Macam-Macam Aksesoris Gitar Beserta Fungsinya yang Wajib Dimiliki Gitaris

Koleksi aksesoris yang sesuai akan meningkatkan kualitas bermain gitar. Yuk, kepoin aksesoris gitar yang wajib dimiliki gitaris di bawah ini.

Macam-Macam Aksesoris Gitar Beserta Fungsinya yang Wajib Dimiliki Gitaris
Image source: Unsplash/freestocks

Gitar merupakan salah satu alat musik yang paling banyak diminati untuk dipelajari dan dimainkan oleh berbagai kalangan mulai dari anak muda hingga orang tua. Banyak orang mulai mempelajari cara bermain gitar karena alasan hobi, berkreasi, hingga menjadikannya sebagai tujuan komersil.

Untuk kamu yang mulai ingin belajar gitar akustik maupun gitar elektrik, ada baiknya mengetahui dan memiliki beberapa aksesoris pendukung sebelum berlatih teori dasar gitar. Berbagai aksesoris ini mempunyai fungsinya masing-masing untuk membantumu belajar gitar, apa saja? Yuk simak rekomendasi aksesoris gitar yang wajib dimiliki oleh para gitaris dari JakartaNotebook berikut ini.

1. Pick Gitar

Pick Gitar
Image Source: JakartaNotebook

Aksesoris utama dan paling sering digunakan gitaris untuk memetik senar adalah pick atau plektrum. Pick gitar merupakan lempengan kecil yang diselipkan di antara ibu jari dan telunjuk untuk menggantikan jari dalam memetik senar. Penggunaan alat ini untuk mencegah jari sakit dan kotor saat memetik senar.

Pergerakan petikan pick gitar ini juga dinilai lebih cepat ketimbang menggunakan jari tangan.

2. Tuner

Tuner
Image Source: JakartaNotebook

Aksesoris selanjutnya yang tidak kalah penting dan salah satu aksesoris yang bisa membantumu mengatur nada serta menjaga gitar tetap dalam tune adalah tuner gitar. Alat ini mendeteksi getaran saat senar dipetik, dan layar tuner digital akan menunjukkan tangga nada agar kamu bisa menyetem gitar dengan tepat.

Tuner biasanya dijepit di bagian kepala gitar agar bisa mendeteksi getaran senar dengan akurat. Cara menggunakan alat ini juga sangat mudah, cukup putar knob tuner pada kepala gitar hingga kamu mendapatkan tangga nada yang pas.

3. Capo Gitar

Capo
Image Source: JakartaNotebook

Saat kamu belajar gitar dan merasa suaranya tidak sesuai dengan nada suara, maka atasi masalah tersebut dengan capo. Capo gitar dapat meningkatkan atau merendahkan pitch instrumen gitar dengan cara dijepit pada bagian fret. Dengan adanya capo, kamu tidak perlu menyetem atau mengatur ulang nada dasar gitarmu.

4. Transmitter Wireless

Image Source: JakartaNotebook

Jika kamu ingin menghubungkan gitar ke amplifier atau sistem audio tanpa kabel fisik, transmitter wireless adalah solusinya. Transmitter wireless dirancang untuk menjaga kualitas suara gitar sebaik mungkin.

Aksesoris gitar ini memungkinkan gitaris untuk bermain gitar tanpa terkendala oleh kabel, sehingga bisa bergerak bebas di panggung. Kamu cukup menghubungkan satu bagian transmitter ke gitar dan satu bagian lainnya ke amplifier atau sistem audio.

5. Pickup Gitar Akustik

Image Source: JakartaNotebook

Jika ingin menggunakan gitar akustik untuk tampil di konser atau acara tertentu, kamu tak boleh lupa menggunakan pickup gitar akustik. Aksesoris gitar ini berfungsi untuk meneruskan getaran atau suara gitar ke penguat suara.

Cara menggunakan alat ini juga sangat muhda, cukup pasang alat di dekat soundhole dan pastikan bagian lengan pickup berada di atas senar gitar, lalu hubungkan dengan pengeras suara. Kini kamu bisa menghasilkan suara petikan gitar akustik yang jelas dan kencang tanpa harus beralih ke gitar elektrik.

6. Soundhole Cover

Soundhole Cover
Image Source: JakartaNotebook

Salah satu cara untuk mengendalikan atau mengurangi masalah umpan balik dan karakteristik suara gitar adalah dengan memasang sound hole penutup lubang gitar atau yang sering disebut soundhole cover atau feedback buster.

Penggunaannya aksesoris ini cukup mudah, kamu hanya perlu menempatkan sound hole di atas lubang resonansi gitar, yang biasanya berada di tengah badan gitar akustik.

7. Strap Gitar

Strap Gitar
Image Source: JakartaNotebook

Jika kamu ingin lebih ekspresif saat bermain gitar terlebih di atas panggung, maka pasang strap gitar ke badan alat musik petik tersebut. Strap berguna untuk menggantungkan gitar pada tubuh sehingga kamu tidak perlu terus memegangnya saat bermain dengan posisi berdiri atau berjalan dengan gitar.

8. Tas Gitar

Tas Gitar
Image Source: JakartaNotebook

Satu lagi aksesoris gitar yang tak kalah penting untuk menyimpan dan melindungi gitar saat dibawa bepergian, yakni tas gitar. Umumnya, tas gitar dilengkapi dengan strap punggung dan strap jinjing yang memudahkanmu saat membawa gitar.

9. Stand Gitar

Stand Gitar
Image Source: JakartaNotebook

Dengan bentuknya yang panjang dan kurang simetris, gitar akan cenderung sulit untuk diletakkan. Cara menyimpan gitar dengan aman saat tidak digunakan, terhindar dari jatuh atau goresan adalah dengan menempatkannya di stand gitar.

Banyak variasi stand gitar yang dibuat oleh produsen, salah satunya stand leher tinggi yang mampu menahan bodi dan kepala gitar lengkap dengan 3 buah dock. Selain itu, terdapat juga stand menyerupai tripod yang dapat dilipat.

10. Gantungan Gitar Dinding

Gantungan Gitar Dinding
Image Source: JakartaNotebook

Jika kamu punya ruangan terbatas, rekomendasi aksesoris gitar terakhir ini bisa jadi solusi yang tepat. Gantungan gitar dinding adalah produk yang bisa kamu gunakan untuk menyimpan gitar saat tidak digunakan.

Hadir dengan desain gantung, kamu bisa menghemat ruangan untuk menyimpan gitar saat tidak digunakan. Tak perlu ragu menggunakan aksesoris ini karena capitan yang kuat dapat mencengkram gitar dengan maksimal sehingga tidak mudah jatuh.

Seiring berkembangnya popularitas gitar, banyak juga produsen yang mengembangkan aksesoris penunjang untuk bermain gitar. Aksesoris gitar ini hadir untuk membantu pemain gitar menjaga instrumen mereka dalam kondisi terbaik hingga menciptakan suara yang unik.

Pilihlah aksesoris sesuai dengan jenis musik yang dimainkan dan preferensi pribadimu. Koleksi aksesoris yang sesuai akan meningkatkan kualitas bermain dan menjaga gitar dalam kondisi terbaik. Kamu juga dapat mencari lebih banyak aksesoris untuk alat musik di JakartaNotebook.