Cara Murah, Mudah, dan Ampuh Hilangkan Baret Mobil

Tidak perlu ke bengkel, memoles badan mobil yang baret kini bisa kamu lakukan sendiri di rumah dengan bahan yang murah dan mudah didapat.

Cara Murah, Mudah, dan Ampuh Hilangkan Baret Mobil
Image source: inter-p.jp

Saat mobil tidak sengaja membentur atau menabrak sesuatu akibat kesalahan berkendara, pasti kamu akan menemukan goresan atau yang sering disebut dengan baret. Kerusakan ini tentu memengaruhi tampilan dan membuat mobil terlihat kurang bagus.

Kalau sudah begini, pergi ke bengkel menjadi opsi tercepat untuk menghilangkan baret dan membuat bodi mobil kembali mulus dengan metode coating. Namun, memoles bodi mobil tidaklah murah, terlebih jika cat mobil tersebut berwarna putih.

Cara Menghilangkan Baret Mobil

Tak perlu panik atau pusing apabila hal ini menimpa mobil kesayangan milik kamu. Faktanya, baret pada mobil bisa dihilangkan sendiri di rumah dengan mudah dan murah. Penasaran? Simak beberapa cacra menghilangkan baret mobil ala JakartaNotebook berikut!

1. Menggunakan Kompon Penghilang Baret Mobil

Gunakan kompon
Image source: wuling.id

Kompon bisa jadi cara menghilangkan baret mobil yang dalam tanpa perlu pergi ke bengkel. Kompon atau compoundmerupakan krim berbahan kimia yang terbukti ampuh mengikis baret sampai goresan tidak terlihat atau tersamar.

Cara penggunaannya cukup mudah, kamu hanya perlu menyiapkan kain lembut, alat poles, air, dan kompon poles. Pertama-tama, bersihkan bodi mobil terutama bagian yang terkena goresan dengan air, lalu lap dengan kain kering.

Mulai poles bagian yang tergores dengan kompon dengan cepat, ringan, dan gerakkan satu arah agar hasilnya merata. Lakukan berulang kali hingga baret tampak samar bahkan tidak terlihat. Setelah itu, bilas kembali bodi mobil menggunakan air dan kemudian keringkan menggunakan lap.

Sebelum menggunakan bahan kimia ini, perhatikan jenis kompon yang kamu gunakan. Umumnya terdapat 2 komponen yang dijual di pasaran, yaitu kompon coklat dan kompon putih. Gunakan kompon putih agar cocok dengan cat bodi mobil kamu.

Harap dicatat! Jangan gunakan kompon terlalu banyak, karena bahan ini memiliki daya kikis yang kuat. Penggunaan berlebih justru bisa merusak cat mobil.

OTOHEROES Body Compound Wax Paint Scratch Auto Care Polish - YYC-508 - White - JakartaNotebook.com
OTOHEROES Body Compound Wax Paint Scratch Auto Care Polish - YYC-508 termurah. Dapatkan dengan mudah OTOHEROES Body Compound Wax Paint Scratch Auto Care Polish - YYC-508 murah, garansi, dan bisa cicilan - Hanya di JakartaNotebook.com.

2. Hilangkan dengan Obat Nyamuk Cair

Tidak hanya berguna untuk menghindarkan kulit dari gigitan nyamuk, obat nyamuk cair ternyata juga bisa kamu gunakan untuk menghilangkan baret pada bodi mobil, lho!

Kamu hanya perlu menuangkan obat nyamuk cair pada lap atau kanebo kering, lalu usap ke bagian yang baret secara perlahan dengan gerakkan memutar hingga merata. Tunggu selama 15-20 detik, kemudian bilas dengan air dan keringkan dengan kain lap kering.

3. Menggunakan Minyak Rem

Siapkan peralatan pendukung seperti, kanebo kering yang bersih untuk menghilangkan baret di bodi mobil dan minyak rem. Langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah menuang minyak rem ke kanebo kering. Pastikan kamu tidak menuang minyak rem terlalu banyak.

Mulai oles minyak rem ke bagian mobil yang baret secara merata. Hindari memoles bagian mobil yang bersih dan jangan menuang minyak rem langsung ke bodi mobil yang baret.

Setelah baret pada mobil hilang atau memudar, bersihkan bagian tersebut dengan air dan kain kering yang bersih.

4. Menggunakan Pasta Gigi

Pasta gigi
Image source: Freepik

Salah satu bahan yang pastinya sangat mudah kamu temukan di rumah adalah pasta gigi. Siapa sangka ternyata produk perawatan mulut dan gigi ini ternyata juga bisa digunakan untuk menghilangkan baret pada mobil putih?

Sebelum mulai memoles, pastikan mobil dalam kondisi bersih dan area baret telah dikeringkan. Tuangkan pasta gigi secukupnya (sesuai dengan besar goresan atau baret) ke kain lembut yang telah diberi sedikit air bersih.

Gosok ke bagian bodi mobil yang baret secara lembut dengan pola melingkar hingga merata. Diamkan selama beberapa menit, lalu bersihkan dan keringkan dengan kain kering.

Penggunaan pasta gigi untuk menghilangkan baret memang kurang efektif jika tidak dipadukan dengan bahan jenis lainnya. Namun, cara ini bisa kamu gunakan untuk mengatasi baret atau goresan yang tidak parah.

5. Hilangkan dengan Wax

Jika goresan yang muncul pada mobil adalah goresan halus, maka wax bisa menjadi pilihan yang tepat untukmu. Terdapat dua jenis wax, yaitu padat dan cair. Wax cair yang bersifat abrasif dapat membuat goresan terlihat lebih samar.

Berhati-hatilah saat menggunakan wax cair, jangan menggosoknya terlalu keras agar tidak menimbulkan baret yang semakin besar. Wax padat lebih aman digunakan, tetapi jenis ini tidak memiliki kandungan bahan abrasif.

CSSR Wax Paint Car Scratch Swirl Remover Repair Auto Care Polish 15ml - CR15 - Blue - JakartaNotebook.com
CSSR Wax Paint Car Scratch Swirl Remover Repair Auto Care Polish 15ml - CR15 termurah. Dapatkan dengan mudah CSSR Wax Paint Car Scratch Swirl Remover Repair Auto Care Polish 15ml - CR15 murah, garansi, dan bisa cicilan - Hanya di JakartaNotebook.com.

6. Mengecat Ulang

Mengecat ulang
Image source: Freepik

Untuk menghilangkan baret mobil yang dalam, mengecat ulang bodi mobil merupakan salah satu cara yang bisa diterapkan. Pengecatan mobil bisa kamu lakukan di bengkel atau sendiri di rumah.

Namun, jika melakukannya sendiri di rumah, kamu perlu melakukannya secara hati-hati karena hal ini bukanlah sesuatu yang mudah. Sebelum mulai mengecat, amplas bagian yang baret kemudian mulai proses pengecatan menggunakan cat yang telah dicampur dengan tiner.

Tidak semua mobil bisa kembali seperti semula setelah dicat ulang. Pastikan kamu tahu apakah mobil milikmu dapat dicat ulang atau tidak, karena proses ini cukup menguras kantong.

Vehemo Amplas Body Mobil Fix Clear Scratch Polish Cloth 20x10 cm - 056 - Gray - JakartaNotebook.com
Vehemo Amplas Body Mobil Fix Clear Scratch Polish Cloth 20x10 cm - 056 termurah. Dapatkan dengan mudah Vehemo Amplas Body Mobil Fix Clear Scratch Polish Cloth 20x10 cm - 056 murah, garansi, dan bisa cicilan - Hanya di JakartaNotebook.com.

Beberapa cara di atas bisa kamu lakukan untuk mengatasi baret pada mobil tanpa perlu ke bengkel. Kembalikan tampilan mobil seperti semula dan temukan peralatannya di Jakartanotebook.