Tinggalkan Rumah dengan Aman Saat Mudik Lebaran

Meninggalkan rumah dalam jangka waktu lama akan selalu menjadi dilema. Pastikan selalu untuk menjaga keamanan rumah dengan selalu memperhatikan beberapa faktor pendukung keamanan.

Tinggalkan Rumah dengan Aman Saat Mudik Lebaran
Image Souce: freepik

Bagi sebagian besar orang, mudik ke kampung halaman merupakan hal yang rutin dilakukan saat menjelang Lebaran. Meninggalkan rumah dalam keadaan kosong berhari-hari tentunya juga dapat memberikan resiko dari segala aspek. Sebelum mudik, ada baiknya untuk memastikan beberapa hal agar rumah tetap aman.

Berikut adalah tips untuk meninggalkan rumah dengan aman selama mudik lebaran.

1. Mengunci Pintu dengan Benar

Mengunci pintu tentunya hal yang wajar ketika meninggalkan rumah, baik dalam jangka waktu sebentar atau lama. Tentunya ketika mudik rumah akan ditinggalkan dalam waktu cukup lama, oleh karena itu Anda harus mengunci pintu dengan baik dan benar, gunakan juga gembok tambahan jika diperlukan sehingga keamanan pintu akan lebih baik. Sebelum ditinggalkan pastikan kembali pintu dan jendela sudah terkunci agar rumah Anda lebih aman.

Zi Mijia Smart Door Lock Bluetooth Password Fingerprint Right Hand - ZNMS01XMYP - Black - JakartaNotebook.com
Zi Mijia Smart Door Lock Bluetooth Password Fingerprint Right Hand - ZNMS01XMYP termurah. Dapatkan dengan mudah Zi Mijia Smart Door Lock Bluetooth Password Fingerprint Right Hand - ZNMS01XMYP murah, garansi, dan bisa cicilan - Hanya di JakartaNotebook.com.

2. Matikan Semua Barang Elektronik

Sebisa mungkin matikan seluruh barang elektronik sehari-hari yang sering digunakan seperti dispenser, water heater listrik, mesin cuci, AC, kulkas, dan lain-lain. Hal ini guna mencegah terjadinya hal yang tidak diinginkan seperti korsleting listrik saat ditinggalkan. Hanya nyalakan alat elektronik yang menggunakan daya kecil dan kebutuhannya sangat diperlukan selagi Anda mudik, seperti CCTV untuk menambah keamanan dan lampu teras agar keadaan rumah tidak gelap gulita.

3. Bersihkan Rumah Sebelum Ditinggalkan

Bersihkan rumah terlebih dahulu sebelum ditinggalkan sehingga ketika Anda kembali dari kampung halaman, rumah Anda tetap rapi dan bersih. Pastikan membuang sampah terlebih dahulu agar ruangan terhindar dari bau tidak sedap. Kosongkan air bak mandi atau tempat penampungan air lainnya sehingga tidak menghasilkan bibit-bibit nyamuk selama Anda meninggalkan rumah. Tata barang-barang dengan rapi, dan bila diperlukan tutup menggunakan kain agar debu tidak mengotori barang-barang Anda.

4. Cabut Tabung Gas dan Simpan dengan Baik

Karena tidak digunakan, sudah seharusnya tabung gas dilepas dari selang regulator dan disimpan di tempat yang aman. Hal ini untuk menghindari kebocoran dan mencegah kejadian yang tidak diinginkan.

5. Jangan Meninggalkan Hewan Peliharaan

Bagi Anda yang memiliki hewan peliharaan, jangan meninggalkan hewan peliharaan Anda selama mudik. Anda bisa memanfaatkan jasa penitipan hewan jika memang tidak memungkinkan untuk diajak mudik. Hal ini agar menghindari isi rumah di acak-acak oleh hewan peliharaan dan juga mencegah hal tidak baik lainnya dan merugikan Anda atau bahkan hewan peliharaan Anda.

6. Simpan Barang Berharga di Tempat Aman

Barang berharga harus selalu di simpan ditempat yang sangat aman bila harus ditinggalkan. Anda dapat menyimpan surat berharga, perhiasan dan lainnya ke dalam brankas sehingga akan lebih aman. Pastikan tempat penyimpanan Anda tidak bisa dibongkar paksa dan tertutup dengan baik sehingga hanya Anda yang bisa membukanya.

DAY1 Kotak Brankas Hotel Safety Anti-theft Box Password - Y0010 - Black - JakartaNotebook.com
DAY1 Kotak Brankas Hotel Safety Anti-theft Box Password - Y0010 termurah. Dapatkan dengan mudah DAY1 Kotak Brankas Hotel Safety Anti-theft Box Password - Y0010 murah, garansi, dan bisa cicilan - Hanya di JakartaNotebook.com.


7. Lapor Ke Ketua RT/Petugas Keamanan

Sebaiknya Anda melapor kepada ketua RT dan petugas keamanan setempat bahwa Anda akan meninggalkan rumah dalam keadaan kosong untuk jangka waktu yang Anda tentukan sebelumnya. Hal ini dapat membuat warga sekitar lebih waspada ketika ada aktivitas di sekitar rumah Anda.

***

Itulah beberapa tips untuk meninggalkan rumah Anda dalam keadaan kosong dengan aman saat Anda pergi mudik. Yang terpenting adalah selalu mengecek kembali hal-hal yang dapat memicu kejadian tidak menyenangkan saat akan meninggalkan rumah.