Beberapa Tips Asik Saat Mudik Lewat Jalur Darat

Perjalanan mudik memang rata-rata membutuhkan waktu yang panjang di perjalanan. Untuk menghilangkan bosan kamu bisa lakukan kegiatan di bawah ini!

Beberapa Tips Asik Saat Mudik Lewat Jalur Darat
Image Source: Unsplash

Menyambut hari raya lebaran momen balik ke kampung halaman menjadi hal yang sangat istimewa karena dapat berkumpul lagi dengan orang tua serta sanak saudara. Istilah mudik pun akan menjadi hal yang paling banyak Anda dengar di mana-mana lewat pemberitaan media televisi, media masa hingga sosial media.

Dilansir dari KBBI atau Kamus Besar Bahasa Indonesia, mudik memiliki arti pulang ke kampung halaman. Tidak begitu jelas bagaimana awal mula istilah mulih dikit atau mudik ini dipakai secara masif ketika lebaran, yang jelas istilah tersebut semakin lumrah dari tahun ke tahun.

Perjalanan ke kampung halaman dapat dilakukan lewat beberapa opsi, yang paling menyita perhatian adalah opsi jalur darat seperti menggunakan bus, mobil pribadi sampai dengan motor.

Untuk masalah kemacetan memang menjadi momok yang menakutkan bagi para pemudik karena dapat stuck berjam-jam yang dapat membuat Anda bosan sampai mati gaya.

Lantas bagaimana agar Anda tidak merasakan itu semua selama di perjalanan? Nah, kami memiliki beberapa tips menarik untuk Anda agar tetap asik selama mudik, kira-kira apa saja? Simak di bawah ini ya!

1. Istirahat

Image Source: Unsplash

Terjebak di kemacetan memang banyak hal yang dapat dilakukan, namun salah satu hal yang paling bijak adalah tidur atau beristirahat. Karena dengan Anda tidur dapat memangkas waktu lebih cepat dan syukur-syukur sudah berada di jalur normal atau sudah tidak macet. Supaya tidur lebih pulas dan nyaman sewaktu di perjalanan Anda dapat menggunakan bantal leher.

Namun, jika Anda seorang pengemudi tentu tidak punya pilihan untuk tidur, bukan? Selain terus berkendara, hal lain yang mungkin dapat Anda lakukan adalah dengan menunjuk salah seorang di mobil Anda yang bisa menggantikan untuk mengemudi, salah satunya seperti saudara. Apabila tidak ada, mungkin bisa mencari rest area terdekat untuk bersitirahat sejenak sembari menunggu kemacetan mereda.

2. Membaca Buku

Image Source: Unsplash

Ketika Anda sudah lelah untuk tidur di dalam mobil, lebih baik mengisi dengan kegiatan positif seperti membaca buku. Persiapkan beberapa buku yang memang ingin Anda baca atau salah satu yang menjadi buku favorit sebelum mudik.

Apabila Anda merasa membawa buku sangatlah merepotkan dan menghabiskan tempat pada tas ransel atau koper, maka carilah e-book dari beberapa buku tersebut dan gunakan smartphone sebagai media baca Anda.

Selain itu, Anda juga bisa memiliki MP3 player dari RUIZU karena memiliki fitur untuk membaca e-book apabila Anda sayang daya baterai cepat habis apabila digunakan secara terus menerus di perjalanan. MP3 player ini juga dapat Anda gunakan untuk mendengarkan musik karena dapat menghasilkan suara yang jernih dan bebas distorsi.

3. Berkaraoke Lagu Favorit

Source Image: Unsplash

Agar perjalanan terasa menyenangkan, di tengah-tengah kemacetan Anda dapat memutar sambil menyanyikan lagu favorit. Dijamin, rasa jenuh saat mobil tidak bisa bergerak perlahan akan menghilang karena digantikan dengan suasana menyenangkan dari berkaraoke bersama keluarga.

Hadirnya layanan musik streaming online memang membuatnya semuanya makin mudah, akan tetapi Anda harus menghemat baterai dan juga paket data selama di perjalanan untuk memantau hal-hal penting, terutama soal titik kemacetan. Segera siapkan flashdisk untuk menyiapkan semua daftar lagu favorit untuk dimainkan selama di perjalanan.

4. Mengobrol Bersama Keluarga

Source Image: Unsplash

Momen mengarungi perjalanan yang jauh dapat membuat Anda dan sekeluarga semakin dekat lantaran di sepanjang perjalanan banyak hal menarik yang dapat dibahas. Mulai dari hal yang ada di jalan sampai permasalahan pribadi yang mungkin Anda ingin bagikan. Jadikan momen perjalanan ke kampung halaman sebagai waktu mengakrabkan diri antara Anda dan keluarga.

***

Itu beberapa tips asik yang bisa Anda lakukan selama di perjalanan ketika mudik. Masih banyak hal seru lainnya yang bisa Anda lakukan selama yang disebutkan di atas, seperti main games, membuat vlog, dan lain-lain. Bagaimana dengan Anda? Apakah memiliki cara lain untuk mengatasi rasa bosa selama mudik?