Perbedaan Smart TV dan Android TV, Mana Lebih Bagus?

Mana yang lebih bagus, Smart TV atau Android TV? Yuk, ketahui keunggulan dan kekurangan keduanya sebelum membeli TV baru dalam artikel ini.

Perbedaan Smart TV dan Android TV, Mana Lebih Bagus?
Image source: Unsplash

Dalam beberapa tahun terakhir, perkembangan industri siaran TV di Indonesia semakin berkembang , terlebih sejak Kominfo mengumumkan peralihan ke siaran televisi digital. Hal ini juga turut memengaruhi jenis TV yang beredar di pasaran. Dua jenis TV yang semakin populer tersebut adalah Smart TV dan Android TV.

Memiliki kesamaan yaitu dapat terhubung ke internet, nyatanya masih banyak orang yang bingung dengan kedua TV ini sehingga memunculkan banyak pertanyaan

'Apa perbedaan dari kedua jenis TV Smart TV atau Android TV?'

'Mana yang lebih bagus?'

Meski terlihat mirip, terdapat beberapa perbedaan penting antara Smart TV dan Android TV yang perlu kamu pahami sebelum membeli, dan dalam artikel ini kita akan menguliknya. Simak terus penjelasannya agar kamu dapat memilih jenis TV yang tepat sesuai kebutuhan.

Apa Itu Smart TV?

Apa Itu Smart TV
Image source: Samsung

Apa sih ciri khusus yang dimiliki Smart TV dibanding TV biasa? Ingat ya, TV digital itu juga masuk ke TV biasa, loh!

Smart TV umumnya memiliki fitur pembeda, yakni dapat terhubung ke internet secara nirkabel atau melalui kabel Ethernet secara langsung. Tak heran banyak orang yang menggunakan TV ini untuk mengakses konten online yang memiliki layar resolusi tinggi.

Smart TV juga dibekali dengan aplikasi hiburan bawaan, seperti Netflix, Youtube, atau Facebook yang dapat diakses melalui koneksi internet. Adanya aplikasi dan navigasi yang mudah menunjukkan bahwa Smart TV didukung sistem operasi layaknya smartphone.

Memiliki konektivitas luas seperti komputer, Smart TV dibekali dengan berbagai port. Salah satunya adalah port HDMI yang memungkinkan pengguna menghubungkan perangkat, seperti konsol game. Ada juga port LAN yang membuat TV dapat terhubung ke internet melalui kabel ethernet.

Apa Itu Android TV?

Android TV
Image source: APKPure

Ada fakta menarik mengenai TV Android yang ternyata masuk ke jenis Smart TV. TV Android sebenarnya teknologi lanjutan dari Smart TV. Masih ingat pembahasan tentang Smart TV yang memiliki sistem operasi pada bagian sebelumnya? TV Android juga memiliki sistem operasi khusus, yakni Android.

Jika kamu berpikir tentang smartphone, yup, sistem Android yang digunakan sama dengan smartphone tetapi telah disesuaikan kembali untuk penggunaan TV. Adanya sistem operasi Android menunjukkan bahwa TV Android dibekali dengan prosesor yang lebih canggih.

Karena Android dikembangkan oleh Google, kamu bisa mengakses berbagai fitur Google, seperti Google Play Store, Google Voice, dan lain-lain. Adanya RAM dan prosesor juga membuat proses browsing internet lebih cepat dan lebih baik dibandingkan dengan smart TV pada umumnya.

FreeSpace Remote TV LG Smart TV Infrared Netflix Button with Scroll - AKB75855501 - Black - JakartaNotebook.com
FreeSpace Remote TV LG Smart TV Infrared Netflix Button with Scroll - AKB75855501 termurah. Dapatkan dengan mudah FreeSpace Remote TV LG Smart TV Infrared Netflix Button with Scroll - AKB75855501 murah, garansi, dan bisa cicilan - Hanya di JakartaNotebook.com.

Perbedaan Smart TV and Android TV

Setelah membaca penjelasan di atas, mungkin kamu sudah bisa menebak apa perbedaan Smart TV dan Android TV. Namun, selain beberapa hal di atas, terdapat beberapa perbedaan lain yang wajib kamu ketahui.

1. Tampilan TV

Smart TV umumnya memiliki tampilan yang lebih sederhana dibandingkan dengan Android TV sehingga lebih 'ramah' untuk penggunanya. Hal ini dikarenakan sistem pada smart TV yang tidak jauh berbeda dari TV analog.

Sementara tampilan Android TV yang lebih kompleks seperti smartphone membuat penggunanya harus belajar lebih apalagi jika belum pernah mengoperasikan sistem Android.

2. Sistem Operasi

Sistem operasi Smart TV berbeda tergantung setiap merek, misalnya WebOS untuk LG dan Tizen untuk Samsung. Sementara TV Android menggunakan sistem Android yang bisa dikontrol dengan lebih leluasa.

Taffware Bracket TV Adjustable VESA 100 x 100 for 14-24 Inch TV - W24 - Black - JakartaNotebook.com
Taffware Bracket TV Adjustable VESA 100 x 100 for 14-24 Inch TV - W24 termurah. Dapatkan dengan mudah Taffware Bracket TV Adjustable VESA 100 x 100 for 14-24 Inch TV - W24 murah, garansi, dan bisa cicilan - Hanya di JakartaNotebook.com.

3. Ketersediaan Aplikasi

Meski sama-sama dibekali aplikasi bawaan, TV Android tampak lebih unggul karena kemudahan dalam mengakses Google Play Store untuk menambah aplikasi. Sementara Smart TV, kamu hanya dapat mengakses aplikasi bawaan yang telah terinstal pada TV.

4. Proses Update

Melalui Google Play Store kamu dapat mengunduh dan meng-update aplikasi di TV Android. Tetapi pada Smart TV proses updatenya cukup sulit karena setiap produknya hanya dibekali satu sistem operasi tetap. Bisa dikatakan jika ada update aplikasi, kamu juga harus mengganti Smart TV ke generasi yang terbaru.

5. Fitur Mirroring

Fitur mirroring pada TV Android dapat diakses dengan satu klik saja berkat kehadiran Chromecast built in. Sementara Smart TV membutuhkan kabel tambahan jika ingin menghubungkan fitur mirroring (HDMI, USB, atau VGA).

Taffware Antena TV Digital Indoor DVB-T2 25dB - TFL-D141 - Black - JakartaNotebook.com
Taffware Antena TV Digital Indoor DVB-T2 25dB - TFL-D141 termurah. Dapatkan dengan mudah Taffware Antena TV Digital Indoor DVB-T2 25dB - TFL-D141 murah, garansi, dan bisa cicilan - Hanya di JakartaNotebook.com.

Pilih mana Android TV atau Smart TV?

Kedua jenis TV tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing tetapi sama-sama bagus.

Jika kamu mencari pengalaman menonton TV yang lebih praktis, terlebih belum pernah menggunakan perangkat Android sebelumnya maka smart TV adalah jawabannya. Namun, untuk akses internet yang mudah Android TV merupakan pilihan.

Fitur yang minim pada smart TV membuatnya lebih mudah digunakan terutama untuk pemula. Di sisi lain, Android TV menawarkan beragam fitur dan aplikasi yang lebih banyak.

Apa pun pilihannya, pastikan kamu memperhatikan spesifikasi tiap produk serta anggaran yang dimiliki sebelum membeli. Belilah di tempat yang terpercaya dengan jaminan garansi yang jelas.