%

Cairan Alkohol 50-90%
Image Source: Freepik

Alkohol dengan kadar 50-90% juga ternyata dapat menjadi salah satu cara menghilangkan jamur pada kaca mobil. Bahan ini tentunya sangat familiar karena sering digunakan untuk membersihkan luka.

Sebagai pembersih jamur kaca mobil, alkohol dapat digunakan bersama dengan kain lembut. Caranya sangat sederhana, cukup celupkan kain ke dalam alkohol dan usapkan pada kaca mobil. Sekali lagi, gosoklah kaca mobil Anda dengan lembut agar tidak tergores.

4. Campuran Cuka Putih

Campuran Cuka Putih
Image Source: Freepik

Campuran cuka putih juga bisa kamu jadikan pembersih jamur kaca mobil, loh. Caranya pun cukup mudah, kamu hanya perlu mencampurkan air hangat dan cuka putih dengan rasio 1:1.

Basahi lap bersih dengan campuran cuka yang telah kamu siapkan. Setelah itu, usapkan secara merata pada kaca mobil yang terdampak jamur. Agar semakin efektif, kamu dapat menunggu hingga beberapa saat.

Setelah dirasa cukup, kamu dapat menyikat area jamur menggunakan sikat gigi yang lembut dengan arah memutar agar tidak lecet. Selanjutnya kamu bisa membilas kaca mobil dan mengeringkannya.

Penyebab Jamur pada Kaca Mobil

Penyebab Jamur pada Kaca Mobil
Image Source: Freepik

Meski mengetahui cara menghilangkan jamur kaca mobil, akan sangat disayangkan jika kamu tidak mengetahui penyebab munculnya jamur. Mengetahui penyebabnya sangat penting untuk mencegah kehadiran jamur.

Penyebab paling umum adalah sisa air hujan yang menempel di kaca. Jika tidak segera dibersihkan, bekas air hujan ini akan sulit dihilangkan. Terlebih jika sudah terkena sinar matahari sebelum dibersihkan.

Penyebab selanjutnya adalah karena kualitas air yang kurang bagus. Ternyata kandungan kapur yang terlalu tinggi pada air dapat menyebabkan jamur. Begitu juga dengan air garam atau air laut.

Penyebab lainnya adalah karena pengeringan yang kurang baik. Meski sudah dikeringkan dengan lap, bisa saja prosesnya tidak maksimal. Oleh karena itu, kamu sebaiknya menggunakan kain lap microfiber berkualitas tinggi.

Jual Xinmengyuan Kain Lap Mobil Microfiber Towel Cloth Velvet 30
Pembersih Rumah Xinmengyuan Kain Lap Mobil Microfiber Towel Cloth Velvet 30 x 30 cm - 0082 harga Rp 5.900 dikirim dari DKI Jakarta. Jual Beli Online Mudah dan Aman di situs Jakmall.com

Itulah beberapa cara menghilangkan jamur kaca mobil tanpa harus pergi ke bengkel. Dengan sedikit usaha dan perawatan rutin, kamu dapat mengembalikan kilau dan kejernihan pada kaca mobilmu secara mandiri.