5 Tips Memilih Catering Pernikahan, Wajib Dilakukan!

Jadi elemen penting di prosesi pernikahan, berikut beberapa tips memilih catering pernikahan ala JakartaNotebook yang bisa kamu ikuti.

5 Tips Memilih Catering Pernikahan, Wajib Dilakukan!
Image Source: Holiak

Begitu mendengar kata pernikahan, apa saja persiapan yang terlintas di benak kamu? Gaun pernikahan, tempat resepsi, dekorasi, undangan, dan pastinya makanan yang disajikan.

Menentukan makanan untuk menjamu setiap tamu undangan seperti keluarga, teman, dan sahabat harus dilakukan jauh hari sebelum hari resepsi. Saking pentingnya hal ini tentu kamu tak bisa melakukannya dengan sembarangan.

Mulai dari hindangan pembuka, utama, hingga penutup semuanya harus ditentukan dengan sempurna untuk menghormati setiap orang yang telah datang di hari istimewa kamu dengan pasangan.

Untuk itu, menjadi hal yang harus bagi kamu dan pasangan mengetahui hal apa saja yang harus diketahui dalam memilih catering pernikahan.

Langkah ini juga berguna untuk membantu kamu menentukan menu catering pernikahan terbaik yang nggak akan mengecewakan para tamu undangan.

Tips Memilih Catering Pernikahan

Memilih Catering Pernikahan
Image Source: mrsiraphol

Buang jauh-jauh pemikiran kalau memilih catering itu susah dan ribet!

Merasa gugup dalam menentukan makanan dan menu yang paling tepat dihidangkan pada hari istimewa kamu dengan pasangan merupakan hal yang wajar.

Perkaya diri dengan informasi dan tips penting yang harus kamu ketahui dalam memilih cateraing pernikahan untuk membantu kamu dengan mudah memilihnya.

Tak usah khawatir karena Jakartanotebook sudah merangkum tips memilih catering pernikahan khusus untuk kamu!

1. Cari Informasi Sebanyak Mungkin

Cari Informasi Sebanyak Mungkin
Image Source: mrsiraphol

Hal pertama dan paling utama yang harus kamu lakukan adalah mencari vendor catering khusus acara pernikahan. Kamu bisa mulai pencarian ini dengan bertanya pada vendor gedung pernikahan atau menghadiri pameran pernikahan.

Catering dari pamerah pernikahan biasanya menawarkan berbagai promo dan sesi food testing sehingga dapat menjadi pilihan terbaik untuk kamu yang ingin mendapat vendor dengan harga terjangkau.

Setelah itu, koleksi semua informasi atau brosur yang kamu dapat, kemudian pisahkan vendor yang memberikan menu yang kamu anggap paling layak dan sesuai dengan tema pernikahan.

Dari sini, kamu dapat mencari tahu lebih lanjut mengenai pelayanan, sistem kerja, dan ulasan serta mereka dari testimoni para klien yanga ada di internet.

2. Saatnya Eksekusi Langsung

Saatnya Eksekusi Langsung
Image Source: tirachardz

Setelah semua informasi kamu kumpulkan dan selami, saatnya eksekusi dengan mengunjungi langsung beberapa vendor catering.

Utamakan para vendor yang mudah dihubungi untuk menghemat waktu. Pada dasarnya, catering pernikahan terbaik adalah mereka yang mudah dijangkau. Hal ini akan memastikan kamu mendapatkan pelayanan responsif dan maksimal.

Kunjungi setiap vendor yang masuk ke dalam list kamu di hari kerja mereka untuk benar-benar memastikan cara kerja, kebersihan, dan kerapihan setiap pekerja yang terlibat di dalamnya.

Pada langkah ini, kamu akan mendapatkan pertimbangan lebih lanjut dan membandingkan beberapa vendor yang telah kamu datangi.

Tips memilih catering pernikahan agar lebih hemat selanjutnya adalah memastikan jasa catering telah bekerja sama dengan vendor gedung atau lokasi pernikahan. Dua vendor yang bekerja sama biasanya menawarkan harga yang lebih murah.

Kamu juga dapat menanyakan langsung soal paket dan kebijakan dari setiap vendor. Setiap vendor terntunyai memiliki paket dan kelebihan masing-masing seperti paket dekorasi lengkap sampai dengan riasan.

3. Lihat Pilihan Menu yang Ditawarkan

Lihat Pilihan Menu yang Ditawarkan
Image Source: mrsiraphol

Setelah datang dan melihat cara kerja vendor yang menarik perhatian kamu, langkah selanjutnya adalah melihat menu apa saja yang mereka tawarkan.

Perhatikan mulai dari menu pembuka, utama, dan penutup. Tanyakan rekomendasi menu yang biasanya disajikan pada mayoritas tamu undangan pelanggan mereka.

Pastikan menu yang ditawarkan familiar dengan budaya kamu dan pasangan. Selain itu, kamu juga dapat menyesuaikan menu makanan dengan tema pernikahan.

4. Lakukan Test Food

Lakukan Test Food
Image source: freepik

Setelah yakin soal kebijakan, penawaran, paket, dan menu yang ditawarkan, saatnya kamu melakukan sesi test food. Sesi ini dilakukan agar kamu semakin yakin dengan kualitas makanan yang ditawarkan sebelum tanda tangan dan membayar.

Dengan pertimbangan waktu pernikahan yang telah ditentukan, kamu bisa langsung membuat janji untuk melakukan test food dari setiap menu dan paket yang kamu inginkan.

Tahap ini juga membantu kamu untuk mengetahui kelayakan menu makanan mulai dari presentasi dan rasa yang ditentukan.

5. Tanyakan Diskon dan Penawaran Lainnya

Tanyakan Diskon dan Penawaran Lainnya
Image Source: tirachardz

Jika semua langkah diatas berjalan lancar dan kamu udah cocok banget dengan vendor, tips memilih catering pernikahan terakhir yang harus dilakukan adalah bertanya tentang diskon atau penawaran lainnya.

Kamu bisa menanyakan diskon secara langsung pada vendor. Namun, jika harga yang kamu dapatkan memang tidak bisa berubah dan sesuai dengan standar mereka, kamu bisa minta untuk menambah porsi yang disajikan.

Selanjutnya adalah membuat kontrak tertulis yang berisi kesepakatan dari kedua pihak dengan sangat jelas, untuk memastikan semuanya berjalan dengan lancar.

Jangan pernah melewatkan langkah ini untuk menghindari berbagai hal yang tidak diinginkan. Isi kontrak ini bisanya berisi kejelasan kerja dari pihak vendor dan juga konsekuensi untuk pelanggaran yang dilakukan.

Perhatikan dengan cermat setiap ketentuan yang tertulis di dalamnya, dan pastikan tidak ada pihak yang dirugikan dalam perjanjian tersebut.

Acara pernikahan di mana janji suci kamu dan pasangan disaksikan oleh kedua pihak keluarga, teman, dan sahabat merupakan momen yang mendebarkan sekaligus mengharukan.

Pastikan kamu memilih setiap kebutuhan pernikahan dengan penuh pertimbangan dan ketelitian agar acara yang dinanti-nanti dapat berjalan lancar.