Hobi Koleksi Action Figure, Apasih Untungnya?

Hobi Koleksi Action Figure, Apasih Untungnya?

Ketika nonton film atau bermain game, biasanya pasti ada beberapa karakter yang membuat kamu terkesima dan bahkan tergila-gila bukan? Hal itu bisa saja karena kekuatannya atau kostumnya yang terlihat menarik dan keren. Nah, karakter ini biasa dikenal dengan sebutan Action Figure.

Siapa sih yang belum kenal dengan action figure?

foto : ilustrasi

Action figure merupakan salah satu barang favorit yang menjadi koleksi beberapa orang di dunia ini. Mulai dari karakter anime sampai superhero yang biasa kita temui di film, komik, atau game bisa dikoleksi lengkap loh oleh beberapa orang yang mayoritas adalah lelaki. Bukan hanya anak laki-laki namun berkembang dan diproduksi secara spesifik untuk dikoleksi pula oleh lelaki dewasa. Bahkan beberapa diantaranya ada yang rela mencari sampai ke negara lain demi melengkapi koleksinya tersebut. Sebelum kita membahas hobi koleksi action figure ini lebih dalam ada baiknya kalo kita kenali dulu apa dan darimana sih action figure ini.

Istilah action figure pertama kali dipopulerkan oleh produsen mainan ternama asal Amerika Serikat yaitu Hasbro. Action figure ini mungkin tidak akan melejit sampai saat ini jika tidak karena pengaruh Hasbro dalam menciptakan G.I. Joe pada 1960-an. Pengaruh mereka pun berkembang pesat pada era 1980-an saat merilis seri G.I. Joe yang telah direvisi dan memperkenalkan seri terbaru, yaitu Transformers.

Era 1980-an pantas disebut  sebagai masa keemasannya action figure. Bahkan ketika itu sejumlah seri animasi sengaja dibuat untuk kepentingan penjualan action figure, seperti Inhumanoid atau The Centurions. Sejumlah film kartun seperti Teenage Mutant Ninja Turtles, He-Man and The Masters of the Universe, Thundercats, atau The Real Ghostbusters pun ikut mendongkrak kepopuleran action figure.

Kemudian, seiring pesatnya perkembangan digital, beragam sosial media juga mulai hadir seperti Facebook. Dari situ, berbagai komunitas action figure juga mulai bermunculan. Komunitas-komunitas yang muncul ini bisa dibilang lebih terklasifikasi.

Bicara tentang koleksi action figure, pastinya tidak lepas dari “biaya” yang dikeluarkan untuk mendapatkan karakter yang sangat diinginkan. Dan untuk beberapa karakter yang keren biasanya benar-benar merogoh kocek yang tidak sedikit loh guys. Namun, beberapa kolektor bercerita jika mengoleksi action figure ini merupakan salah satu bentuk investasi yang menarik, dimana para kolektor bisa menjual kembali action figure koleksinya, dengan harga minimal seperti yang dibelinya dulu atau bahkan lebih mahal dari itu karena permintaan yang banyak terhadap karakter yang hendak dijual. Dengan begitu, tidak ada kerugian saat menjual action figure.

Beberapa diantaranya telah menjadikan “hobi” mereka ini menjadi sebuah bisnis jangka panjang loh. Karena mereka percaya dan sepakat bahwa ke depannya bisnis action figure akan terus mengalami perkembangan. Apalagi, sekarang ini film-film superhero asing maupun lokal sudah banyak beredar di layar bioskop. Film-film tersebut bisa menjadi daya tarik orang-orang terhadap karakter superhero, khususnya Marvel dalam bentuk action figure.

Bagaimana nih Jaknoters? Apa kalian tertarik dengan bisnis yang seru ini? Kalau kalian baru mau memulai koleksi namun masih berbudget minim, jangan sedih karena JakartaNotebook menawarkan banyak action figure dengan harga yang jauh lebih murah dari store lainnya loh. Pilihannya juga lumayan banyak kok.

So.. cek dan order sekarang ya!

Yuk Cek Sekarang!

Klik Disini!