Pahami Dasar-Dasar Iklan agar Bisnismu Makin Cuan

Iklan yang cerdas membuat produk yang kamu tawarkan tetap relevan dan mudah diingat oleh masyarakat. Yuk, simak dasar-dasar iklannya di sini!

Pahami Dasar-Dasar Iklan agar Bisnismu Makin Cuan
Image Source: Freepik

Advertisement atau iklan merupakan elemen penting agar kamu bisa memaksimalkan keuntungan dan meminimalisir kerugian. Dengan ide yang kreatif, produk atau jasa yang kamu tawarkan dapat menarik minat masyarakat dan lebih stand out dibandingkan dengan kompetitor. Lantas apa sajakah dasar-dasar iklan yang harus kamu ketahui?

Menentukan Spot yang Tepat

Image Source: Freepik

Sebelum kamu menentukan eksekusi iklan, ada baiknya untuk menentukan tempat terlebih dahulu. Spot seperti perempatan, area kantor, perumahan penduduk, bahkan tempat nongkrong dan pusat keramaian bisa menjadi contoh yang pas untuk tempat beriklan.

Pastikan juga produk atau jasa yang kamu tawarkan memiliki demografi pengguna yang cocok dengan spot yang sudah kamu tentukan. Sebagai contoh, jika kamu menjual kursi kantor, maka area perkantoran atau di jalan yang penuh saat jam pulang kantor bisa menjadi spot yang cocok.

Selain spot, kamu juga harus menentukan media yang tepat untuk memasarkan produk atau jasa yang ingin kamu tawarkan. Contohnya, jika poduk yang kamu tawarkan adalah keyboard minimalist, maka kamu bisa menggunakan media video dan menampilkannya di videotron yang sudah ditentukan letaknya.

Gunakan Slogan atau Copy yang Menarik

Image Source: Freepik

Pemilihan kata dalam script maupun kalimat yang akan ditampilkan di media iklanmu akan sangat berpengaruh terhadap siapa pun yang membacanya. Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan, seperti melakukan pengulangan kata, membuat rima kata, hingga menciptakan efek bombastis yang membuat siapapun akan menengok ke media iklan yang kamu buat.

Perhatikan kembali target pasar yang ingin kamu raih. Gunakan pemilihan kata yang sesuai agar produk atau jasa yang kamu tawarkan memiliki kedekatan atau relevansi dengan target yang ingin kamu tuju. Jangan sampai kata-kata yang kamu buat menimbulkan misleading dan merusak citra produkmu.

Desain Atraktif dan Detail

Image Source: Freepik

Desain iklan, baik itu dari segi gambar, animasi, maupun video menjadi kunci utama agar masyarakat luas bisa mengingat dan mengenal produk yang kamu tawarkan. Pada dasarnya, manusia menyukai visual sehingga kamu harus menyiasati kombinasi warna, bentuk font, hingga penempatan kata dengan tepat.

Mengikuti tren terkini bisa menjadi pilihan yang efektif dan efisien, karena kamu akan bergabung dengan arus. Dengan begitu, produk atau jasa yang kamu tawarkan akan lebih relevan untuk jangka waktu yang singkat. Namun perlu diingat, kamu harus menciptakan branding atau karakteristik yang kuat agar produk yang kamu tawarkan jauh lebih menarik ketimbang tren yang sedang terjadi.

Rayu dengan Angka

Image Source: Pngtree

Klasik dan efektif, kata-kata seperti “Potongan Harga Hingga 50%” atau “Beli 2 Gratis 1” bisa menjadi pilihan kata yang tepat agar masyarakat luas melirik dan mempertimbangkan produk yang kamu tawarkan. Kalimat promosional seperti ini biasanya berfungsi untuk menarik konsumen baru, serta menjaga loyalitas konsumen lama.

Kunci untuk menentukan angka yang tepat adalah riset, riset, dan riset. Cari tahu apa yang kompetitormu lakukan, serta tren apa yang sedang terjadi di sekitar target pasarmu. Bagaimana kebiasaan konsumen yang sudah menggunakan produkmu untuk waktu yang lama. Hal-hal tersebut merupakan sedikit variable yang bisa mempengaruhi sukses tidaknya promo yang kamu lakukan.

Gaet Artis dan Influencer untuk Promosi

Image Source: Freepik

Cara instan yang bisa kamu lakukan untuk memasarkan produk adalah bekerja sama dengan influencer, artis, ataupun tokoh terkenal lainnya. Pada dasarnya, influencer sudah memiliki platform sendiri dengan pengikut yang banyak. Dengan demikian, akun sosial media mereka bisa menjadi platform yang tepat untuk memasarkan produkmu.

Exposure yang besar tentu bisa menjadi nilai yang sangat berharga untuk produk atau jasa yang kamu tawarkan. Namun, biaya yang dibutuhkan saat bekerja sama dengan influencer biasanya cukup besar, mengingat industri ini masih tergolong baru. Belum lagi karakteristik influencer yang beragam, ada yang suka menunda pekerjaan, berkomunikasi dengan tutur kata yang buruk, dan lain-lain.

Saat memilih influencer, pastikan mereka memiliki karakter dan branding yang sejalan dengan produkmu. Perhatikan juga follower atau market yang dikuasai oleh influencer tersebut. Lakukan brief iklan secara detail namun mudah dipahami sehingga si influencer tidak salah paham yang bisa berakibat fatal untuk image produkmu ke depannya.

***
Apapun produk yang kamu tawarkan, baik itu set perlengkapan makan, elektronik, perkakas, ataupun barang konsumsi lainnya, mengemas produk dalam suatu konsep yang menarik merupakan kunci agar iklan atau promosi yang kamu lakukan sukses. Tetap perhatikan target pasar, tren, serta tindakan kompetitor sehingga produk atau jasa yang kamu tawarkan tetap relevan dan diingat oleh masyarakat.