Kelebihan Memasak dengan Air Fryer

Air fryer kini menjadi alat masak modern yang semakin populer karena memiliki banyak kelebihan. Lantas apa saja kelebihan dari air fryer?

Kelebihan Memasak dengan Air Fryer
Image Source: JakartaNotebook

Air fryer kini menjadi alat masak modern yang semakin populer di kalangan pecinta makanan dan mereka yang hobi memasak. Bagaimana tidak, air fryer menawarkan berbagai kelebihan dalam memasak mulai dari proses memasak yang cepat dan lebih sehat.

Air fryer menjadi primadona saat ini karena memiliki fungsi yang tak dimiliki oleh proses menggoreng biasa, yaitu mampu memasak dengan minyak yang sedikit. Air Fryer menggunakan teknologi penggorengan udara panas untuk menghasilkan makanan yang renyah dan gurih dengan sedikit atau bahkan tanpa minyak sama sekali.

Karena tak perlu memerlukan banyak minyak, maka jumlah dan lemak kalori yang terkandung pada makanan pun akan berkurang sehingga menjadi lebih sehat dibanding menggoreng dengan metode biasa. Selain lebih sehat, ada banyak kelebihan menggunakan air fryer diantaranya adalah:

1. Mengurangi Senyawa Berbahaya

Makanan yang digoreng dalam rendaman minyak selain tinggi lemak dan kalori, ternyata juga bisa memicu pembentukan senyawa akrilamida. Senyawa akrilamida akan timbul jika makanan terlalu lama digoreng dalam minyak dengan jumlah yang banyak.

Senyawa ini bahkan diketahui terkandung juga dalam asap rokok. Bahayanya senyawa akrilamida bahkan bisa memicu kanker di tubuh. Dengan menggunakan air fryer yang menggunakan sedikit minyak, maka hal tersebut akan menurunkan pembentukan senyawa akrilamida.

2. Mudah Digunakan

Untuk menggunakan air fryer Anda hanya perlu memasukan makanan ke dalam wadah yang tersedia kemudian atur waktu penggorengan yang sesuai. Penggorengan makanan akan dilakukan secara otomatis sehingga Anda tak perlu mengawasi makanan secara terus menerus.

3. Konsistensi Kerenyahan

Salah satu alasan mengapa orang-orang lebih suka dengan teknik penggorengan adalah karena ingin mendapatkan tekstur makanan yang garing atau crispy. Dengan menggunakan air fryer pun Anda akan tetap mendapatkan tekstur makanan seperti digoreng yaitu renyah di luar dan lembut di dalam namun lebih sehat.

4. Penggorengan Lebih Cepat

Air fryer menggoreng makanan lebih cepat daripada metode penggorengan tradisional, karena panas yang dihasilkan dapat menyebar dengan cepat dan merata di sekitar makanan. Dengan proses yang lebih cepat Anda pun bisa menyediakan banyak menu makanan dalam waktu yang singkat.

5. Multifungsi

Tak hanya untuk menggoreng saja, air fryer juga bisa digunakan untuk berbagai metode memasak seperti memanggang hingga mengukus. Dengan kelebihan dalam satu alat tentunya akan membuat proses memasak Anda lebih efisien sehingga Anda bisa mencoba untuk memasak berbagai jenis makanan.

Itu tadi kelebihan menggunakan alat masak modern air fryer. Bagaimana apakah Anda tertarik untuk pindah dari memasak menggunakan metode penggorengan biasa menjadi memasak menggunakan air fryer dengan segala kelebihannya.

Jika Anda tertarik, kunjungi JakartaNotebook untuk berbagai pilihan air fryer dengan fitur yang lengkap. Di JakartaNotebook Anda bisa mendapatkan air fryer dengan harga yang terjangkau serta kualitas yang tak main-main.