10 Tips Hemat Liburan ke Luar Negeri, Seru & Anti Bokek!

Kata siapa liburan ke luar negeri harus bikin kantong kering? Simak berberapa tips hemat liburan ke luar negeri yang pastinya seru & anti bokek!

10 Tips Hemat Liburan ke Luar Negeri, Seru & Anti Bokek!
Image Source: Hanson Lu / Unsplash

Liburan ke luar negeri jadi salah satu hal yang diimpikan banyak orang. Pergi ke negara lain serta mengenal bahasa dan budaya baru tentunya akan jadi pengalaman yang sangat berkesan.

Selain merasakan suasana baru, kamu juga punya kesempatan untuk mengunjungi berbagai tempat wisata seru yang tak bisa ditemui di tanah air. Sayangnya, untuk melakukan perjalanan antar negara ini, kamu harus merogoh kocek yang cukup dalam.

Tips Hemat Liburan ke Luar Negeri

Nah, agar kamu bisa menikmati momen spesial ini dengan tenang, tak ada salahnya menyimak tips hemat liburan ke luar negeri ala JakartaNotebook berikut.

1. Rencanakan dengan Cermat

Rencanakan dengan Cermat
Image Source: Unsplash

Tips hemat liburan ke luar negeri pertama yang harus dilakukan adalah merencanakan liburan dari jauh hari.

Kamu bisa mulai membuat rencana kota atau tempat wisata apa saja yang ingin dikunjungi. Selain itu, kamu juga bisa mulai mencari tahu alternatif paket liburan atau akomodasi lainnya.

Merencanakan trip dari jauh hari juga memungkinkan kamu mendapatkan harga transportasi dan penginapan lebih murah jika dibandingkan harus booking mendadak atau saat hari-H.

2. Pilih Waktu yang Tepat

Pilih Waktu yang Tepat
Image Source: Unsplash

Hal paling penting yang harus kamu ingat saat merencanakan liburan ke luar negeri adalah hindari berangkat saat musim liburan, yakni di bulan Mei-Juli serta November-Januari.

Sama seperti tempat wisata di Indonesia, negara-negara tujuan wisata pasti akan dipenuhi turis dari berbagai negara. Jika memaksa pergi di waktu ini, bukannya mendapat rasa senang dan kenangan indah, tenagamu justru habis untuk berjubel dengan ratusan orang.

Tiket pesawat dan akomodasi juga cenderung lebih mahal di musim liburan. Jadi pastikan kamu tidak pergi di rentang waktu 6 bulan ini, ya!

3. Gunakan Situs Pencarian Harga

Gunakan Situs Pencarian Harga
Image Source: Unsplash

Saat ini mencari berbagai informasi semakin mudah berkat adanya internet. Kamu dapat menggunakan berbagai situs di internet untuk membandingkan harga berbagai hal yang kamu butuhkan saat liburan.

Mulai dari harga tiket pesawat, akomodasi, tiket tempat wisata, dan banyak lainnya. Tips hemat liburan ke luar negeri ini akan membantu kamu menemukan berbagai penawaran menarik.

HEBA Name Tag Tas & Koper Aluminium - 608 - Silver - JakartaNotebook.com
HEBA Name Tag Tas & Koper Aluminium - 608 termurah. Dapatkan dengan mudah HEBA Name Tag Tas & Koper Aluminium - 608 murah, garansi, dan bisa cicilan - Hanya di JakartaNotebook.com.

4. Memastikan Jadwal

Fleksibilitas Jadwal
Image Source: Unsplash

Tips liburan hemat lain yang tak kalah penting adalah memastikan jadwal. Jika kamu punya jam kerja fleksibel yang bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja, tak ada salahnya memilih berlibur di hari kerja atau low season.

Pada rentang waktu ini, umumnya destinasi wisata cenderung lebih sepi. Kamu memanfaatkan momen ini untuk mengunjungi lebih banyak tempat serta menikmati lebih banyak wahana.

5. Cari Promo dan Diskon

Cari Promo dan Diskon
Image Source: Unsplash

Promosi dan diskon yang ditawarkan bisa berbeda di tiap negara. Pasalnya hari atau peringatan penting di suatu negara biasanya digunakan untuk memberi diskon besar-besaran.

Selalu periksa promosi dan diskon yang mungkin ditawarkan oleh maskapai penerbangan, hotel, atau agen perjalanan. Kamu juga bisa cari tahun lebih jauh kapan waktu atau tanggal yang sering digunakan untuk promo.

Tentunya cara ini efektif untuk mengurangi biaya liburan Anda.

6. Cari Akomodasi Alternatif

Cari Akomodasi Alternatif
Image Source: Unsplash

Menginapn di hotel mewah memang sangat nyaman, terutama setelah perjalan berjam-jam menggunakan pesawat. Namun, jika tidak ingin kantong jebol, pilihlah akomodasi alternatif, seperti apartemen, losmen, atau motel.

Jika dilihat dari level keamanan dan kenyamanan, beberapa tempat ini memang berada di bawah hotel sehingga kamu harus jeli saat memilih akomodasi ini. Pastikan lokasi penginapan berada dekat dari kota atau tempat wisata yang masih terpantau oleh polisi atau petugas keamanan lainnya.

CoolCell Gembok Koper Angka 3 Digit Suitcase Password TSA Lock - TSA201 - Black - JakartaNotebook.com
CoolCell Gembok Koper Angka 3 Digit Suitcase Password TSA Lock - TSA201 termurah. Dapatkan dengan mudah CoolCell Gembok Koper Angka 3 Digit Suitcase Password TSA Lock - TSA201 murah, garansi, dan bisa cicilan - Hanya di JakartaNotebook.com.

7. Makan di Kedai atau Warung Lokal

Makan di Kedai atau Warung Lokal
Image Source: Unsplash

Pergi ke tempat baru merupakan saat yang tepat untuk berbaur dengan warga sekitar. Jangan kelewatan menjelajahi kedai atau warung lokal dan mencoba berbagai menu baru yang banyak direkomendasikan.

Tips hemat liburan hemat ke luar negeri ini tidak hanya memberikan pengalaman wisata kuliner yang otentik, tapi juga membantu mengurangi biaya jika dibandingkan makan di restoran.

8. Gunakan Transportasi Umum

Gunakan Transportasi Umum
Image Source: Unsplash

Berbicara tentang transportasi, selain tiket pesawat murah manfaatkan transportasi umum, seperti bus, kereta api, atau metro yang ada di negara tujuan kamu.

Transportrasi umum, tentunya jauh lebih ekonomis jika dibandingkan dengan menggunakan taxi atau menyewa mobil. Tak hanya itu, transportasi ini juga dapat digunakan untuk menambah pengalaman berkeliling kota, lho!

9. Cari Aktivitas Gratis atau Murah

Cari Aktivitas Gratis atau Murah
Image Source: Unsplash

Setiap negara pasti memiliki destinasi wisata dengan tarif yang murah bahkan gratis, seperti Central Park dan Times Square di NewYork, Fushimi Inari-taisha Shrine di Jepang, atau Masjid Biru di Turki.

Selain beberapa destinasi di atas, kamu juga dapat mencari lebih banyak pilihan di internet serta bertanya langsung pada penduduk lokal. Mungkin saja ini adalah kesempatan langka untuk menemukan lokasi cantik yang hanya bisa dikunjungi sekali sumur hidup!

10. Kurangi Belanja Bebas Cukai

Kurangi Belanja Bebas Cukai
Image Source: Unsplash

Tips liburan hemat terakhir ada berhati-hati saar belanja di toko bebas cukai. Meski barang yang ditawarkan terlihat murah, jangan mudah terkecoh karerna harga ini justru membuat kamu kalap dan membeli berbagai barang yang sebenarnya tidak diperlukan.

Jika ingin kamu tetep ini belanja di toko bebas cukai, buatlah daftar belanja yang direncanakan sebelumnya. Yang paling penting, patuhi daftar ini agar kamu tidak pulang dengan kantong kering.

Tas Travel Lipat Gantungan Koper Waterproof 32L - SW1014 - Blue - JakartaNotebook.com
Tas Travel Lipat Gantungan Koper Waterproof 32L - SW1014 termurah. Dapatkan dengan mudah Tas Travel Lipat Gantungan Koper Waterproof 32L - SW1014 murah, garansi, dan bisa cicilan - Hanya di JakartaNotebook.com.

Tetapkan anggaran Anda sebelumnya dan pertimbangkan setiap pengeluaran agar Anda dapat menikmati liburan tanpa menguras dompet dan rekening. Selamat liburan hemat ke luar negeri!