Sambut Kemerdekaan Indonesia, Wisata Sejarah ke 7 Tempat Ini Yuk!

Seperti yang sudah kita ketahui, ketika tanggal 17 Agustus setiap tahunnya kita merayakan hari kemerdekaan Indonesia. Di Indonesia sendiri biasanya diisi dengan kegiatan upacara bendera sembari jadi hari libur nasional. Selain identik dengan upacara bendera, merayakan hari merdeka di Indonesia juga bisa dilakukan dengan banyak cara loh! Salah satunya adalah wisata prasejarah keliling Indonesia. Pasti bakalan seru banget jalan-jalan sambil merayakan kemeriahan kemerdekaan Indonesia. Yuk simak 7 diantaranya monumen penting untuk dikunjungi di Indonesia!

Jangan lupa bawa perlengkapan action camera kamu supaya bisa mengabadikan momen indah di sana!

  • Tugu Proklamasi Jakarta
Sambut Hari Merdeka, Wisata Sejarah ke 7 Tempat Ini Yuk! | Sumber : Instagram @johnnyoungs

Lokasi pertama yang bisa kamu kunjungi sembari mengenang perjuangan bangsa Indonesia saat 17 Agustusan adalah Tugu Proklamasi Jakarta. Wisata sejarah yang satu ini berada di kawasan Jl. Proklamasi, RT.10/RW.2, Pegangsaan, Menteng, Kota Jakarta Pusat. Tugu ini merupakan sebuah kawasan yang sangat penting karena kawasan ini merupakan lokasi pembacaan naskah revolusi. Karenanya, lokasi Tugu Proklamasi ini menjadi penting untuk diketahui seluruh masyarakat Indonesia. Tugu Proklamasi ini juga dikenal dengan sebutan Tugu Petir. Pertama kali di bangun pada 1 Januari 1961 dan diresmikan pada 17 Agustus 1972. Salah satu icon penting di wilayah tugu ini yaitu Patung Sang Proklamator kemerdekaan Indonesia, Soekarno – Hatta. Segera ke sini deh pas liburan 17 Agustus nanti!

  • Tugu Pahlawan Surabaya
Sambut Hari Merdeka, Wisata Sejarah ke 7 Tempat Ini Yuk! | Sumber : Instagram @aslisuroboyo

Buat kamu yang tinggal di Surabaya, bisa banget menghabiskan waktu liburan 17 Agustus ini ke Tugu Pahlawan. Tugu ini yang terletak di Jalan Tembaan, Bubutan, Surabaya. Mungkin sebagian diantara kamu sudah tahu bahwa tugu ini jadi sebuah monumen untuk mengenang peristiwa Pertempuran 10 November 1945. Monumen ini berbentuk seperti lingga atau paku terbalik dengan ketinggian 41,15 meter. Pada bagian tubuh monumen, terdapat lengkungan sebanyak 10 lengkungan yang terbagi atas 11 ruas. Semua jumlah tersebut mengandung makna tanggal 10, bulan 11, tahun 1945. Pada bagian bawah monumen dihiasi dengan ukiran Trisula bergambar Cakra, Stamba, dan Padma sebagai simbol api perjuangan.

  • Tugu Muda Semarang
Sambut Hari Merdeka, Wisata Sejarah ke 7 Tempat Ini Yuk! | Sumber : Instagram @ilhamardin

Tugu Muda di Semarang ini juga jadi salah satu lokasi destinasi wisata sejarah di Indonesia. Tugu muda ini merupakan wujud penghargaan masyarakat Semarang kepada para pejuang yang telah gugur dalam pertempuran memperjuangkan kemerdekaan. Selain wujud penghargaan, Tugu Muda ini sendiri adalah lambang semangat anak muda di Semarang yang terus berjuang melawan penjajahan. Salah satu sejarah penting terkait tugu ini adalah perang lima hari sejak 14-19 Oktober 1945 di Semarang waktu lalu. Yuk, kunjungi tugu ini sembari bersyukur atas perjuangan para pahlawan sebelumnya!

  • Monumen Palagan Ambarawa
Sambut Hari Merdeka, Wisata Sejarah ke 7 Tempat Ini Yuk! | Sumber : Instagram @widya.2806

Selain Tugu Muda, Monumen Palagan Ambarawa juga merupakan wisata sejarah yang wajib dikunjungi di Semarang. Resmi dibangun pada tahun 1973 kemudian diresmikan Presiden Soeharto pada 15 Desember 1974. Monumen ini sendiri dibangun untuk mengenang sejarah pertempuran di Ambarawa para tanggal 12 Desember  – 15 Desember 1945. Pada lokasi wisata sejarah ini, kamu bisa menemukan beberapa peninggalan peperangan pada saat itu. Terdapat beberapa senjata rampasan serta korban peperangan yang dimiliki oleh Belanda dan Jepang saat penjajahan. Jangan lupa berkunjung ke sini ya untuk mengenang serta lebih mengenal setiap perjuangan para pahlawan yang telah gugur.

  • Monumen Kebulatan Tekad Rengasdengklok
Sambut Hari Merdeka, Wisata Sejarah ke 7 Tempat Ini Yuk! | Sumber : Instagram @vakansinesia

Kalau kamu warga Karawang, pastinya kamu tahu dong dengan Monumen Kebulatan Tekad Rengasdengklok. Tugu berbentuk tangan yang mengepal ini melambangkan sebuah kebulatan tekad para pejuang untuk kemerdekaan Indonesia. Ada juga empat bulatan seperti telur yang ada di setiap sisi bulatan besar itu mewakili empat penjuru mata angin. Sementara itu, terdapat penyangga bulatan bertuliskan 17 Agustus 1945 serta Naskah Proklamasi. Bukan cuma itu, di sisi belakang monumen terdapat relief tentang perjalanan Proklamasi. Salah satunya adalah relief yang menggambarkan Soekarno - Hatta yang dibawa ke Rengasdengklok pada 16 Agustus 1945. Penasaran kan? Buruan kunjungi lokasi ini sembari merayakan hari kemerdekaan Indonesia tercinta.

  • Monumen Bandung Lautan Api
Sambut Hari Merdeka, Wisata Sejarah ke 7 Tempat Ini Yuk! | Sumber : Instagram @hungky.ms

Kalau kamu hendak pergi wisata ke Bandung pada saat liburan 17 Agustus kali ini, bisa banget wisata sejarah ke Monumen Bandung Lautan Api! Monumen ini memiliki ketinggian sekitar 45 meter dengan 9 sisi yang di puncaknya berbentuk seperti api yang membara. Monumen ini dibangun khusus untuk memperingati peristiwa Bandung Lautan Api tepatnya 23 Maret 1946. Pada masa itu, Muhammad Toha memimpin sebuah peristiwa pembumihangusan Bandung Selatan. Hal itu dilakukan untuk mencegah tentara Sekutu dan NICA Belanda menggunakan kota Bandung sebagai markas strategis militer. menjadi salah satu monumen kebanggan masyarakat Indonesia dan juga Bandung pada khususnya. Setiap tahunnya pada tanggal 24 Maret, di monumen inilah semua peringatan Bandung Lautan Api dilaksanakan. Yuk berkunjung ke monumen kebanggaan warga Bandung ini sembari merayakan kemerdekaan Indonesia.

  • Monumen Yogya Kembali
Sambut Hari Merdeka, Wisata Sejarah ke 7 Tempat Ini Yuk! | Sumber : Instagram @chills_afz

Nah, monumen bersejarah lainnya ada di Yogyakarta nih! Monumen ini terletak di Jalan Ringroad Utara, Jongkang, Sariharjo, Kecamatan Ngaglik, Kabupaten Sleman, Yogyakarta.Monumen Yogya Kembali ini dibangun untuk memperingati peristiwa sejarah ditariknya tentara Belanda dari ibukota RI Yogyakarta pada tanggal 29 Juni 1949. Peristiwa ini sekaligus menandai bebasnya bangsa Indonesia dari kekuasaan pemerintahan Belanda. So, kalau pergi ke Yogyakarta saat liburan 17 Agustus jangan lupa mampir ke sini ya!