7 Cara Menghilangkan Ngantuk Saat Puasa Agar Tetap Produktif

Jika kamu masih sering mengantuk ketika berpuasa, kamu bisa ikuti cara menghilangkan ngantuk saat puasa berikut ini!

7 Cara Menghilangkan Ngantuk Saat Puasa Agar Tetap Produktif
Image Source: Pexels/Andrea Piacquadio

Saat masuk ke bulan puasa, siklus tidur menjadi berubah karena kamu akan bangun lebih pagi untuk menyiapkan sahur. Jika kamu tidak mengambil waktu untuk tidur lebih cepat, maka jam tidur akan berkurang dari biasanya.

Jadi, mengantuk adalah hal yang wajar karena waktu tidur yang berkurang. Belum lagi saat puasa tubuh tidak mendapatkan asupan makanan atau minuman selama berjam-jam, maka sangat alamiah jika diri merasa lemas dan mengantuk.

Namun rasa kantuk yang berlebih bisa mempengaruhi produktivitas kamu dalam kegiatan sehari-hari. Konsentrasimu akan berkurang sehingga saat bekerja atau melakukan aktivitas lainnya tidak bisa dilakukan dengan maksimal.

Lalu apakah mengantuk saat berpuasa bisa diatasi? Bagaimana cara menghilangkan ngantuk saat puasa? Yuk, simak caranya di bawah ini.

7 Tips Cara Menghilangkan Ngantuk Saat Puasa

Jika kamu masih sering mengantuk di siang hari saat menjalani ibadah puasa kamu bisa mengikuti cara menghilangkan ngantuk saat puasa di bawah ini.

1. Konsumsi Makanan Bergizi

Konsumsi Makanan Bergizi
Image Source: Pexels/Kampus Production

Mengonsumsi makanan yang bergizi saat sahur atau buka puasa menjadi salah satu cara mengurangi ngantuk saat berpuasa. Usahakan untuk mengonsumsi sayur atau buah saat santap sahur atau buka puasa. Sayur dan buah memiliki kandungan mineral dan vitamin tinggi yang baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh saat berpuasa.

Dan yang paling penting, kurangi makanan berlemak dan berminyak saat santap sahur karena makanan ini bisa menyebabkan kamu untuk cepat harus, lemas, dan kemudian mengantuk.

2. Minum Air yang Cukup

Minum Air yang Cukup
Image Source: Pexels/Karolina Grabowska

Setaip orang normalnya membutuhkan 2 liter air putih per hari atau sebanyak 8 gelas. Ketika puasa kamu tentunya tidak bisa mengonsumsi air putih saat siang hari. Saat berpuasa, tubuh kehilangan cairan melalui keringat dan pernapasan. Jika tidak tergantikan dengan cukup minum, dehidrasi bisa terjadi, yang dapat menyebabkan penurunan energi dan membuat kamu lebih mudah merasa lelah dan ngantuk.

Kamu harus tetap terhidrasi saat berpuasa dengan mengonsumsi air putih. Cara menyiasatinya adalah dengan minum air putih sebanyak dua gelas saat sahur, dua gelas saat berbuka, dua gelas selesai salat tarawih, serta dua gelas sebelum tidur.

Minum air yang cukup saat sahur merupakan salah satu cara menghilangkan ngantuk saat puasa yang paling mudah dilakukan.

3. Istirahat yang Cukup

Istirahat yang Cukup
Image Source: Pexels/Ketut Subiyanto

Selama bulan puasa kamu akan mengalami perubahan pola tidur karena harus bangun sebelum subuh untuk santap sahur. Hal ini otomatis akan mengurangi jam tidurmu, jadi sangat wajar jika kamu sering mengantuk ketika siang hari. Kamu diharuskan untuk tetap produktif ketika berpuasa meskipun sering merasakan ngantuk.

AMARYLLIS Lampu Tidur Bola Kristal 3D Warm White USB 3W Astronot - AM-6 - Transparent - JakartaNotebook.com
AMARYLLIS Lampu Tidur Bola Kristal 3D Warm White USB 3W Astronot - AM-6 termurah. Dapatkan dengan mudah AMARYLLIS Lampu Tidur Bola Kristal 3D Warm White USB 3W Astronot - AM-6 murah, garansi, dan bisa cicilan - Hanya di JakartaNotebook.com.

Salah satu cara menghilangkan ngantuk saat puasa adalah dengan istirahat yang cukup atau mengatur jadwal tidurmu. Ketika berpuasa jangan terlalu banyak tidur karena akan menyebabkan kamu tambah mengantuk dan lemas. Usahakan untuk tidur lebih awal dan langsung tidur setelah sholat subuh.

Jika kamu kepalang mengantuk saat siang hari dan sedang bekerja, gunakan waktu istirahatmu untuk melakukan quick nap selama 10-20 menit. Ingat, jangan tidur telalu lama, karena akan menyebabkan kamu tambah mengantuk. Jika ingin tidur di kantor dengan nyenyak, kamu bisa menggunakan bantal leher sebagai penyangganya.

4. Mengobrol

Mengobrol
Image Source: Pexels/Christina Morillo

Mengobrol atau berinteraksi dengan orang lain dapat membantu menghilangkan ngantuk saat puasa karena aktivitas ini dapat meningkatkan tingkat kesadaran dan stimulasi mental. Saat kamu terlibat dalam percakapan atau interaksi sosial, otak Anda menjadi lebih aktif, sehingga membantu mengurangi rasa ngantuk. Selain itu, mengobrol juga dapat mengalihkan perhatian dari perasaan ngantuk, membuat kamu lebih terjaga dan fokus pada interaksi tersebut. Hal ini dapat membantu kamu tetap segar dan bersemangat selama berpuasa.

Tapi yang perlu diingat adalah, hindari topik obrolan yang menjurus pada ghibah atau membicarakan keburukan orang lain ya, karena hal tersebut bisa mengurangi pahala puasamu.

5. Mendengarkan Musik

Mendengarkan Musik
Image Source: Pexels/Armin Rimoldi

Cara menghilangkan ngantuk saat puasa selanjutnya adalah dengan mendengarkan musik. Saat mendengarkan musik, otak akan memproduksi hormon endorfin yang dapat membuat tubuh merasa lebih segar dan bersemangat. Musik dengan tempo yang cepat mampu meningkatkan denyut jantung dan membantu meningkatkan aliran darah dan oksigen ke otak, sehingga membuat seseorang lebih terjaga dan fokus.

Lenovo Thinkplus Headphone Bluetooth 5.0 HiFi Stereo with ANC - TH40 - Black - JakartaNotebook.com
Lenovo Thinkplus Headphone Bluetooth 5.0 HiFi Stereo with ANC - TH40 termurah. Dapatkan dengan mudah Lenovo Thinkplus Headphone Bluetooth 5.0 HiFi Stereo with ANC - TH40 murah, garansi, dan bisa cicilan - Hanya di JakartaNotebook.com.

Kamu juga bisa mendengarkan musik sambil berdendang kecil. Kamu bisa mendengarkan musik menggunakan earphone atau headphone agar tidak mengganggu orang-orang di sekitarmu.

6. Atur Pernapasan

Atur Pernapasan
Image Source: Pexels/Kelvin Valerio

Mengatur pernapasan secara sadar dapat menjadi teknik yang efektif untuk mengurangi rasa ngantuk saat puasa. Saat seseorang mengalami ngantuk, pernapasan cenderung menjadi lebih dangkal dan tidak teratur. Dengan mengatur pernapasan, seseorang dapat meningkatkan aliran oksigen ke otak, yang dapat membantu meningkatkan tingkat kesadaran dan energi.

Teknik pernapasan yang baik juga dapat membantu mengurangi ketegangan dan stres, yang seringkali menjadi penyebab utama ngantuk. Dengan melakukan pernapasan yang dalam dan teratur, seseorang dapat merilekskan tubuhnya dan mengurangi tingkat stres yang dapat menyebabkan ngantuk.

7. Olahraga Ringan

Olahraga Ringan
Image Source: Pexels/Andrea Piacquadio

Cara menghilangkan ngantuk saat puasa yang terakhir adalah dengan melakukan olahraga ringan. Beberapa olahraga ringan yang bisa kamu lakukan antara lain berjalan kaki, jogging, hingga yoga. Jika terlalu malas keluar rumah untuk jogging atau berjalan kaki, kamu bisa melakukannya di rumah dengan menggunakan walkingpad.

Olahraga dapat meningkatkan metabolisme tubuh, yang dapat membuat tubuh merasa lebih segar dan aktif. Olahraga juga dapat meningkatkan aliran darah dan oksigen ke otak serta seluruh tubuh, yang dapat meningkatkan tingkat energi dan mengurangi rasa ngantuk.

Melakukan berbagai aktivitas ketika berpuasa tentunya memiliki banyak tantangan. Selain haus dan lapar, sering mengantuk menjadi salah satu tantangan terbesar ketika berpuasa. Jika kamu mulai merasakan ngantuk, kamu bisa melakukan cara di atas untuk mengatasi rasa kantuk.

Semoga cara di atas bermanfaat dan mampu membantu kamu untuk menjalani ibadah puasa dengan nyaman dan tentunya penuh semangat.