7 Manfaat Merawat Tanaman di Rumah

Selain membuat rumah lebih estetik, merawat tanaman punya banyak manfaat yang baik untuk kesehatan dan lingkungan.

7 Manfaat Merawat Tanaman di Rumah
Image Source: freepik.com

Pemanasan global merupakan isu yang telah lama dikampanyekan. Hal ini disebabkan penebangan hutan berlebih mengakibatkan naiknya suhu bumi. Untuk membuat lingkungan tempat tinggal lebih sejuk Anda bisa merawat tanaman.

Memang terkesan sulit, terlebih lagi jika Anda hidup di kota yang memiliki lahan terbatas. Namun, nyatanya banyak orang dari kota-kota besar justru menjadikan merawat tanaman sebagai hobi untuk merilekskan pikiran, lho!

Manfaat Merawat Tanaman untuk Kesehatan & Lingkungan

Sejak pandemi Covid-19, merawat tanaman jadi salah stu kegiatan favorit banyak oran. Tahukah Anda, ternyata tumbuhan punya berbagai manfaat untuk kesehatan dan lingkungan? Berikut beberapa manfaat merawat tanaman di rumah.

1. Membersihkan Udara

Membersihkan Udara
Image Source: Pexels

Tanaman memang sudah lama dikenal sebagai penghasil oksigen alami. Setiap tumbuhan berwana hijau punya senyawa bernama klorofil yang dapat membantu membersihkan udara dengan menyerap polutan dan memrosesnya menjadi oksigen.

Pada beberapa tanaman proses ini bahkan bisa membantu menghilangkan bau tidak sedap dan melembapkan udara.

2. Meningkatkan Suasana Hati

Meningkatkan Suasana Hati
Image Source: Pexels

Menjaga tanaman di rumah dapat memberikan perasaan yang positif dan menenangkan.

Dalam psikologi, warna hijau pada tanaman melambangkan kesegaran dan ketenangan. Berada di rumah yang dikelilingi tanaman tentu dapat membantu mengurangi stres, kecemasan dan depresi serta meningkatkan mood dan konsentrasi.

3. Menambah Keindahan Rumah

Menambah Keindahan Rumah
Image Source: Pexels

Tanaman dapat menambah nilai estetika dan keindahan alami ke dalam rumah. Tanaman yang dipilih dengan baik dapat menambahkan warna, tekstur dan bentuk menarik untuk menciptakan sentuhan cantik pada suatu ruangan.

4. Menjaga Kesehatan Mental

Menjaga Kesehatan Mental
Image Source: Pexels

Manfaat inilah yang membuat banyaknya Gen-Z mulai merawat tanaman.

Saat berkutat dengan tanaman, kita bisa sejenak melupakan berbagai hal yang ada. Pikiran kita diharuskan untuk fokus hanya untuk merawat tanaman, karena sedikit kesalahan bisa membuat tanaman layu bahkan mati karena jamur atau kutu.

Kesempatan merilekskan pikiran yang mudah inilah yang membuat aktivitas ini efektif unutk menjaga kesehatan mental.

5. Memperbaiki Kualitas Hidup

Memperbaiki Kualitas Hidup
Iamge Source: Pexels

Saat merawat tanaman atau berkebun, Anda diharuskan untuk rutin menyiram dan memberi pupuk. Beberapa tanaman juga memerlukan perawatan ekstra seperti tidak boleh terkena sinar matahari langsung.

Walau prosesnya terbilang sulit, melihat tanaman yang sehat dan tumbuh dengan baik dapat memberikan rasa bangga pada pemiliknya. Tidak sedikit juga orang yang merasa kualitas hidupnya membaik setelah menghabiskan waktu mengurus tanaman favorit.

6. Meningkatkan Kesehatan Fisik

Meningkatkan Kesehatan Fisik
Image Source: Pexels

Beberapa tanaman seperti tanaman herbal dapat digunakan sebagai bahan baku untuk memasak dan bahan obat-obatan alami. Selain itu, merawat tanaman di rumah dapat memberikan aktivitas fisik yang bermanfaat dan membantu meningkatkan kesehatan fisik.

Nah, jika tertarik untuk mulai merawat tanaman, ada baiknya Anda mulai menyiapkan berbagai alat berkebun dengan kualitas terbaik seperti yang ditawarkan JakartaNotebook berikut:

TOVIA Botol Semprotan Tanaman Elektrik Spray Rechargeable 2000 ml - TV2000 - Blue - JakartaNotebook.com
TOVIA Botol Semprotan Tanaman Elektrik Spray Rechargeable 2000 ml - TV2000 termurah. Dapatkan dengan mudah TOVIA Botol Semprotan Tanaman Elektrik Spray Rechargeable 2000 ml - TV2000 murah, garansi, dan bisa cicilan - Hanya di JakartaNotebook.com.
HomeStyle Rak Tanaman Plant Shelves with Hanging Rod 3 Tier 100 cm - G396 - Wooden - JakartaNotebook.com
HomeStyle Rak Tanaman Plant Shelves with Hanging Rod 3 Tier 100 cm - G396 termurah. Dapatkan dengan mudah HomeStyle Rak Tanaman Plant Shelves with Hanging Rod 3 Tier 100 cm - G396 murah, garansi, dan bisa cicilan - Hanya di JakartaNotebook.com.
Embelish Jaring Nilon Tanaman Rambat Plants Climbing Net 180x180cm - E89LS - Green - JakartaNotebook.com
Embelish Jaring Nilon Tanaman Rambat Plants Climbing Net 180x180cm - E89LS termurah. Dapatkan dengan mudah Embelish Jaring Nilon Tanaman Rambat Plants Climbing Net 180x180cm - E89LS murah, garansi, dan bisa cicilan - Hanya di JakartaNotebook.com.
ZITONG Tiang Tanaman Plant Support Arrangement Pile Stand Rod Size L 4 PCS - GL9 - Green - JakartaNotebook.com
ZITONG Tiang Tanaman Plant Support Arrangement Pile Stand Rod Size L 4 PCS - GL9 termurah. Dapatkan dengan mudah ZITONG Tiang Tanaman Plant Support Arrangement Pile Stand Rod Size L 4 PCS - GL9 murah, garansi, dan bisa cicilan - Hanya di JakartaNotebook.com.
Pot Tanaman Besar Minimalis Jumbo Fabric Breathable 50 Gallons - DFT24 - Black - JakartaNotebook.com
Pot Tanaman Besar Minimalis Jumbo Fabric Breathable 50 Gallons - DFT24 termurah. Dapatkan dengan mudah Pot Tanaman Besar Minimalis Jumbo Fabric Breathable 50 Gallons - DFT24 murah, garansi, dan bisa cicilan - Hanya di JakartaNotebook.com.

***
Merawat tanaman di rumah memiliki banyak manfaat yang positif serta dapat memberikan keuntungan bagi kesehatan dan lingkungan.

Agar tanaman bertahan lama, Anda bisa memilih jenis tanaman yang cocok untuk pemula. Selain itu, pastikan melakukan berbagai perawatan dengan telaten. Jangan sampai Anda lupa kelewatan untuk menyiram atau memberi pupuk, ya!