Apa Penyebab Mesin Cuci Bau dan Bagaimana Mengatasinya?

Apakah kamu pernah mencium bau tidak sedap dari mesin cuci? Jika ya, itu pertanda mesin cuci dalam kondisi kotor dan harus segera dibersihkan.

Apa Penyebab Mesin Cuci Bau dan Bagaimana Mengatasinya?
Image source: Freepik

Mesin cuci adalah salah satu peralatan rumah tangga yang rutin digunakan. Fungsinya yang digunakan sebagai pembersih pakaian ternyata menyimpan kotoran serta serat pakaian di dalamnya. Kotoran yang menumpuk ini akan menimbulkan bau tidak sedap pada mesin cuci.

Jika hal tersebut telah terjadi, kamu harus segera membersihkannya tepat waktu. Mesin cuci yang tidak dibersihkan secara berkala selain meninggalkan bau apek juga dapat merusak mesin, dan pakaian yang kamu cuci menjadi berbau tidak sedap.

Lalu, apa saja penyebab mesin cuci menjadi bau dan bagaimana cara mengatasinya? Berikut ulasannya.

Tabung Mesin Cuci Kotor

Image source: Vecteezy

Melansir dari kompas.com, salah satu penyebab mesin cuci bau adalah menumpuknya kotoran, residu detergen, bakteri, dan jamur. Kotoran serta residu yang menumpuk dapat menyebabkan bau apek pada mesin cuci. Penumpukan serat juga menjadi penyebab lain.

Untuk mengatasi masalah ini, kamu perlu membongkar filter dan membersihkan tabung mesin cuci secara teratur dengan sabun khusus pembersih tabung mesin cuci atau cuka yang diencerkan bersama air. Bersihkan pula filter serat setiap kamu selesai mencuci.

Jangan lupa mengeringkan mesin cuci setelah selesai digunakan agar alat ini tidak lembap. Bebaskan mesin cuci dari kotoran, serat, dan bau tidak sedap dengan mencucinya satu bulan sekali, lalu seka bagian dalam dan luar dengan kain microfiber.

Mencuci Pakaian Terlalu Banyak

Image source: Vecteezy

Kalau kamu tipe orang yang suka mencuci sekaligus atau dalam jumlah banyak, maka kebiasaan tersebut harus diubah. Mencuci pakaian yang melewati batas kapasitas mesin cuci akan menyebabkan mesin cuci tidak bergerak dengan sempurna, sehingga pakaian tidak bersih dan meninggalkan bakteri penyebab bau.

Jaga beban mesin cuci pada tingkat sedang untuk membantu menghilangkan bau tidak sedap dan tetap bersihkan mesin cuci secara rutin.

Memakai Detergen yang Salah dan Berlebih

Image source: Pexels

Pemakaian detergen yang salah sekaligus berlebih akan meninggalkan residu pada kain selama siklus pencucian, dan menyebabkan pakaian menjadi kotor serta menimbulkan bau pada mesin cuci.

Gunakan detergen dengan takaran yang sesuai dan bersihkan dispenser sabun dua minggu sekali untuk memastikan dispenser sabun mesin cuci tidak tersumbat.

Meninggalkan Pakaian Basah di Mesin Cuci

Image source: Freepik

Pakai basah atau handuk basah yang ditaruh di mesin cuci dalam waktu lama akan memunculkan jamur penyebab bau. Sebelum kamu mulai mencuci, pastikan pakaian atau handuk sudah dikeringkan terlebih dahulu.

Segera keluarkan pakaian yang telah selesai dicuci, dan buka pintu mesin cuci selama beberapa menit agar tabung mesin cuci tidak lembap.

Setelah kamu mengetahui apa saja penyebab mesin cuci menjadi bau, kini simak tips membersihkan mesin cuci agar selalu dalam kondisi prima.


Membersihkan dengan Sabun Khusus

Image source: Jakartanotebook
  1. Kosongkan tabung mesin cuci, lalu masukkan sabun pembersih khusus mesin cuci dan atur mesin ke siklus pencucian tabung dengan kapasitas air maksimum.
  2. Operasikan mesin cuci selama 10 hingga 15 menit. Saat proses ini, biasanya air di dalam tabung akan menjadi keruh. Matikan mesin cuci, lalu diamkan selama 2 hingga 3 jam.
  3. Buang air kotor tersebut, kemudian operasikan program cuci → bilas → kering untuk menghilangkan sisa kotoran.

Membersihkan dengan Soda Kue dan Cuka

Image source: Freepik
  1. Masukkan cairan pembersih yang terdiri atas ¼ cup soda kue, ¼ cup air bersih, dan 2 cup cuka putih yang telah dicampur ke dalam tabung mesin.
  2. Nyalakan mesin cuci yang telah diisi dengan air hangat dan pilih program pencucian biasa untuk mulai mencuci mesin cuci.
  3. Biarkan program pencucian selesai, lalu bilas tabung dengan air bersih.
  4. Setelah proses selesai, buka pintu mesin cuci hingga tabung mengering secara alami.

Tidak sulit membersihkan mesin cuci bukan? Lakukan pembersihan mesin cuci secara berkala, jangan tunggu hingga mesin menghasilkan bau tidak sedap, ya.

📌
Cari perlengkapan untuk mesin cuci lainnya di Sini!