Sejarah Panjang Kartu Remi yang Mendunia

Kalian pasti pernah memainkan kartu remi kan? Namun, apakah kalian tahu tentang sejarahnya? Yuk, simak artikel di bawah ini untuk mengetahui tentang sejarah kartu remi!

Sejarah Panjang Kartu Remi yang Mendunia
Source Image: Unsplash

Siapa dari kalian yang tidak mengenal kartu yang satu ini? Pastinya banyak dari kalian yang sudah tahu. Kartu remi ternyata memiliki sejarah panjang yang diduga berasal dari daratan Cina atau Hindustan (India) sekitar tahun 800, kemudian berkembang hingga ke negara Timur Tengah dan Eropa yang kini dimainkan dengan berbagai macam bentuk permainan seperti poker, bridge, blackjack hingga dijadikan sebagai media sulap.

Menilik kembali sejarah terciptanya kartu remi memang tidak begitu jelas dan terlihat samar-samar. Banyak sumber yang mengatakan jika kartu dengan keempat logo ini dibawa oleh pedagang hingga suku-suku nomaden sehingga dapat tersebar luas ke berbagai benua. Sejumlah ahli juga sempat menduga jika permainan ini merupakan evolusi dari permainan catur yang menggunakan batu kerikil di Asia Barat.

Bahkan beberapa ahli juga berpendapat kalau kartu remi dulunya digunakan sebagai media upacara untuk komunikasi dengan para dewa. Beberapa pendapat tersebut memang tidak bisa diyakini secara penuh karena terciptanya kartu remi sendiri memang memiliki banyak versi sejarah.

Selain lahirnya kartu remi, para ahli juga menduga bahwa simbol yang tercipta pada kartu ini pun telah mengalami perubahan. Pertama kali disebutkan bahwa simbol kartu remi adalah koin, cangkir, tongkat dan pedang yang pertama kali ditemukan di Timur Tengah. Sempat juga berubah ke simbol lain seperti bel, biji, daun dan hati, hingga kemudian menjadi keempat simbol yang seperti kita kenal sekarang ini.

Hal menarik yang terdapat dari kartu ini adalah pelambangan raja setiap simbol yang merupakan perwujudan asli dari raja-raja di negara Eropa Barat. Perancis merupakan negara yang menciptakan kartu king, queen, dan jack. Charlemagne merupakan perwujudan dari king hati, Raja David perwujudan dari king sekop, Alexander the Great adalah king wajik, dan Julius Caesar adalah king keriting.

Kehadiran kartu dengan logo king, queen, dan jack tersebut semakin memperluas tipe permainan dari kartu remi. Di Indonesia sendiri kita mengenal berbagai permainan seperti ‘41’, cangkulan, hingga capsa.

Terdapat salah satu karakter terkenal yang dilahirkan dari kartu remi ini, siapa lagi kalau bukan joker. Joker merupakan kartu baru yang diciptakan oleh Samuel Hart asal negeri Paman Sam di abad ke-19 yang terdiri dari joker hitam dan joker merah. Bagi Anda yang tidak tahu, kartu joker dapat mengalahkan semua kartu yang sesuai dengan warna tersebut. Joker hitam dapat mengalahkan semua kartu berwarna hitam, sedangkan joker merah dapat mengalahkan semua kartu berwarna merah

Source Image: Unsplash

Kehadiran kartu joker ini ternyata tidak hanya membuat permainan remi lebih beragam lagi. Seiring berjalannya waktu, kartu joker berkembang menjadi sebuah karakter yang dituangkan pada berbagai tayangan visual seperti film, misalnya Joker yang berperan sebagai musuh dalam serial superhero Batman, hingga Hyosoka dalam serial anime HunterXHunter yang digambarkan sebagai karakter joker.

Nah, itulah sebagian kecil sejarah dari kartu remi yang memiliki sejarah panjang hingga mendunia hingga saat ini.