7 Rekomendasi Tripod HP Terbaik Agar Konten Jadi Lebih Bagus!

Dalam memilih tripod HP, pertimbangkan hal seperti fleksibilitas, bobot, stabilitas, hingga fitur tambahan. Simak beberapa rekomendasinya berikut.

7 Rekomendasi Tripod HP Terbaik Agar Konten Jadi Lebih Bagus!
Image Source: Freepik

Apakah kamu seorang vlogger? Senang membuat konten gambar atau video di sosial media? Maka kamu pasti memerlukan peralatan untuk menunjang agar konten menjadi lebih berkualitas, salah satunya adalah tripod HP.

Tripod HP adalah aksesoris yang dirancang khusus untuk menopang dan menjaga stabilitas HP saat digunakan untuk keperluan fotografi atau pengambilan video.

Selain menjaga stabilitas, tripod juga dapat membantu untuk menyesuaikan sudut pengambilan gambar dan memungkinkan pengambilan gambar tertentu seperti time-lapse atau pemotretan dalam cahaya rendah dengan lebih mudah.

Tahukah kamu? Tripod HP ternyata memiliki berbagai ukuran, desain, serta fitur tambahan, lho! Apa saja itu? Yuk, simak jenis-jenis tripod beserta deretan rekomendasinya berikut ini!

Jenis-jenis Tripod HP

Jenis-jenis Tripod HP
Image Source: New York Times/Arrianna Vasquez

Beberapa jenis tripod yang umumnya dikhususkan untuk penggunaan pada HP antara lain:

  1. Tripod standar. Tripod standar memiliki kaki yang bisa diatur tingginya. Biasanya memiliki ukuran sedang hingga besar dan cocok untuk pengambilan foto dan video di berbagai situasi.
  2. Tripod mini. Sesuai dengan namanya, tripod ini berukuran kecil, ringan, dan mudah dibawa ke mana-mana karena dapat dilipat. Cocok untuk penggunaan ringan dan pengambilan gambar cepat, terutama untuk penggunaan yang memerlukan mobilitas tinggi.
  3. Tripod meja. Tripod meja memiliki ukuran kecil yang dirancang untuk ditempatkan di atas meja atau permukaan datar lainnya. Jenis tripod ini cocok untuk kebutuhan seperti video panggilan, pengambilan foto close-up, atau video dengan sudut tetap.
  4. Tripod fleksibel (GorillaPod). Memiliki kaki fleksibel yang dapat ditekuk dan diposisikan sesuai kebutuhan. Kaki yang fleksibel ini memungkinkan tripod untuk melingkari objek atau dipasang di permukaan yang tidak rata, memberikan keleluasaan dalam pengaturan sudut pengambilan gambar.
  5. Tripod dengan gimbal. Tripod ini merupakan kombinasi dari tripod dengan gimbal yang berfungsi agar gambar lebih halus dan stabil saat merekam video. Gimbal itu sendiri membantu menjaga keseimbangan ponsel untuk hasil rekaman yang lebih lancar.
  6. Tripod Bluetooth. Hadir dengan tombol atau remote Bluetooth untuk mengontrol HP dari jarak jauh saat dalam mode perekaman. Remot tersebut memudahkan pengguna untuk mengambil foto atau merekam video tanpa harus menyentuh ponsel secara langsung.
  7. Tripod dengan fitur tambahan. Beberapa tripod dilengkapi dengan fitur tambahan seperti lampu LED, klip untuk ponsel, atau mount khusus untuk aksesoris lainnya.

Rekomendasi Tripod HP Terbaik

Berikut ini adalah beberapa rekomendasi tripod smartphone yang bisa membantu dalam menghasilkan gambar yang stabil dan berkualitas tinggi:

1. Xiaomi Tripod HP with Remote Control - XMZPG01YM

 Xiaomi Tripod HP with Remote Control - XMZPG01YM
Image Source: Jakartanotebook

Sudah waktunya untuk ucapkan selamat tinggal pada tripod model biasa dan beralih ke tripod HP yang dilengkapi dengan remot Bluetooth 3.0 dari Xiaomi ini.

Kamu dapat dengan mudah mengambil foto atau video dari jarak jauh. Selain itu, handle multifungsinya dapat dijadikan sebagai tongsis dan monopod.

Holder HP pada tripod ini juga dapat diputar 360 derajat sehingga dapat menjangkau sudut pandang kamera depan ke arah mana pun tanpa batas.

2. Erilles Tripod HP with Remote Control - Q09

Erilles Tripod HP with Remote Control - Q09
Image Source: Jakartanotebook

Jangan khawatir akan hasil gambar atau video yang goyang atau getar sebab tripod HP dari Erilles ini dilengkapi dengan gimbal dengan tingkat stabilitas tinggi.

Hadir dengan fill light dengan berbagai mode dan kecerahan yang dapat diubah posisinya, membuat hasil konten menjadi lebih cerah dan natural.

Pengambilan gambar dan video pun dapat lebih mudah berkat remot kontrol bawaannya yang dapat memutar holder untuk menghasilkan video sinematik keren.

3. ACEHE Tripod HP Rotatable - K-518

ACEHE Tripod HP Rotatable - K-518
Image Source: Jakartanotebook

Apakah kamu senang membuat konten saat sedang bepergian? Tripod HP dari ACEHE ini dapat menjadi temanmu berkat ukurannya yang mini dan ringkas.

Tidak hanya untuk HP, soketnya yang menggunakan slot baut universal 1/4 juga memungkinkan kamu untuk menggunakannya pada kamera biasa.

Dibekali dengan material yang kokoh, tripod mini ini mampu menopang berat perangkat hingga 500 gram.

4. ERIKOLE Tripod HP Automatic Face Tracking - P01

ERIKOLE Tripod HP Automatic Face Tracking - P01
Image Source: Jakartanotebook

Kini tak perlu lagi repot mencari angle terbaik saat sedang selfie atau membuat vlog sebab tripod ini telah dilengkapi dengan teknologi lensa dan AI Face Tracking.

Wajah dan gerakan akan terdeteksi hanya dalam jarak 1–3 meter saja, sehingga pengambilan foto atau video pun akan tetap terfokus walau bergerak di area luas.

Tenang saja, kamu tidak perlu repot menginstal aplikasi sebab cukup hubungkan tripod ke Bluetooth HP, maka tripod sudah dapat langsung digunakan.

5. Flexible Tripod HP Gorillapod - Z08

Flexible Tripod HP Gorillapod - Z08
Image Source: Jakartanotebook

Kalau kamu senang mengabadikan momen saat berpetualang di alam terbuka, maka tripod dengan model gorillapod ini merupakan solusi yang tepat!

Fleksibilitas hingga 360 derajat memungkinkan tripod untuk digunakan di berbagai permukaan seperti pohon, tiang, pagar, dan permukaan tidak rata lainnya.

Selain untuk penggunaan HP, kamu juga dapat menggunakannya pada kamera berkat kehadiran soket universal 1/4.

6. FANGTUOSI Tripod HP with LED Light - QO2S

FANGTUOSI Tripod HP with LED Light - QO2S
Image Source: Jakartanotebook

Tidak perlu khawatir lagi saat membuat konten di area minim cahaya sebab tripod ini telah dilengkapi dengan lampu LED.

Level kecerahan dan temperatur warnanya pun dapat diatur dalam 3 mode sesuai kebutuhanmu. Gambar atau video yang dihasilkan pun akan lebih jelas dan terang.

Selain itu, tripod ini juga dapat digunakan sebagai monopod atau tongsis sehingga kamu tidak perlu lagi repot membawa monopod atau tongsis secara terpisah.

7. TELESIN Tripod HP with Lanyard - GP-MNP-090-S

TELESIN Tripod HP with Lanyard - GP-MNP-090-S
Image Souce: Jakartanotebook

Kamu tidak perlu lagi membawa tripod HP dan kamera secara terpisah sebab tripod HP dari TELESIN ini juga dapat digunakan untuk berbagai macam kamera aksi seperti GoPro, Xiaomi Yi, dan SJCAM.

Tidak hanya itu, kamu juga dapat menggunakannya sebagai monopod dan tongsis yang mampu dipanjangkan hingga 90 cm.

Kehadiran lanyard pun akan semakin memudahkan kamu dalam membuat konten sebab tripod tidak akan mudah terjatuh ke permukaan.

Pilihlah tripod HP yang sesuai dengan kebutuhanmu. Pastikan untuk mempertimbangkan hal seperti fleksibilitas, bobot, stabilitas, hingga fitur tambahan agar kualitas kontenmu semakin top!