Waktu Terbaik Minum Kopi: Efektif Usir Kantuk!

Saat ini kopi jadi salah satu minuman wajib bagi semua orang. Simak beberapa waktu terbaik minum kopi agar Anda bebas dari kantuk.

Waktu Terbaik Minum Kopi: Efektif Usir Kantuk!
Image Source: freepik.com

Kopi merupakan minuman yang populer bagi remaja maupun orang dewasa. Minuman satu ini kaya akan kandungan kafein yang punya banyak manfaat, salah satunya mengusir kantuk.

Anda mungkin sudak tak asing lagi dengan aneka jenis kopi, mulai dari arabika, robusta, liberika, hingga kopi luwak. Pasalnya saat ini banyak kedai kopi kekinian yang menyajikan kopi dengan aneka variasi rasa dan harga.

Namun, tahukah Anda ternyata terdapat waktu terbaik minum kopi. Pemilihan waktu ini tentunya disesuaikan dengan preferensi dan kebutuhan tubuh setiap orang.

Waktu Terbaik Minum Kopi

Mengonsumsi kopi pada waktu yang disarankan dapat memberikan efek lebih maksimal untuk mencegah kantuk. Agar tidak salah pilih, Anda bisa intip beberapa waktu terbaik minum kopi berikut:

1. Pagi Hari

Pagi Hari
Image Source: Pexels

Minum kopi di pagi hari merupakan salah satu kebiasaan yang banyak dilakukan oleh orang barat, bahkan kita juga bisa menemukan kebiasaan ini di Indonesia.

Kandungan kafein pada kopi dapat meningkatkan mood dan membuat Anda lebih semangat menjalani hari. Konsumsi kopi pada pagi hari juga bisa jadi solusi untuk Anda yang kurang tidur.

Walau bisa dikonsumsi di pagi hari, hindari meminum kopi sebelum sarapan. Isi perut dengan makanan ringan seperti biskuit atau roti untuk mencegah naiknya asam lambung.

2. Pukul 10-12 Siang

Pukul 10-12 Siang
Image Source: Pexels

Setiap pagi tubuh menghasilkan hormon bernama kortisol yang juga dikenal sebagai hormon stress.

Hormon ini bekerja untuk membantu tubuh tetap terjaga dan meningkatkan kewaspadaan yang membuat kita cenderung lebih fokus di pagi hari. Sayangnya, setelah jam 9 pagi jumlah hormon yang diproduksi semakin menurun.

Pukul 10-12 merupakan salah satu waktu terbaik minum kopi karena bisa menjaga tubuh tetap segar. Banyaknya orang yang mengonsumsi kopi pada waktu ini membuat munculnya istilah coffee break.

3. Setelah Makan Siang

Setelah Makan Siang
Image Source: Pexels

Apakah Anda sering merasa ngantuk setelah makan siang? Jika iya, tandanya ini waktu yang tepat untuk minum kopi.

Setelah kenyang mengisi perut, tubuh akan melepaskan hormon melatonin dan serotonin yang membuat tubuh lebih rileks. Keadaan ini tentu menyebabkan kita mudah mengantuk.

Kafein dalam kopi efektif mencegah kantuk setelah makan siang. Sebelum mengonsumsi minuman ini, ada baiknya Anda memberi jeda waktu agar makanan dapat dicerna dengan baik oleh tubuh.

4. Sore Hari

Sore Hari
Image Source: Pexels

Waktu terbaik minum kopi terakhir adalah di sore hari. Pada waktu ini, Anda dapat memaksimalkan penggunaan tenaga untuk melakukan berbagai aktivitas sehingga bisa beristirahat dengan tenang saat malam.

Hal penting yang harus diperhatikan adalah kandungan kafein pada kopi bisa bertahan selama enam jam dalam tubuh. Konsumsi minuman ini juga dapat menyebabkan rasa cemas dan gelisah pada beberapa orang.

Oleh karena itu, jika Anda merasa sulit tidur setelah minum kopi, disarankan untuk membatasi konsumsi kopi pada waktu yang tepat dan tidak mengkonsumsi kopi terlalu dekat dengan waktu tidur.

***

Konsumsi kopi memang jadi hal yang tidak bisa dipisahkan dari hidup banyak orang. Namun, pastikan kamu memperhatikan waktu terbaik minunm kopi untuk mendapat manfaat maksimal

Kini tak perlu repot pergi ke kedai atau gerai untuk mendapatkan minuman ini karena Anda bisa membuatnya sendiri di rumah menggunakan penggiling kopi, filter kopi, hingga french press kualitas terbaik dari JakartaNotebook.