6 Menu Makanan Natal Khas Indonesia yang Wajib Ada!

Ginger cookies adalah kue khas Natal dari luar negeri. Lalu, apa saja makanan natal khas Indonesia? Yuk, simak informasinya di bawah ini.

6 Menu Makanan Natal Khas Indonesia yang Wajib Ada!
Image Source: Freepik/Drazen Zigic

Bulan Desember yang identik dengan musim liburan karena adanya hari Natal ini menjadikan setiap sudut jalan dihasi pernak-pernik, jiggle, dan aroma makanan yang bisa dibilang cuma ada di bulan Desember untuk memperingati hari Natal.

Momen perayaan Natal ini juga sama dengan perayaan hari besar lainnya di Indonesia yang memiliki makanan Natal khas! Sama seperti salah satu kue khas Natal dari luar negeri yang biasa ada di film Natal, yakni ginger cookies.

Namun, kalau makanan Natal dari Indonesia kamu sudah tahu belum? Meski berbeda dari negara-negara lain, tapi perbedaan inilah yang membuatnya khas.

Sebelum membahas apa saja makanan Natal khas Indonesia, yuk kita simak alasan mengapa makanan Natal di tiap negara itu berbeda dan apa makna dari setiap makanan tersebut.

Mengapa Makanan Setiap Negara Berbeda?

 Mengapa Makanan Setiap Negara Berbeda?
Image Source: Freepik/Drazen Zigic

Menuju penghujung tahun, biasanya ada momen di hari Natal yang selalu ditunggu oleh kita semua. Selain bertemu kembali dengan keluarga atau teman jauh, hari Natal biasanya diisi dengan kegiatan tukar kado, makan bersama, dan menonton film Natal secara marathon.

Di dalam film itu, biasanya juga ditampilkan berbagai jenis makanan Natal yang berbeda dengan yang dihidangkan di Indonesia, dan mungkin kamu bertanya-tanya kenapa kita menyajikan makanan yang berbeda. Tentunya akan lebih mudah jika seluruh dunia punya standar makanan Natal yang sama, kan?

Makanan khas Natal di setiap negara yang berbeda karena perbedaan budaya, tradisi, dan juga ketersediaan bahan makanan lokal di setiap wilayah setempat. Kebiasaan mengonsumsi makanan tertentu selama perayaan Natal juga sering kali terkait erat dengan sejarah, agama, dan warisan budaya di masing-masing negara.

One Two Cups Mat Alas Adonan Kue Fondant Silikon - JJ3873 - Blue - JakartaNotebook.com
One Two Cups Mat Alas Adonan Kue Fondant Silikon - JJ3873 termurah. Dapatkan dengan mudah One Two Cups Mat Alas Adonan Kue Fondant Silikon - JJ3873 murah, garansi, dan bisa cicilan - Hanya di JakartaNotebook.com.

Selain itu, faktor geografis dan musim di setiap negara juga berpengaruh. Misalnya, di negara yang memiliki iklim salju, mungkin akan menyediakan makanan yang lebih hangat dan berat karena memberikan rasa hangat dan kenyang yang lebih lama di musim dingin.

Sementara itu, negara dengan iklim tropis, seperti di Indonesia mungkin lebih cenderung memiliki hidangan yang ringan yang tersedia sepanjang tahun.

Apa Alasan Penyajian Hidangan Natal?

Alasan Penyajian Hidangan Natal
Image Source: Freepik/Drazen Zigic

Tradisi makanan khusus selama Natal yang disajikan umumnya sering kali terkait erat dengan budaya dan warisan sejarah di suatu negara atau wilayah tersebut, loh. Ada beberapa alasan mengapa adanya makanan khas menjadi bagian dari perayaan Natal di berbagai budaya:

1. Mengikuti Tradisi dan Warisan

Seiring berjalannya waktu, beberapa makanan telah menjadi simbolik dan tradisional selama perayaan Natal. Untuk itu, masyarakat menjaga dan meneruskan tradisi ini dari generasi ke generasi.

Selain itu, makanan memiliki kekuatan untuk menciptakan kenangan karena umunya memiliki sejarah di baliknya. Hidangan Natal sering kali terkait dengan momen-momen seseorang, sehingga mengonsumsinya pada saat Natal dapat meningkatkan suasana hangat dan kebersamaan dengan orang-orang tersayang.

Aberdeen Mesin Cetakan Kue Egg Waffle Hongkong Style 220V - ZW-R-1 - Silver - JakartaNotebook.com
Aberdeen Mesin Cetakan Kue Egg Waffle Hongkong Style 220V - ZW-R-1 termurah. Dapatkan dengan mudah Aberdeen Mesin Cetakan Kue Egg Waffle Hongkong Style 220V - ZW-R-1 murah, garansi, dan bisa cicilan - Hanya di JakartaNotebook.com.

2. Penanda Perayaan Agama

Tentunya, hari Natal menjadi perayaan agama yang penting, dan makanan khusus yang disajikan pada tempat ibadah atau rumah-rumah, sering kali digunakan sebagai bagian dari ritual atau perayaan agama.

3. Menyambut Musim dan Ketersediaan Bahan Makanan

Di beberapa tempat, makanan khusus Natal juga terkait dengan musim dan ketersediaan bahan makanan yang biasanya tersedia. Misalnya, buah-buahan, remah, atau hidangan berat lebih cocok dengan musim di beberapa wilayah.

Apa Saja Makanan Natal Khas Indonesia?

Makanan Natal Khas Indonesia
Image Source: Freepik/Drazen Zigic

Makanan khusus yang disajikan selama Natal akan menjadi kenangan manis untuk membuat momen kebersamaan, dan membentuk tradisi di sebuah keluarga. Makanan tersebut membantu menciptakan ikatan emosional yang kuat antara anggota keluarga dan teman-teman yang merayakan bersama.

Di Indonesia, masyarakat di berbagai wilayah tentunya memiliki berbagai macam hidangan favorit selama perayaan Natal. JakartaNotebook telah merangkum beberapa makanan Natal yang umumnya bisa kamu temukan di Indonesia saat berkunjung di hari Natal!

1. Klapertaart

Klappertaart merupakan salah satu kue khas Natal yang ada di Indonesia tepatnya Manado. Kue manis yang merupakan pengaruh dari kuliner Belanda ini wajib disajikan masyarakat Manado pada saat perayaan-perayaan, seperti Hari Natal.

2. Poffertjes

Kue Poffertjes ini memang sekilas mirip dengan bentuk pancake. Namun, makanan Natal satu ini berukuran lebih kecil dibandingkan pancake pada umumnya, dan kue ini sering dihidangkan saat Natal terutama di Ambon.

Taffware Digipounds Timbangan Dapur Digital 3kg Akurasi 0.1g + Timer - CK2150 - Black - JakartaNotebook.com
Taffware Digipounds Timbangan Dapur Digital 3kg Akurasi 0.1g + Timer - CK2150 termurah. Dapatkan dengan mudah Taffware Digipounds Timbangan Dapur Digital 3kg Akurasi 0.1g + Timer - CK2150 murah, garansi, dan bisa cicilan - Hanya di JakartaNotebook.com.

3. Kue Jahe

Kalau makanan Natal yang satu ini tentu kamu sudah tahu. Biasanya kue kering ini berbentuk manusia salju bahkan pohon cemara, loh. Tidak heran mengapa kue kering ini selalu disediakan kebanyakan orang pada hari Natal.

Bukan hanya hidangan yang kamu pikir hanya ada di negara Eropa, kue Jahe ini juga menjadi kue Natal yang sering ada di Indonesia, dan umumnya menjadi hadiah untuk orang-orang terdekat di momen Natal dan Tahun Baru.

4. Ayam Budu-Budu

Tahu gak sih kalau di Makassar ada menu khas Natal yaitu ayam budu-budu? Salah satu makanan khas yang selalu dihidangkan oleh masyarakat Makassar kala perayaan Natal tiba.

Makanan Natal ini ternyata memiliki rasa yang kaya akan rempah. Hidangan ini diolah dengan banyak rempah-rempah khas Indonesia dipadukan dengan segarnya jeruk nipis dan asam jawa. Gurih banget, loh!

Aihogard Sarung Tangan Oven Masak Heat Resistant Gloves 1 PCS - JJ4113 - Black - JakartaNotebook.com
Aihogard Sarung Tangan Oven Masak Heat Resistant Gloves 1 PCS - JJ4113 termurah. Dapatkan dengan mudah Aihogard Sarung Tangan Oven Masak Heat Resistant Gloves 1 PCS - JJ4113 murah, garansi, dan bisa cicilan - Hanya di JakartaNotebook.com.

5. Ayam Rica

Siapa sih yang gak tahu kenikmatan makanan ayam rica-rica? Tentu hampir semua orang di Indonesia tahu dengan makanan khas Manado yang satu ini. Ternyata ayam rica-rica ini juga merupakan makanan khas Natal.

Pedasnya bumbu yang meresap kedalam ayamnya pasti membuat orang ketagihan dan seru disantap bersama keluarga di momen yang indah ini. Itulah mengapa ayam rica kerap kali dihidangkan sebagai salah satu makanan Natal.

6. Ikan Kuah Kuning

Bukan cuma ayam yang jadi hidangan makanan khas Natal dan Tahun Baru. Dari Ambon ada menu ikan kuah kuning yang jadi hidangan khas yang disajikan loh! Biasanya menggunakan ikan tuna yang dipadukan dengan kuah yang nyegerin banget.

Setiap negara dan wilayah, pastinya memiliki tradisi atau budaya tersendiri dalam merayakan Natal dengan cara unik. Sehingga adanya keberagaman dalam makanan Natal juga memperkaya budaya dengan kekhasan dari setiap wilayah.

Selain itu, ini juga dapat menjadi cerita menarik yang dapat membangun suasana Natal menjadi lebih hangat dalam menyatukan orang-orang untuk merayakan momen yang spesial. Kamu tertarik cobain hidangan yang mana Jaknoters?

Meriahkan momen Natal dan Tahun Baru kamu dengan belanja dalam promo JakartaNotebook. Banyak penawaran menarik dari produk set pisau, rak dapur, hingga teko teh yang sayang untuk dilewatkan harga yang pasti murahnya!