Makanan Enak yang Dapat Mengganggu Kesehatanmu

Makanan yang enak memang dapat membangkitkan selera makan. Namun, tidak semua makanan yang enak itu baik untuk kesehatan tubuh. Apa sajakah makanan-makanan itu? Yuk, simak artikel ini!

Makanan Enak yang Dapat Mengganggu Kesehatanmu
Image Source: Unsplash

Enak atau tidaknya makanan bisa dinilai dari beberapa faktor, seperti ramainya pengunjung, iklan yang sering dilihat, tampilan hidangan yang mewah, hingga diakui oleh para pakar makanan.

Tapi tahukah kamu jika tidak semua makanan yang enak itu sehat untuk tubuh kita? Bahan makanan atau proses pengolahan makanan tersebutlah yang dapat memengaruhi makanan sehat atau tidak untuk dikonsumsi terus menerus. Berikut beberapa contoh makanan enak yang tidak sehat jika dikonsumsi terus menerus.

1. Mie Instan

Image Source: Pexels

Tidak dapat dipungkiri bahwa mie instan merupakan makanan enak yang murah dan juga selalu menggugah selera siapa pun. Bahkan dengan mencium aroma mie instan dapat membuat selera makan kamu bangkit kembali meskipun kamu sudah makan.

Sayangnya, mie instan tidak baik untuk kesehatan tubuh terutama jika dikonsumsi setiap hari. Hal ini mengacu pada penggunaan bumbu mie instan yang mengandung garam dan juga perasa yang berlebihan sehingga dapat memicu hipertensi dan berbagai masalah kesehatan serius lainnya.

Namun bukan berarti kamu tidak boleh mengkonsumi mie instan ya, kamu tetap bisa menjadikan mie instan sebagai alternatif makanan pada kondisi tertentu. Tetapi, ada baiknya jika dikonsumsi dengan porsi normal dan tidak terlalu sering.

2. Gorengan

Image Source: Pexels

Siapa yang tidak suka gorengan? Makanan dengan berbagai varian mulai dari bakwan, cireng, risol, tempe goreng, tahu goreng, dan lainnya ini tentu sangat enak. Namun, sadarkah kamu jika gorengan dapat memberikan masalah serius bagi tubuh bila dikonsumsi terlalu banyak?

Hal ini disebabkan karena gorengan umumnya digoreng dengan cara direndam ke dalam minyak panas atau proses deep frying. Proses ini menyebabkan gorengan yang kamu konsumsi memiliki nilai kalori yang tinggi dan rendah serat.

Akibatnya dapat memicu batuk, radang tenggorokan, kolesterol, hipertensi, stroke gangguan jantung, dan masalah kesehatan lainnya. Gorengan juga dapat meningkatkan risiko diabetes serta obesitas sehingga ada baiknya untuk mengurangi konsumsi gorengan.

3. Kue Manis

Image Source: Pexels

Kue manis sering dijadikan sebagai hidangan penutup yang memanjakan lidah. Makanan yang enak ini juga masuk ke dalam daftar makanan tidak sehat karena tentunya mengandung banyak gula.

Tingkat kemanisan kue dapat memicu lonjakan gula darah sehingga mengakibatkan diabetes. Selain itu, kue juga mengandung mentega yang tentunya memiliki tingkat lemak jenuh yang lebih tinggi sehingga dapat memicu penyakit jantung.

Bagi kamu yang menyukai makanan manis, ada baiknya untuk mengonsumsinya dalam jumlah yang wajar agar terhindar dari penyakit yang berbahaya.

4. Makanan Siap Saji

Image Source: Pexels

Makanan siap saji atau kerap disebut dengan junk food termasuk ke dalam kategori makanan enak namun tidak sehat. Baik orang dewasa maupun anak-anak tentu saja menyukai makanan siap saji. Selain rasanya enak, seringnya iklan-iklan dan promo menarik yang ditawarkan oleh restoran siap saji pun menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat.

Pengolahan makanan siap saji dikategorikan tidak sehat karena makanannya rendah vitamin, mineral, dan serat. Penyajian makanan siap saji atau junk food biasanya menggunakan metode deep frying, sama seperti membuat gorengan. Selain itu, penggunaan penyedap rasa yang berlebihan, serta gula dan garam dengan kadar tinggi dapat meningkatkan risiko diabetes hingga obesitas.

Namun, banyak yang belum sadar akan bahayanya mengonsumsi makanan junk food secara terus menerus karena efek sampingnya akan terlihat dalam jangka waktu yang lama. Oleh karena itu, batasi konsumsi junk food serta perbanyak konsumsi makanan sehat dan segar dengan olahan yang lebih baik agar hidup menjadi lebih sehat.

***

Mengonsumsi makanan enak tentu sangat sulit untuk dihindari, namun apabila sudah mengganggu kesehatan ada baiknya untuk dikurangi. Investasikan kesehatan kamu yang berharga untuk di masa depan dengan mengurangi makanan yang tidak sehat sehingga hidup menjadi lebih berarti.