Mau Punya Powerbank yang Awet? Terapkan Tips ini!

Mau Punya Powerbank yang Awet? Terapkan Tips ini!

Powerbank merupakan salah satu perangkat yang paling dibutuhkan saat ini, tidak lain dan tidak bukan karena kita ingin gadget atau smartphone kita selalu terisi daya penuh. Apalagi ketika kita hendak travelling atau stay di luar rumah dalam beberapa waktu tertentu.

Namun, tak jarang dari kita gonta-ganti Powerbank karena tidak ada yang awet dipakai.

Kenapa sih?

Jangan-jangan kamu salah merawat Powerbank selama ini?

Simak tips singkat ini dan segera terapkan deh kalau kamu ga mau terus-terusan menghabiskan uang untuk gonta-ganti Powerbank!

foto : ilustrasi
  1. Pandai Memilih Powerbank

Power bank murah memang banyak beredar saat ini di pasaran. Dari kapasitas mulai dari 2.500 mAh hingga 50.000 mAh yang besarnya berlebihan. Meskipun sangat menggoda untuk membeli power bank jenis ini, satu kekhawatiran utamanya adalah kualitas. So, jangan sepelekan kualitas ya!

2. Jangan sering diisi ulang

Sebagai penampung daya cadangan untuk mengisi ulang baterai di kala darurat, power bank harus diisi ulang agar bisa digunakan. Sama seperti baterai smartphone, power bank juga menggunakan jenis baterai yang bisa diisi ulang, yakni Li-Ion (Lithium-Ion) atau Li-Po (Lithium-Polimer) yang bisa dilihat di permukaan power bank. Kedua jenis baterai ini memiliki siklus daya tahan yang berbeda.

3. Jangan sampai overcharging

Ini nih hal yang paling sering dilakukan semua orang sama gadgetnya. Mau itu smartphone, power bank atau laptop, pasti sering dibiarkan over charging. Padahal untuk perangkat yang tidak memiliki sertifikat over charging protection, hal ini akan membuat baterainya cepat rusak.

Selalu perhatikan LED indikator yang ditampilkan. Jika kamu suka charge power bank saat ditinggal tidur, sebaiknya beli adapter listrik yang dilengkapi timer untuk menghindari over charging.

4. Jangan gunakan ketika sedang di charge

Ketika smartphone sedang diisi oleh power bank, smartphone jangan dimainkan. Hindari menjawab panggilan dari ponsel ketika sedang di-charge. Selain tindakan itu dapat membahayakan kesehatan, tindakan itu juga dapat menyebabkan kerusakan pada kedua perangkat.

5. Hindari tempat yang bersuhu panas

Saat sedang digunakan atau saat sedang diisi ulang, hindari tempat panas untuk menyimpannya. Kenapa? Karena permukaan power bank sendiri akan mengeluarkan panas saat sedang digunakan. Jika disimpan di tempat panas juga, akan membuat tidak adanya sirkulasi udara yang membuat power bank jadi menyimpan panas berlebih. Dampaknya permukaan power bank jadi cepat kusam.

6. Jangan sampai terbentur atau terjatuh

Power bank tidak dirancang untuk tahan benturan, meskipun bodynya telah di desain sedemikian rupa dengan bahan metal. Komponen seperti baterai dan permukaan output power bank bisa kendor jika sering terbentur, sehingga menjadi tidak bisa digunakan lagi.

7. Sering bersihkan Powerbank

Cara membersihkan power bank agar tidak merusak komponen di dalamnya adalah dengan menggunakan busa. Gunakan busa yang dihasilkan dari cairan pencuci piring (merk apapun), lalu usapkan dengan spon atau sikat gigi. Hindari busa merembes ke bagian output ya!

Untuk itu, jangan lakukan lagi beberapa hal di atas ya untuk menghindari pemakaian Powerbank yang tidak awet ya!

Yuk buruan ikut dalam event Promo Super Powernya JakartaNotebook untuk mendaptakan Powerbank berkualitas dengan harga terjangkau sekarang juga! Waktu terbatas, hanya sampai tanggal 24 September 2019 ini loh!

Cek di sini!