5 Ide Aktivitas Libur Sekolah yang Asyik & Berkesan

Jadikan momen liburan menjadi berkesan tanpa perlu mengeluarkan biaya yang mahal. Cukup mengunjungi tempat-tempat wisata terdekat dan kesan yang baik akan melekat bagi seluruh keluarga.

5 Ide Aktivitas Libur Sekolah yang Asyik & Berkesan
Image Souce: Vidar Nordli-Mathisen / Unsplash
Libur tlah tiba
Libur tlah tiba
Hore, hore, hore!

Setelah berbulan-bulan menyiapkan diri dan mengerjakan ujian akhirnya murid SD hingga SMA bisa merasakan libur sekolah. Di waktu senggang ini anak bisa menggunakan waktu untuk bersantai dan melakukan berbagai aktivitas favoritnya.

Momen ini juga bisa digunakan orang tua untuk lebih mengenal dan bonding bersama anak. Tak perlu repot pergi jauh atau menyewa hotel mewah, kamu tetap bisa melakukan aktivitas libur sekolah sederhana yang asyik dan pastinya berkesan.

Ide Aktivitas Libur Sekolah Bersama Si Kecil

Nah, jika masih bingung kegiatan apa yang bisa dilakukan bersama anak saat liburan, kamu bisa intip beberapa ide aktivitias libur sekolah ala JakartaNotebook berikut:

1. Mengunjungi Kebun Binatang

Mengunjungi Kebun Binatang
Image Source: freepik

Pergi ke kebun binatang jadi pilihan aktivitas yang tepat untuk mengisi liburan bersama keluarga. Di sini anak bisa melihat secara langsung berbagai jenis binatang yang selama ini hanya ada di layar TV.

Selain melihat-lihat orang tua juga bisa mengajarkan nama, bentuk, jenis, hingga asal usul binatang untuk menambah pengetahuam si kecil. Semakin seru karena beberapa kebun binatang juga menawarkan paket menarik, seperti menaiki gajah dan unta, memberi makan, hingga bermain bersama satwa.

2. Mengunjungi Pantai

Mengunjungi Pantai
Image Source: freepik

Pantai selalu menjadi objek wisata favorit saat libur panjang. Keindahan alam di sekitar pantai, suara deburan ombak, dan hamparan pasir yang luas tak pernah gagal meninggalkan kesan mendalam bagi para pengunjungnya.

Di sini, kamu bisa mengajak anak membangun istana pasir, piknik, bermain air di tepi pantai, sampai naik kano ke tengah laut. Tentu semua ini belum lengkap kalau tidak ditutup dengan makan hidangan laut yang menggugah selera.

Meski sederhana, suasana pantai yang panas serta embusan angin laut selalu cocok untuk menghabiskan waktu santai bersama keluarga.

LISM Payung Lipat 3 Tahan Angin Lapisan Anti UV 8 Bones - L8 - Mix Color - JakartaNotebook.com
LISM Payung Lipat 3 Tahan Angin Lapisan Anti UV 8 Bones - L8 termurah. Dapatkan dengan mudah LISM Payung Lipat 3 Tahan Angin Lapisan Anti UV 8 Bones - L8 murah, garansi, dan bisa cicilan - Hanya di JakartaNotebook.com.

3. Memetik Buah di Perkebunan

Memetik Buah di Perkebunan
Image Source: freepik

Jika kamu ingin mengajarkan anak keterampilan baru, memetik buah di perkebunan bisa jadi aktivitas libur sekolah yang tepat.

Di sini si kecil akan diajarkan cara memilih buah yang matang serta teknik memetik buah yang tepat. Terletak di dataran tinggi, kamu bisa merasakan tenangnya suasana gunung serta udara bersih yang sulit di dapatkan di kota.

Tak hanya itu, umumnya wisata petik buah juga menawarkan berbagai buah-buahan segar untuk dikonsumsi dan dibawa sebagai oleh-oleh.

Kapan lagi bisa menghabiskan waktu dengan keluarga sekaligus healing di tempat asri seperti ini?

5. Berenang & Bermain di Waterpark

Image Source: freepik

Ide kegiatan liburan lain yang dapat kamu lakukan adalah mengunjungi waterpark atau taman bermain air.

Dilengkapi dengan perosotan dan aneka wahana bermain lainnya, kamu bisa melakukan segudang aktivitas seru bersama anak. Ajari si kecil berenang di kolam khusus yang tenang, mainkan berbagai wahana di kolam anak, hingga pacu adrenalin dengan mencoba perosotan tinggi penuh tikungan.

Setelah mengunjungi destinasi ini dijamin orang tua bisa semakin kenal dan akrab dengan buah hati.

Doffy Pelampung Renang Model Kursi Hammock Water Bed - SP-005-2 - Blue - JakartaNotebook.com
Doffy Pelampung Renang Model Kursi Hammock Water Bed - SP-005-2 termurah. Dapatkan dengan mudah Doffy Pelampung Renang Model Kursi Hammock Water Bed - SP-005-2 murah, garansi, dan bisa cicilan - Hanya di JakartaNotebook.com.

5. Wisata Kuliner

Wisata Kuliner
Image Source: freepik

Libur sekolah tidak harus dihabiskan dengan mengunjungi tempat-tempat tertentu. Wisata kuliner dapat menjadi alternatif aktivitas libur sekolah bersama anak.

Kamu bisa mengunjungi sentra kuliner atau warung terkenal yang ada di sekitar rumah. Cobalah berbagai jenis makanan, mulai dari gudeg khas Yogyakarta, pempek khas Palembang, hingga kerak telor khas Jakarta (Betawi) yang belum pernah dicicipi sebelumnya.

Jika mulai merasa haus, aneka minuman segar seperti sinom, es cendol, hingga es cocok untuk membasahi tenggorokan setelah menyantap berbagai hidangan.

Itulah beberapa ide aktivitas libur sekolah yang dapat dilakukan selama masa liburan. Selain menambah keeratan masing-masing anggota keluarga, berlibur juga dapat mengusir stress bagi orang dewasa serta memberikan pengalaman berkesan untuk si kecil.