Saklar & Stop Kontak Listrik

0 results found in "In Stock Saklar & Stop Kontak Listrik - SESOO - 131.960 - 137.200"
Show
Sort by
Stock
Semua Kondisi Stok
    Semua Kondisi Stok
    Tersedia di Gudang Online / COD
    Tersedia di Jakarta Pusat
    Tersedia di Jakarta Barat
    Tersedia di Jakarta Utara
    Tersedia di Tangerang
    Tersedia di Cikupa

Jenis Saklar dan Stop Kontak Listrik untuk Rumah

Banyak sekali peralatan-peralatan listrik yang ada di dalam rumah. Beberapa aksesoris listrik yang ada biasanya seperti steker, saklar listrik, stop kontak, fitting, dan masih banyak lagi. Karena banyak jenisnya, tidak sedikit orang yang kadang salah mengira bahkan salah menyebut namanya serta fungsinya.

Salah satu aksesoris listrik yang sering dianggap sama adalah saklar dan stop kontak. Padahal saklar dan stop kontak berbeda. Saklar adalah alat yang sering dianggap sama, padahal keduanya merupakan alat yang berbeda. Secara fungsi, saklar merupakan pemutus-sambungan arus listrik. Fungsi saklar dalam rumah adalah untuk meringankan pekerjaan manusia. Selain itu juga untuk mengurangi resiko sengatan serta korsleting listrik. Saklar terbagi menjadi 2 jenis yaitu saklar manual dan otomatis. Yang dimaksud dengan saklar manual adalah saklar yang dijalankan oleh manusia. Sementara itu, untuk saklar otomatis adalah saklar yang bekerja secara otomatis dengan adanya pancingan-pancingan yang memicu saklar tersebut berfungsi.

Sedangkan stop kontak adalah penyedia arus listrik yang kemudian dialirkan. Alat ini merupakan tempat steker dipasang. Pengaplikasiannya sendiri ada yang dipasang langsung pada tembok, ada pula versi portable yang menggunakan kabel. Sebagian orang juga menamainya dengan sebutan colokan listrik. Biasanya juga dimanfaatkan untuk mengalirkan arus listrik ke perangkat elektronik yang ada di rumah seperti magicom, setrika, televisi, charger, mesin pompa air, dan lain-lain. Jenis yang biasa digunakan adalah stop kontak in bow, out bow, saklar, tunggal dan termina. Beberapa stop kontak saklar on off dari merek terkenal seperti saklar stop kontak broco dan panasonic. 


Cara Instalasi Listrik Saklar dan Stop Kontak yang Benar 

Dalam sebuah rumah tentu banyak yang menggunakan saklar dan stop kontak. Biasanya ada yang terbiasa memasang sendiri dan ada juga yang menggunakan jasa orang lain. Nah,untuk bisa cara pasang stop kontak dan saklar listrik dengan baik dan benar maka kamu perlu mengetahui cara instalasi listrik saklar dan stop kontaknya.

Sebelum instalasi, pastikan sudah siap satu lubang di tembok beserta pipa yang sudah tertanam. Jika ingin yang lebih praktis maka kamu bisa menggunakan perangkat stop kontak saklar tempel. Siapkan pula peralatan yang akan digunakan seperti obeng, kabel, dan tespen. Di bawah ini adalah langkah-langkah cara pasang saklar dan stop kontak broco. 

  • Pastikan instalasi sumber tempat pemasangan instalasi listrik saklar ganda dan stop kontak sudah aman tidak bertegangan. 

  • Kemudian kamu bisa mematikan MCB utama di KWH meter, serta pastikan sudah aman dengan menggunakan tespen. 

  • Pastikan 3 kabel sudah terpasang, 1 kabel untuk fasa utama dan fasa stop kontak , 1 kabel untuk fasa keluar menuju lampu, dan 1 kabel lagi untuk netral.

  • Jika sudah, selanjutnya pasang perangkat keduanya.

  • Hidupkan kembali MCB utama di KWH meter lalu cek kontaknya memakai tespen.  Pastikan salah satu lubangnya bertegangan.

  • Cek apakah saklar berfungsi dengan baik dengan mencoba menghidupkan atau mematikan lampu.

Jika MCB turun maka pemasangan tidak berhasil. Jangan sampai beberapa hari kedepan terdapat wangi karet terbakar dan menyebabkan arus pendek, mengingat alat-alat ini mengalirkan arus listrik yang bisa menjadi sumber petaka atau kebakaran. Setelah mengetahui cara instalasi, maka kamu juga harus tahu cara memperbaiki konsleting listrik agar di rumah bisa diatasi sendiri.

1. Mengganti Bola Lampu

Bola lampu merupakan penyebab utama listrik mengalami korsleting karena ada aliran yang putus atau rusak. Maka kamu harus mengganti bohlam yang baru.

2. Memperbaiki Ulang

Jika korsleting listrik terjadi karena alatnya bermasalah, hal yang perlu kamu lakukan adalah membuka kontaknya dengan obeng listrik atau tespen. Setelah dilepas, pisahkan setiap kabel yang berada dalam stop dan isolasi ujung kabelnya. Selanjutnya ganti yang lama dengan yang baru.

3. Hubungi Ahli Perbaikan Korsleting Listrik

Apabila korsleting bukan berasal dari lampu, terlalu berbahaya apabila diperbaiki orang awam maka sebaiknya kamu menghubungi tenaga ahli untuk mengatasi masalah ini.


Cegah Korsleting Saklar dan Stop Kontak dengan Aman

Mencegah selalu lebih baik daripada bertindak memperbaiki setelah terjadi. Begitu juga dengan masalah yang sering timbul terkait listrik yaitu korsleting. Ada beberapa hal yang bisa diperhatikan dengan baik untuk menghindari yang namanya korsleting pada stop kontak saklar lampu. 

  • Memakai Kabel Standar SNI

Kabel instalasi listrik harus memiliki standar SNI dengan kapasitas yang sesuai.

  • Mengecek Kelayakan Kabel

Lakukan pengecekan pada kabel listrik yang sudah terpasang di rumah sejak lama. Pastikan apakah kabel masih layak digunakan atau tidak.

  • Batasi Beban Listrik

Batasi beban listrik yang terhubung melalui kabel ekstensi. Pemakaian yang melewati beban dapat menimbulkan panas berlebih pada terminal dan kabel listrik.

  • Pakai Paralon untuk Hindari Korsleting Listrik

Disarankan untuk menambahkan paralon pada kabel listrik yang riskan digigit hewan. Hal ini bisa membuat kabel tetap aman dan tidak mudah rusak.

  • Mengganti Komponen MCB

Ganti komponen listrik MCB dengan daya yang sesuai dan memiliki standar SNI.


Beli Saklar dan Stop Kontak Listrik Murah di JakartaNotebook

Bukan hanya furniture rumah yang harus dipilih dengan tepat. Begitu juga untuk alat-alat listrik yang sangat dibutuhkan di rumah kamu. Memiliki berbagai alat penunjang listrik seperti saklar dan stop kontak untuk kebutuhan rumah tentu merupakan hal yang baik. Setelah mengetahui tentang saklar dan stop kontak serta fungsi dan jenisnya. Kamu juga perlu memperhatikan di mana tempat membeli yang terpercaya. Dengan banyaknya tempat belanja online kini pastinya mempermudah kamu dalam memperoleh perlengkapan rumah yang diinginkan tanpa harus menghabiskan waktu belanja langsung ke tempat. JakartaNotebook bisa jadi pilihan belanja online terlengkap dengan harga saklar dan stop kontak yang Sudah Pasti Murahnya. Beberapa aksesoris listrik yang bisa kamu beli adalah adapter konverter travel, travel charger, saklar lampu 86, luxury touch, smart home saklar lampu, dengan usb dan masih banyak yang lainnya. Selain itu menawarkan metode belanja praktis hingga pembayaran yang terpercaya, keamanan belanja jangan ragukan lagi, karena JakartaNotebook selama 20 tahun lebih ini telah melayani pelanggan di seluruh Indonesia dengan baik. Segera pesan produk saklar dan stop kontak baru yang kamu butuhkan hanya dari JakartaNotebook.

livechat icon
Butuh bantuan?
Hubungi Kami
livechat bg
livechat icon
Customer Service
Kami siap melayani Anda
livechat icon
Jam Layanan
Senin - Jumat 09:00 - 20:00
Sabtu - Minggu 09:00 - 15:00
Hari Besar Libur
Hubungi Kami di WhatsApp