Perbedaan Humidifier, Dehumidifier, dan Air Purifier

Meski terlihat sama, perbedaan humidifier, dehumidifier, dan air purifier ternyata sangat signifikan. Simak penjelasan lengkapnya di sini!

Perbedaan Humidifier, Dehumidifier, dan Air Purifier
Image Source: Freepik/DCStudio

Di tengah perubahan cuaca yang tidak menentu serta kondisi udara yang penuh dengan polusi, istilah humidifier, dehumidifier, dan air purifier jadi semakin semakin populer. Meskipun ketiganya memiliki tujuan yang sama, yaitu untuk mencapai kualitas udara terbaik secara optimal dalam suatu ruangan.

Namun, jika kamu menganggap bahwa ketiga alat di atas memiliki fungsi yang sama, maka bisa jadi kamu salah besar.

Pasalnya ketiga alat ini punya fungsi yang sangat berbeda, yakni untuk menambah kelembaban udara, mengurangi kelembapan udara, dan membersihkan udara. Apa kamu bisa menebak mana saja fungsi dari masing-masing ketiga alat tersebut?

JakartaNotebook membuat rangkuman khusus untuk kamu mengenai masing-masing perbedaan humidifier, dehumidifier, dan air purifier sehingga kamu tak salah pilih dan dapat menggunakannya sesuai dengan kebutuhan.

Perbedaan Humidifier, Dehumidifier, dan Air Purifier

Perbedaan Humidifier, Dehumidifier, dan Air Purifier
Image Source: Freepik/Freepik

Humidifier, dehumidifier, dan air purifier adalah alat yang digunakan untuk mengolah kualitas udara di dalam ruangan dan meringankan gejala pernapasan, gatal, bersin, atau bahkan timbulnya jamur di sekitar rumah yang membuat kamu tidak nyaman, tetapi ketiga alat tersebut memiliki fungsi yang berbeda.

Berikut rangkuman yang telah JakartaNotebook buat mengenai perbedaan dari masing-masing alat yang memiliki segudang manfaat ini.

1. Humidifier

Humidifier
Image Source: Freepik/Freepik
Deerma UV Air Humidifier Aromatherapy Touch Version 5L - DEM-F628S - White - JakartaNotebook.com
Deerma UV Air Humidifier Aromatherapy Touch Version 5L - DEM-F628S termurah. Dapatkan dengan mudah Deerma UV Air Humidifier Aromatherapy Touch Version 5L - DEM-F628S murah, garansi, dan bisa cicilan - Hanya di JakartaNotebook.com.

Humidifier memiliki fungsi untuk menambah kelembapan udara di ruangan kamu.

Humidifier bekerja dengan melepaskan uap air ke udara untuk dapat membantu meningkatkan kelembapan ruangan. Humidifier sendiri berguna pada ruangan yang dingin, terutama ketika musim panas di mana suhu ruangan menjadi sangat dingin dan dapat membuat udara terlalu kering.

Kamu pasti bertanya-tanya kenapa sih kelembapan udara di suatu ruangan sangat penting? Hal ini karena udara yang terlalu kering dapat menyebabkan penguapan air pada tubuh, contohnya pada permukaan kulit yang dapat membuat kulit terasa kering, gatal, dan pecah-pecah, bahkan masalah kesehatan seperti pernapasan.

Beberapa produk humidifier bahkan mendukung penggunaan essential oil untuk membuat ruangan menjadi lebih segar, sekaligus dapat menghasilkan wewangian kesukaan yang dapat membuat kamu bekerja dan beraktivitas dengan rileks.

2. Dehumidifier

Dehumidifier
Image Source: Freepik/Freepik
Deleaboa Dehumidifier Mini Moisture Proof Silent - H2105 - Black - JakartaNotebook.com
Deleaboa Dehumidifier Mini Moisture Proof Silent - H2105 termurah. Dapatkan dengan mudah Deleaboa Dehumidifier Mini Moisture Proof Silent - H2105 murah, garansi, dan bisa cicilan - Hanya di JakartaNotebook.com.

Berbeda dengan humidifier yang digunakan untuk menambah kelembapan udara, dehumidifier berkerja dengan cara sebaliknya, yaitu memiliki fungsi untuk mengurangi kelembapan udara di ruangan kamu.

Mengatur kelembapan udara ke tingkat yang sesuai tentu menjadi hal penting yang dapat kamu lakukan untuk menjaga kesehatan.

Ruangan yang terlalu lembap akan memicu tumbuhnya jamur dan lumut yang dapat menyebabkan kerusakan oleh kelembapan berlebih seperti karat, serta menghilangkan bau yang tidak diinginkan. Dehumidifier sangat cocok digunakan di negara tropis seperti Indonesia yang umumnya memiliki tingkat kelembapan udara yang cukup lembap.

Cara kerja dehumidifier adalah dengan menarik air yang ada di udara. Dengan begitu, kualitas udara di ruangan kamu akan tetap terjaga sehingga tak terlalu lembap. Airnya akan disimpan ke wadah dehumidifier sudah tersedia yang dapat kamu buang jika sudah penuh agar alat ini tetap bekerja secara optimal.

3. Air Purifier

Air Purifier
Image Source: Freepik/Freepik
YANKE Air Purifier Inteligent HEPA Filter Negative Ion - TC-003 - White - JakartaNotebook.com
YANKE Air Purifier Inteligent HEPA Filter Negative Ion - TC-003 termurah. Dapatkan dengan mudah YANKE Air Purifier Inteligent HEPA Filter Negative Ion - TC-003 murah, garansi, dan bisa cicilan - Hanya di JakartaNotebook.com.

Masih memiliki fungsi yang hampir sama, air purifier berfungsi untuk menjernihkan dan mensterilkan udara dengan menghilangkan partikel-partikel berbahaya dan zat kimia di ruangan kamu sehingga lebih bersih dan aman untuk dihirup.

Menjadi alat yang wajib dimiliki, terutama bagi kamu yang tinggal di wilayah perkotaan. Hal ini karena sering kali polutan yang ada di luar ruangan ikut masuk dan mengotori rumah, loh!

Air purifier memiliki filter yang berfungsi untuk menyaring debu dan partikel udara di dalam ruangan sehingga kualitas udara tetap optimal, dan memiliki teknologi yang dapat menghilangkan debu, serbuk sari, bakteri, virus, polusi udara, asap, dan bau tidak diinginkan. Beberapa produk air purifier bahkan mampu untuk menghilangkan bau tak sedap yang ada di dalam ruangan.

Dilihat dari perbedaan humidifier, dehumidifier dan air purifier di atas, kini kamu bisa memilih sesuai dengan kebutuhan ruangan kamu. JakartaNotebook punya bayak jenis rekomendasi humidifier, dehumidifier dan air purifier berbagai bentuk dan ukuran dengan harga terbaik dan promo menarik!