10 Daftar Alat Live Streaming yang Wajib Kamu Punya

Baru mulai live streaming? Daftar alat live streaming ini bisa membuat sesi live kamu lebih lancar dan pastinya makin ramai penonton!

10 Daftar Alat Live Streaming yang Wajib Kamu Punya
Image Source: Freepik/Lifestylememory
Siapa yang tak tahu live streaming?

Saat ini live streaming jadi salah satu aktivitas yang banyak dilakukan banyak orang. Mulai dari content creator hingga aneka brand ternama melakukan live streaming agar bisa lebih dekat dengan audiensnya.

Selain aktif berinteraksi dengan audiens, menggunakan peralatan yang berkualitas juga bisa jadi cara jitu untuk meningkatkan penonton. Nah, jika kamu baru akan memulai live streaming, berikut daftar alat live streaming yang wajib kamu punya.

Alat-alat ini tidak hanya membuat live streaming lebih lancar, tapi juga bisa meningkatkan penonton, lho!

Daftar Alat Live Streaming untuk Tingkatkan Penonton

Mulai dari kamera, tripod, mikrofon, hingga lampu tumblr, berikut daftar alat live streaming yang wajib kamu punya untuk meningkatkan penonton.

1. Kamera

Kamera
Image Source: JakartaNotebook

Alat live streaming pertama yang wajib kamu punya adalah kamera. Pada dasarnya alat ini berfungsi untuk merekam video yang akan disiarkan langsung melalui berbagai platform media sosial.

Bagi yang baru mulai live streaming, kamu bisa menggunakan kamera bawaan pada smartphone atau tablet pintar. Namun, jika ingin kualitas video yang lebih baik, menggunakan kamera yang dibuat khusus untuk merekam video seperti webcam dapat jadi solusi.

Ukurannya yang kecil memudahkan kamu memasang dan menyesuaikan angle kamera untuk mendapatkan hasil video terbaik.

2. Lighting

Lighting
Image Source: JakartaNotebook

Melakukan live streaming rasanya tidak lengkap jika belum menggunakan lighting. Alat ini berfungsi untuk menghasilkan cahaya tambahan sehingga hasil video yang direkam bisa terlihat jelas oleh penonton.

Saat ini terdapat berbagai jenis lighting yang dijual di pasaran. Jika kamu punya budget terbatas, ring light dengan aneka ukuran dan angle yang bisa diatur bisa jadi pilihan.

Selain itu ada pula set lighting lengkap yang berisi light stand, softbox, dan reflektor kamera. Opsi ini bisa dipilih jika kamu ingin menghasilkan video streaming dengan kualitas terbaik seperti brand ternama.

TaffSTUDIO Payung Softbox Reflektor Fotografi + Bohlam - SB-MS-B5070 - Black - JakartaNotebook.com
TaffSTUDIO Payung Softbox Reflektor Fotografi + Bohlam - SB-MS-B5070 termurah. Dapatkan dengan mudah TaffSTUDIO Payung Softbox Reflektor Fotografi + Bohlam - SB-MS-B5070 murah, garansi, dan bisa cicilan - Hanya di JakartaNotebook.com.

3. Tripod

Tripod
Image Source: JakartaNotebook

Tripod adalah alat live streaming yang wajib dimiliki jika kamu melakukan siaran langsung menggunakan smartphone atau kamera. Tripod berfungsi sebagai penyangga untuk meletakkan smartphone atau kamera agar bisa merekam video dengan maksimal.

Pastikan kamu memilih jenis tripod yang sesuai dengan alat perekam video yang digunakan, seperti tripod HP untuk smartphone dan tripod kamera untuk kamera atau camcorder.

Pertimbangkan memilih produk yang menawarkan aneka fitur, seperti remot kontrol, gimbal, koneksi Bluetooth, atau face tracking untuk memudahkan proses perekaman video.

4. Holder HP

Holder HP
Image Source: JakartaNotebook

Jika kamu ingin melakukan live streaming tapi belum punya ruang khusus yang mendukung, holder HP bisa jadi solusi. Pada dasarnya holder HP punya fungsi yang sama dengan tripod yakni untuk menyangga smartphone. Perbedaannya utama kedua alat ini ada pada bagian bawahnya,

Jika bagian bawah tripod umumnya memiliki tiga kaki, holder HP memiliki bagian bawah dengan bentuk datar. Bentuk ini memudahkan holder dipasang pada dinding, kursi, hingga dashboard mobil.

5. Mikrofon

Mikrofon
Image Source: JakartaNotebook

Suara yang jelas dan kencang jadi salah satu kunci live yang ramai penonton. Selain mengandalkan mikrofon bawaan dari smartphone atau kamera kamu juga bisa menggunakan mikrofon tambahan.

Mikrofon tambahan dapat menangkap suara lebih baik karena dibekali chip khusus untuk merekam suara. Selain itu, mikrofon keluaran terbaru juga telah dibekali fitur noise cancelling untuk meredam suara berisik.

Sekarang terdapat banyak pilihan model mikrofon yang bisa kamu pilih, seperti clip on microphone, lavalier mic, mic condenser, dan banyak lainnya.

6. Stand Mic

Stand Mic
Image Source: JakartaNotebook

Jika kamu menggunakan mikrofon berukuran cukup besar seperti mic condenser atau mic wireless jangan lupa untuk membeli stand mic. Meski terlihat sederhana, alat satu ini memiliki fungsi penting untuk menjaga kualitas audio agar tetap konsisten.

Stand mic yang berkualitas dapat menyangga mikrofon dengan kuat sehingga posisinya tidak berubah. Beberapa produk juga menawarkan stand mic dengan bagian leher yang dapat disesuaikan ketinggian dan kemiringannya. 

Pastikan kamu memilih ukuran stand mic yang sesuai dengan ukuran mikrofon agar bisa digunakan dengan maksimal.

7. Headset

Headset
Image Source: JakartaNotebook

Masih berhubungan dengan audio, alat live streaming yang wajib kamu punya selanjutnya adalah headset. Menggunakan headset memungkinkan kamu memonitor hasil suara selama melakukan live streaming.

Headset berkualitas juga memudahkan kamu berinteraksi jika melakukan live streaming yang melibatkan audiens. Selain itu alat ini juga menjadi senjata penting untuk para streamer gaming agar kamu bisa mendengar berbagai suara di dalam game dengan maksimal.

Earphone Headset Samsung Galaxy S10 Tune by AKG - EO-IG955 (Replika 1:1) - Black - JakartaNotebook.com
Earphone Headset Samsung Galaxy S10 Tune by AKG - EO-IG955 (Replika 1:1) termurah. Dapatkan dengan mudah Earphone Headset Samsung Galaxy S10 Tune by AKG - EO-IG955 (Replika 1:1) murah, garansi, dan bisa cicilan - Hanya di JakartaNotebook.com.

8. WiFi Extender

WiFi Extender
Image Source: JakartaNotebook

Koneksi internet jadi hal paling penting yang wajib kamu perhatikan selama melakukan live streaming. Tentu kamu nggak ingin live berhenti secara mendadak karena sinyal WiFi terputus, bukan? Untuk mencegah hal ini terjadi, kamu bisa menggunakan WiFi extender

WiFi extender adalah alat yang berfungsi untuk memperluas jangkauan sinyal WiFi dengan membuat jaringan WiFi baru. Jaringan yang dihasilkan alat ini sama kuatnya dengan router utama sehingga kamu bisa menggunakan internet dengan lancar tanpa khawatir terputus.

Kini kamu bisa melakukan live dengan lancar tanpa terganggu sinyal yang lemot atau terputus.

9. Power Bank

Power Bank
Image Source: JakartaNotebook

Bagi yang melakukan live menggunakan smartphone, kamu tak boleh lupa sedia power bank. Berfungsi sebagai sumber listrik darurat, alat ini bisa kamu pakai untuk mengisi daya smartphone saat melakukan live streaming di luar ruangan.

Saat ini umumnya power bank memiliki kapasitas 5.000 hingga 20.000 mAh. Kapasitas ini bisa kamu gunakan untuk mengisi daya smartphone hingga penuh sebanyak 1-4 kali. Tak hanya itu, beberapa produk juga telah menggunakan panel surya sehingga kamu tak perlu repot mengisi daya power bank secara manual.

HAIMAITONG Power Bank Solar 2 Port 10000 mAh Micro Lightning Type C - HA-4 - Black - JakartaNotebook.com
HAIMAITONG Power Bank Solar 2 Port 10000 mAh Micro Lightning Type C - HA-4 termurah. Dapatkan dengan mudah HAIMAITONG Power Bank Solar 2 Port 10000 mAh Micro Lightning Type C - HA-4 murah, garansi, dan bisa cicilan - Hanya di JakartaNotebook.com.

Pastikan kamu memerhartikan aneka fitur yang ditawarkan, seperti fast charger, panel surya, indikator LCD, dan aneka proteksi agar bisa menggunakan power bank dengan maksimal.

10. Lampu Tumblr

Lampu Tumblr
Image Source: JakartaNotebook

Rekomendasi alat live streaming yang wajib kamu punya terakhir adalah lampu tumblr. Meski tidak berhubungan langsung dengan live streaming, memasang lampu tumblr pada membuat background streaming menjadi lebih estetik.

Jika kurang suka dengan lampu tumblr, kamu juga bisa memasang aneka lampu atau dekorasi lainnya seperti sunset lamp, LED strip, hingga lampu tidur proyektor.

Memilih alat live streaming yang tepat bisa membuat proses siaran kamu berjalan lancar dan bebas gangguan. Pastikan kamu memilih produk yang berkualitas agar tidak mudah rusak dan bisa digunakan dalam jangka panjang, ya!