Sambut Hari Pendidikan Nasional dengan 6 Lagu Pendidikan ini Yuk!

Sambut Hari Pendidikan Nasional dengan 6 Lagu Pendidikan ini Yuk!

Hari Pendidikan Nasional diperingati setiap tanggal 2 Mei 2020. HARDIKNAS ini bertepatan dengan kelahiran sosok pejuang bangsa yaitu Bapak Ki Hajar Dewantara yang tidak kenal lelah memperjuangkan nasib rakyat pribumi agar bisa memperoleh pendidikan yang layak. Yuk, sambil merayakan Hari Pendidikan Nasional tahun ini kita dengerin lagu-lagu pendidikan terbaik di Indonesia ini.

Sambut Hari Pendidikan Nasional dengan 6 Lagu Pendidikan ini Yuk! | Sumber : Freepik
  • Hymne Guru
    Tentu kamu tak asing lagi dengan lagu pendidikan nasional yang satu ini bukan? Hymne Guru merupakan lagu pendidikan tentang pengabdian seorang guru. Lagu karya Sartono ini dikemas dengan nada mengharukan dan lirik puitis. Lagu ini sendiri biasanya dinyanyikan saat peringatan Hari Pendidikan Nasional. Selain itu juga pada saat perpisahan sekolah. Lagu pendidikan satu ini khusus dipersembahkan bagi para pahlawan tanpa tanda jasa khususnya mengenang jasa para guru. Terimakasih bapak ibu guru tercinta!
  • Hymne Siswa
    Jika ada lagu Hymne Guru, tahukah kamu bahwa ada lagu Hymne Siswa di Indonesia. Lagu ini diciptakan oleh Husein Mutahar dengan pesan agar para siswa bisa menularkan ilmunya yang telah didapatkan kepada orang lain demi Indonesia yang lebih baik. Melalui lagu ini juga sang penciptanya ingin mengajak para siswa memegang teguh ajaran agama, menjunjung tinggi nilai-nilai Pancasila, dan menjaga keberagaman di Indonesia.
  • Wajib Belajar
    Mungkin masih ada beberapa orang yang belum familiar dengan lagu pendidikan yang satu ini. Lagu Wajib Belajar ini diciptakan oleh Restu Narwan Sutarmas. Lagu ini mengajak para generasi bangsa lebih giat belajar dan bersekolah untuk memberantas kebodohan dan memerangi kemiskinan. Dirinya juga memberi wejangan kepada anak-anak Indonesia untuk terus belajar dan berusaha supaya menjadi generasi yang bisa mengharumkan nama negara.
  • Semua Murid Semua Guru
    Semua Murid Semua Guru merupakan sebuah lagu karya musisi-musisi terbaik di Indonesia. Para musisi ini antara lain adalah alm.Glenn Fredly, Andien Aisyah, Endah N Rhesa, Tompi, Vidi Aldiano dan Tulus. Lagu pendidikan ini sendiri berawal dari inisiatif seorang Najeela Shihab. Menurut dirinya, para artis musik tersebut digandeng karena memiliki andil dalam dunia pendidikan di Indonesia. Sang inisiator ini juga berharap bahwa pesan dalam lagu itu bisa tersebar luas sehingga pendidikan nasional di Indonesia bisa merata dan lebih baik.
  • Belajar Sama-Sama
    Lagu pendidikan di Indonesia berikut ini merupakan karya Marjinal. Dalam lagu Belajar Sama-Sama ini, Marjinal menyoroti pandangan masyarakat mengenai pendidikan. Tujuan tuturannya adalah memperluas pemahaman mengenai pendidikan bahwa tempat belajar adalah di segala tempat dan semua orang bisa mengajarkan ilmu dan pengalamannya sehingga bisa juga disebut guru.
  • Aku Bisa
    Lagu pendidikan tidak harus berhubungan dengan kegiatan belajar ya Jaknoters, tetapi penting juga untuk pendidikan karakter anak. Lagu Aku Bisa ini pertama kali diperdengarkan dari salah satu ajang bakat anak-anak. Dalam lagu ini bermakna bahwa sebagai generasi penerus bangsa, haruslah yakin dan percaya diri serta tidak mudah menyerah menggapai mimpi dalam hidup.

Dengarkan lagu-lagu pendidikan nasional ini dengan perlengkapan audio favorit kamu yuk!