Ingin Mendapatkan Pelanggan Setia? Intip 10 Tips Pendekatan Pelanggan ini!

Ingin Mendapatkan Pelanggan Setia? Intip 10 Tips Pendekatan Pelanggan ini!

Ketika menjalankan sebuah usaha atau bisnis, mungkin mendapatkan pelanggan pertama akan terasa mudah, namun mendapatkan pelanggan setia ternyata tidak semudah itu loh! Mempertahankan pelanggan baru untuk tetap membutuhkan barang dan jasa yang kita tawarkan membutuhkan beberapa pendekatan yang tepat.

Semua pebisnis tentu saja menyukai adanya pelanggan tetap dalam bisnis mereka. Hal ini terjadi karena kemungkinan transaksi lebih tinggi ada pada mereka dibandingkan calon-calon pelanggan baru. Dalam hal prospek juga akan terasa lebih mudah bagi pelanggan setia. Oleh karena itu ketika menjalankan usaha atau bisnis tertentu, kita perlu strategi tertentu untuk menciptakan loyalitas dan memikat pelanggan setia.

Nah, bagaimana sih kita sebagai pebisnis atau calon pebisnis melakukan pendekatannya sehingga pelanggan yang datang satu kali atau bahkan yang kurang puas dengan barang atau jasa kita pada akhirnya memilih menjadi pelanggan tetap? Berikut adalah beberapa cara yang bisa kamu rancang untuk mendapatkan pelanggan setia lebih banyak lagi!

Tetap terhubung dengan dukung pelangganmu

Mungkin pelanggan bisa saja melupakan apa yang telah kita lakukan pada mereka pada saat pelayanan pembeli, tetapi jangan sepelehkan "rasa" yang akan mereka terima ketika berbelanja di tempat kita. Biasanya pelanggan setia tidak akan melupakan bagaimana penjual membuat mereka merasakan sesuatu.

Pelanggan akan menghargainya kita ketika dukungan pelanggan dapat kita berikan. Dukungan pelanggan yang baik memungkinkan perusahaan untuk tetap terhubung dengan orang-orang bahkan bisa menciptakan kesan yang bertahan lama. Terus cari tahu tentang kebutuhan mereka. Perhatian itu dapat mengubah perilaku pelanggan yang mungkin awalnya ragu menjadi pelanggan setia kita.

Tawarkan paket yang menarik bagi mereka

Memikat keloyalitasan pelanggan dengan pendekatan menawarkan pesanan bundling adalah salah satu cara tercepat untuk mendapatkan pelanggan tetap. Biasanya tawaran paket bundling untuk setiap pelanggan adalah yang memiliki karakteristik sama-sama dibutuhkan. Dengan begitu, penawaran paket akan memberi kita kesempatan menawarkan pengalaman belanja yang menarik dan berkualitas. Hingga pendekatan ini akan diingat pelanggan-pelanggan potensial.

Gunakan sistem belanja yang simple namun to the point

Apabila kamu seorang pebisnis yang berkecimpung di penjualan online, tentu akan ada beberapa step yang harus dilakukan para pembeli sebelum sampai ke tahap transaksi. Nah, jika ternyata step yang harus dilewati pelanggan malah terkesan rumit, maka sebaiknya segera ditinjau dan diperbaiki agar kita tidak kehilangan pelanggan potensial. Hilangkan beberapa step yang mungkin tidak perlu dan buat langkah-langkah belanja menjadi semakin praktis. Bahkan, kita bisa menambah fitur yang bisa membantu pembeli menambahkan item lain ke keranjang belanja mereka dengan langkah sesedikit mungkin.

Berikan apresiasi kepada pelanggan di kesempatan tertentu

Ingin Mendapatkan Pelanggan Setia? Intip 10 Tips Pendekatan Pelanggan ini! | Sumber: Shutterstock

Sebuah apresiasi bisa diberikan dari penjual kepada pelanggannya dengan pendekatan "hampers". Pendekatan ini tentu akan membawa bisnis kita dengan mudah mendapatkan pelanggan setia. Maka, konversi dari masing-masing pelanggan pasti meningkat. Karena dengan sebuah gerakan kecil yang menyentuh mampu memberi isyarat bahwa kita selaku penjual menghargai keberadaan pelanggan.

Program loyalitas bisa juga sesederhana menawarkan potongan harga pada pembelian selanjutnya kedua pelanggan atau batas maksimal belanja yang kita tentukan. Dengan ini kita bisa mendapatkan pelanggan setia sekaligus melacak mana saja pelanggan yang belanja berulang kali di tempat kita.

Usahakan untuk selalu membalas setiap ulasan pelanggan

Jika kamu sering membalas ulasan dari para pelanggan, tentu pendekatan satu ini akan sangat membangun kepercayaan pelanggan terhadap bisnis kamu. Melaui ini, kita bisa menyampaikan berbagai ucapan terima kasih, menjawab pertanyaan hingga memberikan penawaran belanja pada mereka.

Cara mendapatkan pelanggan setia dengan cara ini pun merupakan salah satu cara paling hemat biaya untuk membuat bisnis online menonjol. Tetapi pastikan juga bahwa usaha ini akan maksimal.

Tanggapi & pahami kritik dan saran mereka

Ingin Mendapatkan Pelanggan Setia? Intip 10 Tips Pendekatan Pelanggan ini! | Sumber: Shutterstock

Bila usaha kamu sejenis online shop di beberapa platform media sosial, tentu akan banyak testimoni yang ditinggalkan para pembeli di sana. Berbagai tanggapan mereka bisa saja berupa saran maupun kritis, oleh karena itu ulasan negatif sangat penting untuk kamu tangani. Dengan begitu, pelanggan akan merasa saran dari mereka didengarkan langsung oleh pemilik usaha dan juga akan langsung ditingkatkan. Jika diabaikan, reputasi usaha kita akan dinilai buruk karena kritik yang tidak ditangani dengan baik.

Minta dan dengarkan feedback yang datang dari pelanggan

Mungkin ulasan pelanggan di media sosial terkait layanan usaha kamu tidak bisa selengkap apabila kamu menyebarkan survei pada mereka. Tidak ada salahnya untuk sering mengirimkan survei singkat ke daftar pelanggan untuk sekedar mengetahui apa saja ketertarikan mereka dan kebutuhan yang mereka inginkan untuk kita tingkatkan. Karena, ketika pelanggan terlibat dalam pembahasan produk atau jasa yang mereka gunakan, secara otomatis hubungan baik antar penjual dan pembeli akan tercipta. Lag-lagi cara mendapatkan pelanggan setia ini akan sangat menguntungkan karena pelanggan merasa kalian membutuhkan masukan dari mereka untuk meningkatkan produk atau jasa.

Mencoba "apa adanya"

Di dunia yang semakin marak dengan brand, tidak sedikit orang yang malah lebih tertarik pada kepribadian "nyata". Mungkin kamu bisa memilih untuk memasukan lebih banyak kepribadian "nyata" ke dalam branding perusahaan. Hal ini bisa dilakukan dengan strategi marketing seperti iklan yang dibuat dengan pesan yang simple dan original. Dengan pendekatan kepribadian dalam bisnis, pelanggan akan lebih mudah menerima maksud dan tujuan dari setiap layanan kamu.

Yuk terapkan pendekatan-pendekatan di atas untuk mendapatkan pelanggan setia kalian!