4 Jenis Kurma dan Kebiasaan Makan Kurma di Indonesia!

Indonesia dan berbagai negara lain punya kebiasaan makan kurma selama Ramadhan. Simak jenis kurma dan kebiasaan makan kurma di Indonesia!

4 Jenis Kurma dan Kebiasaan Makan Kurma di Indonesia!
Image Source: unsplash/@masjidmpd

Sebagai negara dengan mayoritas penganut Agama Islam, Indonesia tentunya memiliki berbagai kebiasaan saat menjalankan ibadah puasa. Mulai dari keliling kampung di pagi buta untuk membangunkan sahur, hunting jajanan sore di pasar Ramadhan, hingga ikut pesantren kilat.

Selain itu, hal yang enggak boleh ketinggalan adalah mengonsumsi kurma dalam jumlah ganjil saat berbuka dan sahur.

Menjadi buah yang sangat populer terutama ketika menjelang puasa, kurma yang dikenal memiliki banyak manfaat kesehatan karena kaya akan serat, vitamin, mineral, dan antioksidan yang bermanfaat untuk tubuh, serta menjadi alternatif yang sehat sebagai pengganti gula.

Selain Indonesia, negara lain di berbagai penjuru dunia juga memiliki kebiasaan untuk mengonsumsi kurma di bulan Ramadhan, loh. Mulai dari negara Arab, Afrika Selata, Asia Selatan, Iran, bahkan negara Barat.

Kebiasaan makan kurma umumnya dapat diketahui pada negara dengan iklim yang cocok untuk pertumbuhan pohon kurma, serta di mana budaya Islam atau budaya yang terpengaruh oleh Islam mendominasi.

Kali ini, JakartaNotebook akan membahas alasan kenapa orang Indonesia memiliki kebiasaan makan kurma selama bulan Ramadhan, dan berbagai jenis kurma yang bisa kamu temui!

Kebiasaan Makan Kurma di Indonesia

Kebiasaan Makan Kurma di Indonesia
Image Source: Freepik/azerbaijan_stockers

Meskipun seperti yang kita ketahui kalau Indonesia bukanlah produsen kurma dan tidak memiliki tradisi yang sama kuat seperti di beberapa negara Timur Tengah.

Onemoon Air Fryer Mesin Penggoreng Tanpa Minyak 2L - OA1 - White - JakartaNotebook.com
Onemoon Air Fryer Mesin Penggoreng Tanpa Minyak 2L - OA1 termurah. Dapatkan dengan mudah Onemoon Air Fryer Mesin Penggoreng Tanpa Minyak 2L - OA1 murah, garansi, dan bisa cicilan - Hanya di JakartaNotebook.com.

Namun, kebiasaan memakan kurma selama bulan puasadi Indonesia telah menjadi bagian dari budaya beragama dan bermasyarakat sejak lama. Berikut beberapa alasan mengapa kurma sering dikonsumsi selama bulan puasa di Indonesia!

1. Tradisi Islam

Memakan kurma saat berbuka puasa merupakan bagian dari Sunnah, yaitu tindakan yang dianjurkan dan dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW.

Dalam tradisi Islam, Nabi Muhammad sering memulai berbuka puasa dengan memakan kurma, kemudian dilanjutkan dengan minum air putih sebelum melaksanakan salat Maghrib. Tradisi ini diikuti karena sejak Islam masuk dan berkembang di Indonesia, dan secara perlahan diterima dan diadopsi secara populer oleh masyarakat Muslim di Indonesia.

2. Ketersediaan Kurma

Meskipun Indonesia bukan negara produsen kurma, tetapi kurma masih cukup mudah ditemukan di pasar-pasar tradisional, toko kelontong, dan supermarket, terutama selama bulan Ramadan.

3LIFE Pompa Air Galon Foldable Electric Water Pump Rechargeable - 012 - White - JakartaNotebook.com
3LIFE Pompa Air Galon Foldable Electric Water Pump Rechargeable - 012 termurah. Dapatkan dengan mudah 3LIFE Pompa Air Galon Foldable Electric Water Pump Rechargeable - 012 murah, garansi, dan bisa cicilan - Hanya di JakartaNotebook.com.

Meskipun tidak sebanyak di negara-negara produsen utama, ketersediaan kurma yang melimpah selama bulan puasa di Indonesia membuatnya menjadi pilihan yang banyak dinikmati untuk berbuka puasa dan sahur.

3. Manfaat Kesehatan dan Rasa

Selain sebagai tradisi keagamaan, kurma juga dipilih karena manfaat kesehatannya. Kurma yang dikenal memiliki rasa manis ini mengandung gula alami yang dapat memberikan energi dengan cepat setelah berpuasa sepanjang hari. Selain itu, kurma juga mengandung serat dan nutrisi penting lainnya yang bermanfaat bagi tubuh.

Selain itu, rasa yang manis dan tekstur yang lembut, membuatnya menjadi camilan yang disukai banyak orang. Memakan kurma juga memberikan sensasi kenikmatan yang cukup mengenyangkan saat berbuka puasa.

Berbagai Jenis Kurma

Berbagai Jenis Kurma
Image Source: Freepik/freepik

Sama seperti tumbuhan lainnya, kurma juga memiliki berbagai jenis. Total terdapat lebih dari 3.000 jenis kurma yang tersebar di seluruh dunia. Hal ini karena pohon kurma tumbuh dengan berbagai faktor, termasuk faktor genetik, lingkungan tumbuh, dan sejarah penyebarannya.

Sebagai hasilnya, kurma yang tumbuh di lingkungan yang berbeda akan memiliki ciri-ciri yang berbeda pula. Ini lah yang membuat kurma memiliki berbagai jenis dengan karakteristik yang berbeda, termasuk warna, ukuran, tekstur, dan rasa.

Aihogard Timer Mini Digital Dapur Kitchen Countdown Timer - II5 - Black - JakartaNotebook.com
Aihogard Timer Mini Digital Dapur Kitchen Countdown Timer - II5 termurah. Dapatkan dengan mudah Aihogard Timer Mini Digital Dapur Kitchen Countdown Timer - II5 murah, garansi, dan bisa cicilan - Hanya di JakartaNotebook.com.

Untuk itu, hanya sebagian kecil dari berbagai jenis kurma yang umum ditemui di pasaran. Berikut beberapa jenis kurma yang paling terkenal terutama di Indonesia!

1. Kurma Sukkari

Kurma Sukkari memiliki rasa yang manis dengan sedikit sentuhan rasa madu dan tekstur yang lembut dan sedikit berair. Kurma ini cukup populer di Indonesia dan sering dijadikan pilihan untuk berbuka puasa.

Kurma ini biasanya memiliki ukuran yang sedang hingga besar, serta memiliki warna kuning cerah yang menarik, meskipun ada juga yang berwarna kecoklatan. Warna kuning cerah ini menunjukkan kematangannya dan menambah daya tarik.

2. Kurma Medjool

Kurma Medjool juga seringkali menjadi pilihan utama bagi masyarakat Indonesia karena ukurannya yang besar, tekstur lembut, dan rasa manisnya yang khas.

Salah satu ciri khas kurma Medjool adalah ukurannya yang besar dibandingkan dengan jenis kurma lainnya dan berisi, sehingga terlihat sangat menggiurkan. Memiliki rasa yang sangat manis dengan sentuhan karamel yang khas, kurma ini akan sangat lezat dinikmati sebagai makanan pembuka puasa, dan camilan pencuci mulut yang menarik.

Meskipun harganya mungkin sedikit lebih tinggi daripada kurma lainnya, tetapi ini tetap menjadikan kurma Medjool sebagai pilihan yang unggul.\

3. Kurma Ajwa

Kurma Ajwa memiliki rasa yang khas dan manis dengan tekstur yang sedikit kenyal. Meskipun kurma ini mungkin lebih sulit ditemukan, tetapi beberapa toko khusus Ramadhan menyediakannya karena dikenal karena kaya akan manfaat kesehatan.

Alpicool Kulkas Portable Mobil Mini Fridge Freezer 55L - CF55 - Black/Gray - JakartaNotebook.com
Alpicool Kulkas Portable Mobil Mini Fridge Freezer 55L - CF55 termurah. Dapatkan dengan mudah Alpicool Kulkas Portable Mobil Mini Fridge Freezer 55L - CF55 murah, garansi, dan bisa cicilan - Hanya di JakartaNotebook.com.

Selain itu, dalam tradisi Islam, kurma Ajwa dikenal memiliki keistimewaan seperti saran dari Rasulullah Muhammad SAW karena kandungan nutrisi dan manfaat kesehatannya yang luar biasa.

Salah satunya adalah senyawa yang dapat membantu melawan radikal bebas, meningkatkan kekebalan tubuh, dan menurunkan risiko penyakit jantung serta tekanan darah tinggi.

4. Kurma Deglet Noor

Kurma Deglet Noor memiliki tekstur yang sedikit kering dan rasa yang lebih cenderung ke arah karamel. Meskipun tidak sepopuler Medjool, Deglet Noor tetap dapat ditemukan di beberapa toko khusus Ramadhan.

Meskipun tidak se-juicy jenis kurma lainnya, tatepi teksturnya tetap memuaskan dan memberikan sensasi yang unik sehingga cocok menjadi cemilan.

Kurma hadir dengan berbagai jenis dan karakteristik yang berbeda-beda ini menjadi pilihan variatif selama menjalankan ibadah puasa. Selain itu, kurma merupakan buah lezat dengan rasa dan tekstur unik, serta bergizi yang memiliki segudang manfaat, sehingga dinikmati berbagai budaya di seluruh dunia.

JakartaNotebook punya berbagai rekomendasi pompa galon elektrik, lampu tidur, cooling pad dan kebutuhan rumah tangga harian lainnya secara lengkap dengan harga dan promo terbaik!