Jadwal Imsak dan Buka Puasa Wilayah DKI Jakarta Ramadhan 2024/1445 H

Simpan jadwal imsak dan waktu sholat di bawah ini agar puasamu lancar dan dapat beribadah dengan tepat waktu.

Jadwal Imsak dan Buka Puasa Wilayah DKI Jakarta Ramadhan 2024/1445 H
Image Source: Pexels/Ahmed Aqtai

Ramadhan merupakan bulan suci yang dinanti-nantikan umat Islam di seluruh dunia, bulan penuh berkah ini menjadi momen untuk meningkatkan ibadah, introspeksi diri, dan mendekatkan diri kepada Allah SWT. Salah satu ibadah wajib yang dilakukan selama Ramadhan adalah puasa, di mana umat Islam menahan lapar, haus, dan nafsu dari terbit fajar hingga terbenamnya matahari.

1 Ramadhan sendiri diperkirakan jatuh pada 10/11 Maret 2024. Sama seperti tahun-tahun sebelumnya, Kementerian Agama akan menetapkan tanggal pasti 1 Ramadhan berdasarkan hasil sidang isbat yang akan dilaksanakan pada Minggu, 10 Maret 2024 mulai pukul 17.00 WIB waktu setempat.

Setelah sidang isbat ditentukan, baru kemudian umat Islam akan melaksanakan ibadah sholat tarawih setelah waktu Isya dan kemudian menjalankan sahur pada malam hari untuk kemudian menjalankan ibadah puasa pada pagi harinya.

Untuk menjaga keberkahan ibadah puasa, penting bagi kita yang menjalaninya untuk mengetahui jadwal imsak. Jadwal imsak adalah waktu yang menandakan saat harus berhenti makan dan minum saat sahur sebelum terbit fajar. Pada saat itu, kamu sudah harus berhenti makan dan minum kemudian menjalani ibadah puasa hingga waktu buka puasa tiba.

Jadwal imsak biasanya juga dilengkapi dengan jadwal shalat dan buka puasa agar kita bisa menjalankan ibadah secara tepat waktu sehingga mendulang pahala yang besar saat bulan puasa.

Adapun, jadwal imsak dan buka puasa untuk wilayah DKI Jakarta pada Ramadhan 1445/2024 adalah sebagai berikut:

NieNie Jam Weker Mirror Alarm Digital + Temperature - TS-S69 - Black - JakartaNotebook.com
NieNie Jam Weker Mirror Alarm Digital + Temperature - TS-S69 termurah. Dapatkan dengan mudah NieNie Jam Weker Mirror Alarm Digital + Temperature - TS-S69 murah, garansi, dan bisa cicilan - Hanya di JakartaNotebook.com.
Jadwal Imsak

Selain menjaga keberkahan ibadah, jadwal imsak juga perlu diketahui agar kamu dapat mengatur waktu sahur dengan lebih baik, sehingga dapat menjaga kesehatan dan stamina selama berpuasa. Jadi kamu bisa memperkirakan waktu yang cukup untuk memasak dan sahur sebelum jadwal imsak tiba.

Mengetahui jadwal buka puasa atau waktu magrib juga tidak kalah pentingnya, dan jadwal ini lah yang biasanya paling sering dilihat pada lembaran jadwal imsakiyah saat bulan Ramadhan, karena tentunya semua yang berpuasa tidak sabar untuk menantikan waktu berbuka untuk kembali makan dan minum.

Mengetahui jadwal buka puasa atau waktu magrib sangat penting karena orang yang berpuasa dianjurkan untuk segera membatalkan puasanya ketika sudah tiba waktunya. Dengan mengetahui jadwal buka puasa kamu juga bisa memperkirakan waktu untuk menyiapkan santapan untuk berbuka.

Nah, itu dia tadi jadwal imsak beserta jadwal waktu sholat lainnya. Jalani puasa dengan penuh keaikhlasan dan hati yang suci agar mendapatkan berkah dan manfaat puasa. Jika kamu ingin selalu ingat jadwal imsak atau waktu sholat, kamu bisa menyimpan gambar di atas di ponselmu atau bahkan mencetaknya dan menempelkannya di dinding agar selalu ingat.

Selamat menjalani ibadah Ramadhan 1445 H, mohon maaf lahir dan batin.