Yuk, Tetap Produktif Selama Berpuasa dengan Membuat Cemilan Ini!

Agar puasa tidak terasa lama, kamu bisa membuat berbagai cemilan sambil menunggu datangnya waktu berbuka puasa, loh. Simak, yuk, beberapa rekomendasi cemilan berikut!

Yuk, Tetap Produktif Selama Berpuasa dengan Membuat Cemilan Ini!
Sumber: Freepik

Berpuasa merupakan kewajiban setiap umat muslim. Saat berpuasa, terkadang tubuh terasa lemas yang disebabkan oleh berkurangnya asupan cairan dan kadar gula dalam tubuh. Namun, hanya karena lemas, jangan jadikan berpuasa sebagai alasan untuk bermalas-malasan, ya!

Alih-alih tidur atau rebahan saja, kamu dapat mengisi waktu datangnya berbuka puasa dengan kegiatan yang produktif, salah satunya yaitu dengan memasak. Kalau kamu senang ngemil dan bosan dengan cemilan di bulan puasa yang itu-itu saja, kamu dapat mencoba membuat cemilan lain yang berbeda seperti berikut ini.

1. Pancake

Sumber: Freepik

Pancake atau panekuk merupakan makanan yang terbuat dari adonan tepung terigu, telur, susu, dan bahan-bahan lainnya seperti gula dan baking powder. Adonan ini kemudian digoreng atau dipanggang di atas permukaan datar seperti panci atau teflon hingga matang dan berwarna kecoklatan. Biasanya, pancake dihidangkan dengan sirup maple, mentega, atau topping lainnya seperti buah-buahan, krim kocok, atau coklat.

Saat dituangkan ke atas teflon, sering sekali adonan membentuk pola lingkaran yang tidak rata atau rapi sehingga pancake terlihat kurang estetis. Agar pancake yang kamu buat lebih bagus dan rapi, kamu dapat menggunakan cetakan pancake berbahan silikon tahan panas yang dapat langsung diletakkan di atas teflon.

2. Donat

Sumber: Freepik

Siapa, sih, yang tidak tahu donat? Donat merupakan salah satu cemilan terpopuler yang biasanya berbentuk cincin dengan lubang di bagian tengahnya. Donat terbuat dari adonan tepung, telur, gula, dan mentega yang dicetak dan digoreng dalam minyak goreng hingga matang. Beberapa donat juga dihiasi dengan gula halus atau glasir manis di atasnya.

Kalau kamu masih pemula dalam membuat donat, jangan khawatir, di zaman yang serba canggih seperti sekarang ini tentu saja penggunaan cetakan donat menjadi life saviour. Disarankan untuk menggunakan cetakan donat agar donat dapat terbentuk bulat sempurna sehingga terlihat lebih cantik dibandingkan membentuknya secara manual dengan tangan.

3. Es krim

Sumber: Freepik

Hidangan pencuci mulut populer yang satu ini terbuat dari bahan dasar seperti susu, krim, gula, dan bahan pengembang lainnya yang nantinya akan dibekukan untuk menghasilkan tekstur yang lembut. Es krim biasanya disajikan dalam berbagai rasa dan varian yang berbeda, termasuk rasa buah, coklat, kacang, dan masih banyak lagi.

Salah satu bentuk es krim yang paling terkenal adalah es krim batang. Es krim batang dibuat dengan cara menuang adonan es krim ke cetakan eskrim. Agar kreasi es krim kamu tidak mainstream, kamu dapat mulai membuat kreasi baru dalam bentuk lain, seperti kelinci, manusia salju, telapak kaki anjing, atau bentuk lucu dan menggemaskan lainnya sesuai keinginan.

4. Egg Waffle

Sumber: Freepik

Egg waffle dikenal juga sebagai bubble waffle atau puffle waffle. Seperti namanya, egg waffle dibuat dari adonan berbahan dasar telur, tepung, gula, dan susu. Adonan ini kemudian dimasak dalam cetakan khusus yang berbentuk seperti bola-bola kecil atau gelembung.

Untuk membuat egg waffle dengan cetakan egg waffle, adonan dicampur dan diaduk hingga konsistensi yang halus, kemudian dituangkan ke dalam cetakan yang sudah dipanaskan sebelumnya. Setelah adonan dituangkan ke dalam cetakan, cetakan ditutup dan dipanggang di atas api sedang hingga egg waffle matang dan berwarna kecoklatan.

Makanan penutup yang berasal dari Hong Kong ini sering dihidangkan dengan berbagai topping, seperti es krim, buah-buahan, sirup maple, atau taburan kacang-kacangan. Menarik sekali untuk dibuat bukan?

5. Bakso

Sumber: Freepik

Salah satu makanan khas Indonesia ini terbuat dari daging sapi yang digiling halus dan dicampur dengan tepung tapioka serta bumbu rempah-rempah seperti bawang putih, ketumbar, dan merica. Adonan bakso kemudian dibentuk bulat-bulat kecil atau besar, dan direbus dalam kuah kaldu yang kaya akan rasa. Bakso biasanya disajikan dengan mie, tahu, telur, atau sayuran seperti sawi atau bok choy.

Kalau kamu masih kesulitan dalam membuat bakso dengan bentuk yang cantik, kamu dapat menggunakan sendok khusus pembentuk bakso agar bakso menjadi bulat sempurna. Jangan khawatir, meskipun sendok khusus ini terbuat dari bahan stainless steel food grade, sendok tidak akan memengaruhi tekstur dan rasa bakso yang kamu buat.

***

Deretan cemilan di atas sangat menarik untuk disajikan bukan? Selain sebagai cemilan, kamu juga dapat menikmatinya sebagai menu berbuka puasa, loh. Namun, ingatlah untuk tetap mengonsumsi makanan penutup di atas dengan bijak dan jangan sampai berlebihan agar tubuh tetap sehat dan bugar selama menjalani ibadah puasa. Selamat memasak!