Lakukan Beberapa Hal Ini Agar Anda Kuat Jalani Puasa Setiap Hari

Ingi kuat menjalani puasa hingga waktu magrib? Simak tips di bawah ini ya!

Lakukan Beberapa Hal Ini Agar Anda Kuat Jalani Puasa Setiap Hari
Source Image: Unsplash

Menahan lapar dan dahaga sepanjang hari di bulan puasa bukanlah hal yang mudah. Terlebih Anda tinggal di negara tropis seperti Indonesia dengan cuaca yang sangat panas. Untuk mengatasi hal tersebut, terdapat beberapa cara yang dapat Anda lakukan agar tetap kuat puasa sepanjang hari. Dijamin tidak membuat Anda lemas meskipun menjalani aktivitas kerja seperti biasa. Lantas, bagaimana caranya? Simak penjelasan di bawah ini!

1. Kurangi Mengkonsumsi Kopi Saat Sahur

Source Image: Unsplash

Memang benar bahwa kafein dalam kopi dapat membuat tubuh Anda lebih segar. Namun, dibalik kesegaran yang dirasakan, kafein dapat membuat Anda cepat mengalami dehidrasi.

Kopi memiliki sifat diuretik yang dapat dengan mudah mengeluarkan cairan dari tubuh sehingga dapat menyebabkan dehidrasi. Maka dari itu hindari minum kopi selepas makan berat saat sahur. Karena efek kafeinnya dapat membuat Anda haus sepanjang hari.

2. Kurangi Makan Gorengan dan yang Kurang Sehat

Source Image: Unsplash

Kebiasaan Anda memakan gorengan ternyata dapat berimbas pada badan yang lemas saat puasa. Dilansir dari Health Xchange, agar kuat menjalanai puasa sepanjang hari hindari makanan yang terlalu manis, mengandung banyak garam dan gorengan. Tipikal makanan tersebut dapat membuat badan Anda cepat lelah serta haus, meskipun sudah minum air mineral yang cukup saat sahur.

3. Lengkapi Nutrisi yang Cukup Ketika Sahur

Source Image: Unsplash

Rasa lapar yang datang ketika berpuasa bisa jadi bukan karena Anda kurang kenyang saat santap sahur, melainkan kurang asupan nutrisi dari sayur. Jika Anda mengonsumsi sayur saat sahur maka dijamin tubuh akan jauh lebih kuat karena mendapatkan nutrisi yang cukup. Jika kekurangan nutrisi maka Anda akan merasa lemas dan letih, terutama saat beraktivitas. Dilansir dari pergikuliner, makan sayur saat sahur dapat membuat Anda dapat kenyang lebih lama.

4. Minum Air Mineral yang Cukup

Source Image: Unsplash

Agar Anda dapat terhidrasi dengan baik saat berpuasa maka Anda harus banyak minum air terutama saat sahur. Agar tidak merasakan haus selama beraktivitas di siang hari. Dilansir dari Tasty, untuk memenuhi kebutuhan cairain agar Anda kuat saat berpuasa adalah dengan minum air sebanyak 500 ml. Untuk mudah menakarnya, Anda dapat menggunakan botol minum yang memiliki kapasitas berukuran sama.

5. Jangan Lupa Berolahraga

Source Image: Unsplash

Meskipun berpuasa, Anda tetap harus berolahraga untuk menjaga tubuh agar tetap sehat. Untuk menyesuaikan badan, Anda dapat mengurangi intensitas olahraga saat di bulan puasa dengan melakukan kegiatan olahraga yang lebih ringan. Bagi Anda yang sedang bertujuan mengurangi berat badan, olahraga di bulan puasa adalah cara yang efektif.

***

Itulah beberapa tips yang bisa Anda lakukan agar kuat puasa sepanjang hari. Pastikan Anda melakukan beberapa tips di atas agar puasa sebulan penuh tidak menjadi sebuah beban. Selain itu, tetap menjaga pola tidur di saat bulan puasa, jangan sampai waktu sahur membuat istirahat Anda berantakan. Tetap semangat menjalani puasa ya!