7 Rekomendasi Kabel Charger Type C Terbaik, Jangan Salah Pilih!

Temukan solusi pengisian daya yang efisien dan andal dengan kabel charger Type C, mulai dari yang memiliki daya 100 W, hingga yang memiliki lampu indikator.

7 Rekomendasi Kabel Charger Type C Terbaik, Jangan Salah Pilih!
Sumber: Freepik/User3802032

Siapa yang tidak tahu kabel charger Type C? Kabel charger jenis ini kini telah mendominasi hampir semua jenis pengisi daya perangkat elektronik mulai dari smartphone, tablet, laptop, kipas & lampu USB, speaker, dan masih banyak lagi.

Salah satu alasan yang menjadikan kabel charger Type C menjadi populer adalah desain plugnya yang dapat dihubungkan pada arah apa pun atau dapat dibolak-balik.

Dapat digunakannya kedua sisi plug, kamu tidak perlu lagi menghabiskan waktu untuk mencari sisi plug yang tepat saat ingin mengisi daya atau transfer data sebab pada sisi mana pun, kabel ini akan selalu terhubung dengan benar.

Sudah tahu apa saja keunggulan kabel charger Type C? Simak penjelasannya berikut ini, yuk!

Keunggulan Kabel Charger Type C

Keunggulan Kabel Charger Type C
Sumber: Avast

Kabel charger Type C memiliki sejumlah keunggulan dibandingkan konektor USB lainnya, antara lain:

  1. Konektor reversibel. Konektor Type C adalah konektor yang dapat dihubungkan baik dalam posisi sejajar maupun terbalik. Hal tersebut membuatnya sangat mudah digunakan tanpa perlu mencari posisi yang benar saat mencolokkannya.
  2. Kecepatan transfer tinggi. Kabel Type C mendukung kecepatan transfer data yang tinggi, termasuk USB 3.1 dan Thunderbolt 3. Hal ini memungkinkan transfer file yang lebih cepat antar perangkat.
  3. Pengisian daya cepat. Banyak perangkat yang menggunakan kabel Type C mendukung quick charging, sehingga kamu dapat mengisi daya perangkat kamu dengan lebih cepat.
  4. Daya tinggi. Kabel charger Type C memiliki kemampuan untuk mengirim daya dengan daya tinggi. Dengan demikian, kamu dapat mengisi daya perangkat yang lebih besar, termasuk laptop, dan perangkat dengan kebutuhan daya tinggi lainnya.
  5. Kompatibilitas yang universal. Semakin berkembangnya dunia teknologi, semakin banyak pula produsen yang telah beralih ke penggunaan kabel charger Type C. Kini kamu dapat menggunakan kabel charger Type C untuk berbagai perangkat, termasuk smartphone, laptop, tablet, dan perangkat lainnya.
  6. Mendukung audio dan video. Kabel Type C dapat mengirimkan sinyal audio dan video, yang berfungsi untuk menghubungkan perangkat ke monitor eksternal atau perangkat audio lainnya.
  7. Penggunaan efisien. Dengan banyaknya perangkat elektronik yang menggunakan kabel Type C saat ini, kamu tidak perlu lagi membawa banyak kabel charger. Satu kabel Type C dapat digunakan untuk mengisi daya berbagai macam perangkat. Praktis sekali bukan?
  8. Teknologi canggih. Kabel Type C mendukung sejumlah teknologi canggih, seperti USB Power Delivery (PD) dan Thunderbolt. Hal tersebut memungkinkan pengisian daya perangkat dengan daya yang lebih tinggi, serta konektivitas yang lebih cepat dan responsif pada perangkat yang mendukung Thunderbolt.

Rekomendasi Kabel Charger Type C

Untuk mendapatkan pengisian yang efisien dan aman, penting untuk memilih kabel charger Type C yang tepat. Agar memudahkan kamu dalam memilihnya, simak beberapa rekomendasi kabel charger Type C berikut ini.

1. ILANO Kabel Data USB Type C to C Multifungsi Fast Charging 10V/3A 1.2M - ILC3

ILANO Kabel Data USB Type C to C Multifungsi Fast Charging 10V/3A 1.2M - ILC3
Sumber: JakartaNotebook

Kabel Type C dari ILANO ini memiliki transfer rate yang cepat hingga 480 Mbps. Dengan demikian, transfer data akan lebih cepat dan lebih singkat tanpa perlu memakan waktu. Dibekali dengan output hingga 3 A, kabel ini cocok digunakan bersama dengan kepala charger quick charge atau fast charging.

2. USLION Kabel Data USB Type C Multifungsi Fast Charging 20V/3A 1M - P14B4

USLION Kabel Data USB Type C Multifungsi Fast Charging 20V/3A 1M - P14B4
Sumber: JakartaNotebook

Apakah kamu sedang mencari kabel data multifungsi? USLION adalah pilihan yang sangat tepat. Dilengkapi fitur fast charging dengan arus hingga 3 A, membuat pengisian daya perangkat elektronik lebih cepat dari biasanya.

3. Baseus Legend Kabel Data USB Type C Multifungsi Fast Charging 66W 1M 100 cm - CATCS-B01

Baseus Legend Kabel Data USB Type C Multifungsi Fast Charging 66W 1M 100 cm - CATCS-B01
Sumber: JakartaNotebook

Hadir dengan desain L shape, kabel data ini memudahkan kamu dalam menggunakan ponsel saat sedang mengisi daya. Dengan dibekali kecepatan 480 Mbps, transfer data antar perangkat pun akan lebih cepat dan efisien.

4. Kabel Data USB Type C Multifungsi Fast Charging 16.6V/6A 2M - TC2

Kabel Data USB Type C Multifungsi Fast Charging 16.6V/6A 2M - TC2
Sumber: JakartaNotebook

Tak perlu menunggu lama saat sedang terburu-buru karena kabel ini mendukung daya pengisian hingga 100 W yang dapat menghemat waktu pengisian daya hingga 50 persen. Kamu juga dapat menggunakannya untuk pengiriman file, lho! Jadi tidak perlu menggunakan kabel data lain.

5. EXMI Set Kabel Charger USB Type C Micro USB Lightning with Case 60W - EX-6

EXMI Set Kabel Charger USB Type C Micro USB Lightning with Case 60W - EX-6
Sumber: JakartaNotebook

Mulai sekarang ucapkan selamat tinggal pada kabel yang berantakan sebab kabel charger dari EXMI ini hadir sebagai solusinya. Dalam satu set, kamu akan mendapatkan kabel USB Type C to Type C, adapter Type C to lightning, adapter Type C to micro USB, adapter Type C to USB, dan pin kartu SIM.

6. DuaBoi Kabel Charger USB Type C Fast Charging 2A 2M - DB2M

DuaBoi Kabel Charger USB Type C Fast Charging 2A 2M - DB2M
Sumber: JakartaNotebook

Dibekali dengan daya sebesar 2 A, kabel dari DuaBoi ini dapat digunakan bersamaan dengan adaptor fast charging. Panjangnya yang mencapai 2 meter akan memudahkan kamu selama pengisian daya tanpa saat stopkontak berada di posisi yang sulit dijangkau.

7. FLOVEME Kabel Charger USB Type C Fast Charging Magnetic 2A 1M - D4192

FLOVEME Kabel Charger USB Type C Fast Charging Magnetic 2A 1M - D4192
Sumber: JakartaNotebook

Memiliki konektor pada bagian kepala yang dapat dilepas pasang menggunakan sistem magnet, kabel ini akan memudahkan kamu untuk memasang maupun melepas kabel daya dari smartphone. Tidak hanya itu, indikator lampu LED birunya akan menyala pada saat kabel terkoneksi dengan aliran listrik.

Pastikan untuk memilih kabel charger Type C yang sesuai dengan kebutuhan perangkatmu, baik dalam hal pengisian cepat, transfer data, atau kompatibilitas merek. Selalu pastikan juga untuk membeli dari sumber yang terpercaya untuk memastikan kualitas dan keamanan produk, ya!