Tester Listrik & Multimeter

0 results found in "In Stock Tester Listrik & Multimeter - 723.760 - 899.900"
Show
Sort by
Stock
Semua Kondisi Stok
    Semua Kondisi Stok
    Tersedia di Gudang Online / COD
    Tersedia di Jakarta Pusat
    Tersedia di Jakarta Barat
    Tersedia di Jakarta Utara
    Tersedia di Tangerang
    Tersedia di Cikupa

Mengenal Jenis Tester Listrik dan Multimeter

Tester adalah sebutan untuk sebuah alat yang digunakan untuk menguji sesuatu. Begitu juga dengan tester listrik dan multimeter yang merupakan alat pengukur atau penguji listrik.Alat tester listrik dan multimeter ini digunakan untuk perawatan tenaga listrik hingga peralatan elektroniknya. Tester listrik dan multimeter adalah jenis alat uji kelistrikan yang dipakai untuk menguji tegangan pada sebuah rangkaian listrik salah satunya. Biasanya dipakai untuk mengetahui apakah ada tegangan pada sumber listrik atau peralatan elektronik yang sedang digunakan. Hal ini bertujuan untuk mengetahui arusnya secara lebih mudah. 

Tester listrik dan multimeter sering juga disebut dengan istilah multitester. Multitester adalah alat yang berfungsi untuk mengukur tegangan, arus listrik, serta Ohm resistansi dalam satu unit listrik. Ada dua jenis tester listrik dan multimeter dalam menampilkan hasil pengukurannya yaitu jenis multimeter analog dan juga multitester digital. Perbedaan keduanya terlihat pada tingkat keakuratan serta kemudahan pemakaiannya, dimana sebuah multitester digital lebih mudah dipakai dan lebih akurat dibandingkan tester listrik dan multimeter analog. Hal ini yang akhirnya menyebabkan yang digital lebih banyak digunakan oleh teknisi atau orang yang berkecimpung di dunia elektronika. Jika di cek harga tester juga lebih murah pada multimeter digital.

Karena perkembangan teknologi yang kian canggih, sebuah tester listrik dan multimeter tidak hanya dapat mengukur AVO, tetapi juga mampu mengukur kapasitansi, frekuensi dan induksi dalam satu unit listrik. Secara umum multimeter sebagai alat tester elektronik dapat juga mengukur bermacam-macam jenis listrik seperti pengukuran dioda dan transistor. 


Pentingnya Alat Tester Listrik Ada di Rumah

Kebutuhan elektronik bukan hanya dibutuhkan pada tempat umum atau situasi tertentu. Begitu pula di dalam rumah. Seiring kemajuan teknologi, kebutuhan listrik dalam rumah terus mengalami peningkatan karena banyaknya peralatan rumah bertenaga listrik yang saat ini digunakan. Misalnya seperti peralatan dapur dan kebersihan rumah, alat-alat itu membutuhkan listrik untuk membantu pekerjaan dalam rumah tangga. Masing-masing peralatan rumah tersebut mengubah energi listrik menjadi energi kinetik, cahaya, energi bunyi hingga energi panas. 

Karena peralatan listrik yang digunakan untuk kebutuhan rumah tangga banyak dan besar, maka harus diketahui seberapa efisiennya alat-alat listrik yang kamu gunakan. Selain itu juga untuk mengetahui pemakaiannya optimal atau tidak. Maka dari itu alat seperti tester listrik dan multimeter sangat dibutuhkan untuk menguji kualitas dari listrik yang dipakai di rumah mulai dari tegangannya, arus listrik, hambatan, hingga kualitas dayanya. Sebagaimana yang kita ketahui bila kemampuan pengukuran alat tester listrik dan multimeter ini adalah Voltage AC dan DC satuan pengukuran Volt, Arus Listrik satuan pengukuran Ampere, Resistance satuan pengukuran Ohm, Kapasitansi satuan pengukuran Farad, Frekuensi satuan pengukuran Hertz, Induktansi satuan pengukuran Henry, dan lain-lain. Nah, uji kelistrikan melalui alat-alat inilah yang akhirnya membuat kamu dapat mengetahui apakah kualitas dan daya listrik yang dikonsumsi sudah maksimal atau belum.

Cara Menggunakan Tester Listrik dan Multimeter

Perlu kamu ketahui jika alat tester listrik dan multimeter memiliki banyak fungsi selain mengecek arus listrik, seperti:

  • Mendeteksi ada tidaknya tegangan pada sumber yang sedang diuji.

  • Mempunyai display LCD yang bisa menampilkan data nilai tegangan yang sedang diuji.

  • Menguji tegangan AC atau DC yang tinggi maupun rendah.

Begitu pula penggunaan alat tester listrik dan multitester di rumah. Oleh karenanya tentu penting bagi kita untuk mengetahui cara menggunakan tester listrik dan multimeter secara tepat sehingga tidak membuat pekerjaan berulang atau malah membawa masalah pada listrik. Apalagi, karena ini pekerjaan yang berhubungan dengan energi listrik maka akan berbahaya bagi siapapun juga khususnya orang awam yang belum berpengalaman ketika mengoperasikannya.

Cara menggunakan tester listrik dan multimeter ini sendiri juga berbeda-beda tergantung pada jenis pengukuran yang seperti apa. Berikut ini cara menggunakan alat ini dalam beberapa fungsi: 

Saat kamu akan melakukan pengukuran arus listrik, maka yang pertama harus dilakukan adalah mengatur posisi saklar selektor ke DCA. Lalu  Pilih skala sesuai dengan perkiraan arus yang akan diukur. Nah, jika arusnya 100mA maka putarlah saklar selektor ke 300mA (0.3A). Jika Arus yang diukur melebihi skala yang dipilih, maka sekering dalam alat tester listriknya akan putus. Inilah masalahnya yang membuat kita akhirnya harus menggantinya kembali sebelum memakainya lagi. Setelah itu, kamu bisa memutuskan jalur power supply yang terhubung ke beban. Kemudian menghubungkan probe Multimeter ke terminal Jalur yang telah diputuskan tersebut. Setelah selesai maka kamu bisa langsung membaca hasil pengukuran arus listriknya pada display multitester digital.

Beli Online Tester Listrik dan Multimeter dari JakartaNotebook

Voltmeter dan amperemeter adalah alat pengukur wajib untuk berbagai keperluan teknis pengukuran kuat arus listrik. Voltmeter digital memiliki tampilan volt dan ampere dengan display LED sebagai informasi bagi Anda akan daya barang elektronik yang diukur. Cara menggunakan voltmeter biasanya cukup colokkan pada daya listrik elektronik tersebut maka angka satuan daya akan keluar. Voltmeter juga memiliki banyak fungsi untuk mengukur aki motor seperti voltmeter nmax, kalau aki soak tentu akan mengganggu bagi motor yang menggunakan starter listrik, voltmeter aki adalah solusinya. 

Alat tester listrik saat ini juga telah diproduksi banyak jenisnya dan praktis. Bentuk yang mini bahkan dapat dibawa ke dalam saku celana. Contoh tester listrik dan multimeter yang banyak dipasaran adalah pen tester listrik , fungsinya membantu kamu untuk mengecek aliran listrik tanpa menyentuh kabel sehingga aman digunakan. Cara kerja multimeter adalah dengan menghubungkan probe pada elektronik. Jenis-jenis multimeter adalah multimeter digital dan multimeter analog. Salah satu merk multimeter yang sudah terkenal di pasaran seperti spardio multimeter, multimeter analog sanwa dengan cara kerja multimeter yang baik dan akurat. 

Selain tester listrik, Jakartanotebook juga menyediakan alat pengukur listrik voltmeter, digital pencil tester, pengukur tegangan listrik voltmeter led, voltage indicator tester, terminal block konektor sambungan kabel, mini digital multimeter, kWh meter pengukur biaya listrik rumah, multimeter digital terbaik. Jakartanotebook menyediakan kualitas produk yang baik dengan harga yang jauh terjangkau dari biasanya. Beli Online Tester Listrik & Multimeter cuma di JakartaNotebook yang harganya Sudah Pasti Murahnya!

livechat icon
Butuh bantuan?
Hubungi Kami
livechat bg
livechat icon
Customer Service
Kami siap melayani Anda
livechat icon
Jam Layanan
Senin - Jumat 09:00 - 20:00
Sabtu - Minggu 09:00 - 15:00
Hari Besar Libur
Hubungi Kami di WhatsApp