10 Cara Menurunkan Berat Badan Tanpa Diet Menyiksa

Cara menurunkan berat badan memang tidak mudah. Tapi ada banyak alasan mengapa berat badan ideal bisa bermanfaat bagi kesehatan dan kebahagiaan.

10 Cara Menurunkan Berat Badan Tanpa Diet Menyiksa
Image Source: Freepik/ques1

Berat badan yang ideal sesuai BMI (Body Mass Index) memberikan banyak manfaat, baik dari kesehatan fisik maupun kualitas hidup. Berat badan yang ideal juga pada akhirnya membuat kita lebih percaya diri.

Bagi sebagian orang dengan berat badan berlebih, mencapai berat badan ideal pasti terasa berat. Tapi Anda bisa mencoba beberapa cara menurunkan berat badan secara alami dan sehat berikut ini.

Cara Menurunkan Berat Badan secara Sehat

Cara Menurunkan Berat Badan secara Sehat
Image Source: Freepik/freepik

Menurunkan berat badan dapat membuat Anda lebih mudah bergerak dan melakukan aktivitas yang Anda sukai. Lalu, bagaimana cara menurunkan berat badan secara alami dan sehat? Simak pembahasannya di bawah ini.

1. Periksa BMI

Sebelum melakukan penurunan berat badan, Anda harus memeriksa BMI terlebih dahulu. Tahapan ini akan memberikan informasi apakah berat badan dan nutrisi Anda sudah ideal atau belum.

Jika kelebihan berat badan, Anda perlu menurunkan 5-10% dari berat badan awal. BMI ibarat acuan tentang rencana diet yang akan Anda lakukan agar lebih terukur dan ideal.

2. Jangan Lewatkan Sarapan

Cara menurunkan berat badan bisa dimulai dengan tidak melewatkan sarapan. Sarapan memberikan energi untuk menjalani hari dan membantu mengontrol rasa lapar berlebih di siang hari.

Agar berat badan tetap ideal, sarapan haruslah cukup dan bernutrisi. Porsi yang ideal adalah 30-39 gram protein. Tambahkan juga sumber karbohidrat kompleks, seperti roti gandum atau nasi merah.

3. Atur Pola Makan Secukupnya

Menurunkan berat badan bukan berarti Anda tidak makan seharian, melainkan makan secukupnya dan bernutrisi. Anda boleh makan 3-5 kali sesuai jumlah kalori harian yang direkomendasikan.

Makan berlebihan bisa menaikkan berat badan. Itulah mengapa cara menurunkan berat badan yang baik adalah dengan makan porsi sedikit, bernutrisi, dan sering agar tubuh tetap berenergi.

4. Penuhi Kebutuhan Mineral

Tubuh manusia mengandung 60% air. Itu sebabnya minum air putih secara rutin kurang-lebih 2 Liter per hari bisa menjaga tubuh tetap terhidrasi dan berfungsi dengan baik.

Asupan mineral juga dapat membantu proses pembakaran lemak tubuh. Artinya, asupan mineral yang cukup juga termasuk salah satu cara menurunkan tubuh yang sehat.

5. Perbanyak Asupan Sayur dan Buah

Cara menurunkan berat badan selanjutnya adalah mengonsumsi lebih banyak sayur dan buah. Sayur dan buah umumnya rendah kalori dan kaya serat. Serat membantu Anda merasa kenyang lebih lama, sehingga Anda cenderung makan lebih sedikit.

Beberapa sayur dan buah, seperti brokoli dan apel, dapat meningkatkan metabolisme Anda. Metabolisme yang tinggi membantu tubuh Anda membakar lebih banyak kalori.

6. Perbanyak Asupan Serat

Serat membantu Anda merasa kenyang lebih lama, sehingga Anda cenderung makan lebih sedikit. Ketika Anda makan makanan kaya serat, perut Anda akan mengembang dan mengirimkan sinyal ke otak bahwa Anda sudah kenyang.

Makanan kaya serat juga umumnya rendah kalori. Contohnya, oatmeal mengandung 105 kalori per 100 gram, sedangkan nasi putih mengandung 130 kalori per 100 gram.

7. Tunjang dengan Olahraga

Tidak hanya pola makan, cara menurunkan berat badan terbaik adalah olahraga. Olahraga membantu membakar kalori. Semakin banyak kalori yang Anda bakar, semakin mudah Anda menurunkan berat badan.

Olahraga membantu membangun massa otot. Otot membakar lebih banyak kalori daripada lemak, sehingga semakin banyak massa otot yang Anda miliki, semakin banyak kalori yang Anda bakar.

8. Hindari Stress Eating

Tahukah Anda bahwa saat stress, tubuh Anda melepaskan hormon kortisol. Kortisol dapat meningkatkan nafsu makan dan penyimpanan lemak, terutama di sekitar perut.

Menghindari stres dapat membantu menurunkan kadar kortisol dan mengurangi efeknya pada nafsu makan dan penyimpanan lemak. Jaga mental tetap sehat agar Anda lebih mindful terhadap pilihan makanan.

Deerma Blender Portable Buah Juicer Wireless 1500mAh 400ml - DEM-NU05 - Baby Pink - JakartaNotebook.com
Deerma Blender Portable Buah Juicer Wireless 1500mAh 400ml - DEM-NU05 termurah. Dapatkan dengan mudah Deerma Blender Portable Buah Juicer Wireless 1500mAh 400ml - DEM-NU05 murah, garansi, dan bisa cicilan - Hanya di JakartaNotebook.com.

9. Makan Lebih Lambat

Cara menurunkan berat badan bisa dilakukan dengan memperlambat proses makan. Saat makan lebih lambat, Anda memberi waktu bagi tubuh Anda untuk mencerna makanan dan mengirimkan sinyal kenyang ke otak.

Hal ini dapat membantu Anda untuk berhenti makan sebelum Anda merasa terlalu kenyang dan makan berlebihan. Penyerapan nutrisi juga menjadi lebih baik jika Anda memberikan waktu untuk mengunyah makanan.

10. Atur Pola Tidur

Pola tidur yang baik merupakan salah satu cara menurunkan berat badan. Saat tidur, tubuh Anda melepaskan hormon leptin yang menekan rasa lapar dan ghrelin yang meningkatkan rasa lapar.

Kurang tidur dapat menurunkan kadar leptin dan meningkatkan kadar ghrelin, sehingga Anda lebih mudah merasa lapar dan makan berlebihan. Selain itu, kurang tidur juga dapat menurunkan mood dan motivasi Anda untuk berolahraga dan makan makanan yang sehat.

GojoyLiu Tali Skipping Jump Rope Gym Fitness - GL-JUM-001 - Red - JakartaNotebook.com
GojoyLiu Tali Skipping Jump Rope Gym Fitness - GL-JUM-001 termurah. Dapatkan dengan mudah GojoyLiu Tali Skipping Jump Rope Gym Fitness - GL-JUM-001 murah, garansi, dan bisa cicilan - Hanya di JakartaNotebook.com.

Cara menurunkan berat badan memang tidak mudah, tetapi banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan. Jika Anda ingin menurunkan berat badan, konsultasikan dengan dokter atau ahli gizi untuk mendapatkan program diet yang sesuai dengan kondisi kesehatan Anda.


Source:

Healthline. Want to Lose Weight Fast? These Science-Backed Tips Can Help You Lose Weight Sustainably. https://www.healthline.com/nutrition/how-to-lose-weight-as-fast-as-possible

Siloam. 10 Tips Diet untuk Menurunkan Berat Badan yang Aman & Sehat. https://www.siloamhospitals.com/informasi-siloam/artikel/diet-untuk-menurunkan-berat-badan