Awas Flashdisk dan Memory Card Palsu! Wajib Tahu Hal ini Sebelum Ketipu Lagi

Pernah gak sih kamu merasa aneh dengan memory card hp atau memory card kamera yang baru kamu beli? Kamu wajib curiga tuh sama memory cardnya Jaknoters, bisa jadi itu memory card palsu. Simak selengkapnya!

Awas Flashdisk dan Memory Card Palsu! Wajib Tahu Hal ini Sebelum Ketipu Lagi

Beli memory card atau flashdisk kapasitas besar tapi harga murah banget? Bisa jadi itu flashdisk atau memory card palsu!

Pernah gak sih kamu merasa aneh dengan memory card hp atau memory card kamera yang baru kamu beli? Mungkin dari kemasan, tampilan bahkan banyaknya file yang rusak dan tidak bisa dibuka? Nah kamu wajib curiga tuh sama memory cardnya Jaknoters, bisa jadi itu memory card palsu.

Mungkin banyak diantara kamu yang selama ini tidak sadar bahwa telah membeli memory card hp atau kamera yang palsu. Sebelum memory card, pemalsuan sejenis juga terjadi pada produk flashdisk. Biasanya flashdisk palsu ini ditandai dengan kapasitas tertera berbeda dengan kapasitas aslinya. Apalagi banyak orang mulai membeli produk-produk gadget sampai aksesoris gadgetnya melalui situs online sejak beberapa tahun lalu. Hal ini dimanfaatkan pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab untuk produksi memory card palsu serta flashdisk palsu. Produsen abal-abal tidak akan segan untuk melabeli memory card palsunya dengan merek ternama seperti Sandisk, Kingston dan lainnya. Kemasannya saja dibuat sedemikian rupa persis kemasan asli dari merek ternama tersebut. Hal ini bukan hanya merugikan pembeli eceran, bagi penjual aksesoris gadget yang mungkin juga tidak sadar bahwa telah mengambil memory card dari produsen abal-abal untuk dijual kembali. Rugi dong kalau sampai ketahuan pelanggan kamu, tentu tingkat kepercayaan mereka akan menurun.

Gimana ya caranya supaya gak ketipu lagi? Sebelum masuk ke hal apa saja yang wajib kamu ketahui supaya gak ketipu memory card palsu lagi, simak dulu penjelasan singkat tentang jenis-jenisnya di bawah ini!

Supaya kamu bisa mendapatkan memory card yang bagus sesuai keinginan kamu, kamu tentu perlu tahu dan kenal dengan baik dengan jenis memory card yang bagus.

Jenis-jenis memory card

Pastikan kamu membeli memory card yang sesuai dengan kebutuhan kamu. Dalam hal ini maksudnya yaitu device gadget yang kamu gunakan, misalnya smartphone, PC/Laptop juga kamera. Biasanya memory card yang bagus untuk kapasitas 2GB atau kurang adalah jenis SD Card. Sedangkan untuk kapasitas di atas 2GB-32GB gunakan jenis SDHC. Kalau lebih dari 32GB hingga Terabyte cari jenis SDXC. Ada kok!

Nah, balik lagi ke pembahasan hal-hal yang wajib diketahui supaya gak ketipu flashdisk dan memory card palsu untuk kesekian kalinya, langsung baca di bawah ini yuk!

  • Harga barang dari merk terkenal tidak normal
    Seperti yang kita ketahui, ada banyak merk terkenal yang memproduksi memory card dan juga flashdisk misalnya SanDisk, Kingston hingga Samsung. Biasanya nama merk-merk ini lah yang digunakan sebagai salah satu trik pemalsuan. So, kalau harga yang ditawarkan ke kamu jauh lebih murah dari biasanya, kamu patut curiga bahwa itu adalah memory card palsu atau flashdisk palsu.
  • Kemasan mencurigakan
    Hal yang bisa dilihat dengan mata pada awal pembelian yaitu kemasan. Perhatikan kemasan memory card dengan teliti, apabila tidak tertera info total kapasitas pada kemasan, biasanya kemasan itu dicetak sendiri untuk memory card palsu. Untuk flashdisk sendiri, dari kemasan kamu bisa memperhatikan stiker garansi hologram. Bila tidak ada stikernya atau stikernya tidak mengkilap maka bisa dicurigai itu adalah flashdisk palsu. Kadang sering juga dijumpai yang kapasitasnya ditulis menggunakan spidol, mencurigakan banget kan! Namun hal ini juga tidak menjamin apabila pihak pemalsu sudah mengetahuinya, bisa saja dia mencetak kemasan sedemikian rupa seperti aslinya.
Contoh kemasan flashdisk palsu dari merek Sandisk yang mencurigakan
  • Nomor UPC dan GS tidak terdaftar
    Khusus memory card, kamu bisa perhatikan juga nomor yang tertera di kemasan, banyak UPC dalam barcode yang asal cetak.
  • Tampilan memory dan flashdisk palsu aneh
    Masih dari segi tampilan, memory card asli biasanya memiliki cetakan tulisan yang jelas. Nah, jika memory card yang hendak kamu beli tidak jelas atau buram tidak seperti biasanya maka dipastikan itu memory card palsu. Kalau flashdisk, kamu bisa lihat bentuk ujungnya, apabila lekukan mengarah ke kiri maka flashdisk bisa dikatakan asli, namun bila lekukan mengarah ke kanan maka bisa dipastikan itu flashdisk palsu.
  • Warna di sisi memory card tidak sama
    Jika kamu perhatikan dengan seksama, warna lempengan memory card biasanya menyatu. Apabila kamu menemukan memory card yang dijual dengan merk tertentu namun warna sisinya berbeda, patut dicurigai juga bahwa itu merupakan memory card palsu.
  • Masalah transfer file pada memory card dan flashdisk palsu
    Namanya aja produk palsu, tentu performa yang kita peroleh tidak sesuai spesifikasi dalam promosi. Kamu pasti pernah kebingungan karena memory card hp atau memory card kamera kamu tidak dapat diisi sesuai kapasitas tertera. Ketika kamu hendak membuka file yang tersimpan namun tidak lancar atau banyak file rusak, fix itu memory card palsu. Dalam hal ini juga dapat menjadi tanda flashdisk palsu, apabila flashdisk kamu tidak memiliki kecepatan transfer file seperti rata-rata, maka patut dicurigai bahwa itu adalah flashdisk palsu. Bukan hanya itu, flashdisk palsu biasanya susah terdeteksi oleh komputer ataupun laptop.
  • File overwrite
    Selain file corrupt, file lama hilang juga bisa jadi tanda bahwa memory card atau flashdisk kamu palsu. Menyimpan data di device dengan kapasitas palsu ini bisa sangat berbahaya loh apalagi untuk file-file penting. Karena jika sudah penuh, data baru yang kamu simpan akan otomatis menghapus file ada sebelumnya.

Semakin lama pemalsu akan terus mencoba mengelabui kamu dengan berbagai trik. Pasar memory card hp sangat besar, khususnya saat semakin banyak smartphone. Untuk lebih meyakinkan kamu akan memory card hp yang kamu punya asli atau palsu, kamu bisa gunakan aplikasi di smartphone yang bisa memberimu informasi apakah memory card milik kamu asli/palsu.

So daripada ribet mengecek ini itu, langsung aja beli memory card dan beli flashdisk dari berbagai merk ternama di JakartaNotebook. Jangan khawatir palsu, JakartaNotebook jual memory card yang tentunya terjamin originalitas serta kualitasnya.