4 Tips Memilih Monitor Gaming, Jangan Sampai Salah Beli!

Perhatikan tips memilih monitor gaming berikut agar kamu tidak salah beli dan mendapatkan pengalaman bermain game yang optimal serta menyenangkan.

4 Tips Memilih Monitor Gaming, Jangan Sampai Salah Beli!
Image source: Unsplash/Ali Zolghadr

Untuk para gamer, monitor adalah perlengkapan wajib yang harus dimiliki agar bisa mendapatkan pengalaman bermain game yang optimal dan menyenangkan. Namun, memilih monitor gaming nyatanya tidak boleh dilakukan secara sembarangan.

Selain selera, ada beberapa hal yang harus diperhatikan supaya kamu tidak salah membeli monitor yang harganya tidaklah murah. Pastikan produk pilihanmu memiliki spek terbaik yang mumpuni untuk menjalankan berbagai game.

Tips Memilih Monitor Gaming

Agar tidak salah membeli, artikel ini akan membantu kamu untuk tahu apa saja yang harus diperhatikan sebelum membeli monitor gaming. Yuk, simak sampai habis!

1. Resolusi

Resolusi
Image Source: Unsplash/Seyed Sina Fazeli

Resolusi merupakan hal utama yang perlu kamu perhatikan saat akan membeli monitor gaming. Aspek ini mengacu pada jumlah piksel layar, monitor dengan resolusi tajam akan memberikan tampilan yang jernih dengan warna dinamis.

Rata-rata monitor gaming telah dibekali resolusi paling kecil Full HD atau 1080p hingga resolusi paling tinggi Ultra HD 4K. Pilihlah monitor dengan resolusi sesuai kebutuhan dan juga anggaran. Semakin tinggi tingkat resolusi, maka semakin besar ukuran layar monitor.

2. Refresh Rate

Refresh rate adalah spesifikasi yang mengukur berapa kali layar diperbarui dalam satu detik dan diukur dalam satuan Hertz (Hz). Menjadi spesifikasi penting yang perlu diperhatikan saat akan membeli monitor, standar refresh rate pada umumnya 60 Hz.

Semakin tingi refresh rate, semakin halus pula pergerakan pada layar. Tidak hanya itu, spek ini juga berhubungan dengan lag atau jeda saat bermain game.

Untuk kamu yang ingin membeli monitor, pilihlah monitor gaming dengan refresh rate minimal 60 Hz, namun jika bisa, pilihlah yang memiliki refresh rate 120 Hz atau lebih tinggi agar pengalaman gaming lebih lancar.

MIREN Kursi Gaming Ergonomic Chair Lumbar Support with Footrest - CH808 - Black/Blue - JakartaNotebook.com
MIREN Kursi Gaming Ergonomic Chair Lumbar Support with Footrest - CH808 termurah. Dapatkan dengan mudah MIREN Kursi Gaming Ergonomic Chair Lumbar Support with Footrest - CH808 murah, garansi, dan bisa cicilan - Hanya di JakartaNotebook.com.

3. Waktu Respon

Waktu Respon
Image Source: Unsplash/Zachary Nelson

Response time atau waktu tanggap adalah waktu yang dibutuhkan layar untuk merespons dan menampilkan permintaan user. Spesifikasi ini mengukur seberapa cepat piksel-piksel pada layar dapat berubah dari warna ke warna lainnya.

Disarankan untuk memilih waktu respons yang lebih rendah (di bawah 5 ms atau kurang) untuk mengurangi efek ghosting atau blur pada gambar yang bergerak cepat.

4. Jenis Panel

Terdapat banyak jenis panel layar monitor yang beredar di pasaran, namun jenis panel yang paling umum pada monitor gaming adalah IPS, TN, dan VA. Berikut beberapa perbedaan dari tiap jenis panel monitor ini:

  • IPS (In-Plane Switching), menawarkan sudut pandang dan akurasi warna yang lebih baik dibandingkan TN dan VA. Panel jenis ini dianggap lebih superior untuk game kualitas HD, editing multimedia, dan desain profesional. Layar IPS memiliki respons yang rendah, di bawah 5 ms sehingga sangat cocok untuk para gamer.
  • TN (Twisted Nematic) adalah jenis panel dengan waktu respons lebih cepat. Monitor dengan jenis panel ini lebih populer di dunia gaming karena harganya lebih murah, tapi menawarkan refresh rate dan respons time lebih baik dibandingkan IPS dan VA. Namun, panel TN biasanya akan berubah warna jika dilihat dari samping.
  • VA (Vertical Alignment) adalah jenis panel yang memberikan kontras yang lebih tinggi, warna tegas, dan mampu menampilkan warna hitam lebih baik. Kekurangannya ada pada waktu respon yang lebih lambat dibandingkan IPS dan TN.
SOYTO Gaming Headphone Headset Super Bass LED with Mic - SY830MV - Blue - JakartaNotebook.com
SOYTO Gaming Headphone Headset Super Bass LED with Mic - SY830MV termurah. Dapatkan dengan mudah SOYTO Gaming Headphone Headset Super Bass LED with Mic - SY830MV murah, garansi, dan bisa cicilan - Hanya di JakartaNotebook.com.

5. Ukuran

Ukuran
Image Source: Unsplash/Redd F

Tips mmeilih monitor gaming terkahir yang tidak kalah penting adalah mempertimbangkan alah ukuran. Pilih monitor dengan ukuran sesuai dengan luas ruangan dan game yang dimainkan.

Untuk kamu yang memiliki hobi main game berat seperti FPS, cukup menggunakan layar berukuran 24 inci hingga 27 inci. Sedangkan, untuk game RPG, pilihlah monitor di atas 27 inci agar kamu bisa puas melihat landscape di dalam game.

Setelah tahu tips yang perlu diperhatikan, kini kamu gak bingung lagi saat akan membeli monitor gaming bukan?

Kini membeli berbagai perlengkapan gaming semakin mudah dan cepat di JakartaNotebook. Di sini kamu bisa mendapatkan monitor gaming, keyboard gaming, mouse pad, dan banyak lainnya. Tunggu apa lagi? Yuk, kunjungi JakartaNotebook sekarang!