7 Obat Alami saat Sakit Maag Menyerang, Wajib Dicoba!

Sakit maag memang memberikan rasa tidak nyaman pada perut. Simak obat alami untuk meredakan sakit maag yang bisa kamu gunakan di rumah!

7 Obat Alami saat Sakit Maag Menyerang, Wajib Dicoba!
Image Source: Freepik/Katemangostar

Rasa nyeri pada perut yang tidak tertahankan dan mungkin sering datang secara tiba-tiba, dan disertai dengan gejala lain seperti mual, muntah, serta perut terasa kembung menjadi pertanda serangan sakit maag.

Meskipun penyakit maag sering ditemukan di sekitar kita dan identik dengan kebiasaan yang tidak sehat seperti membiasakan perut kosong dalam waktu yang lama, tetapi ternyata penyakit ini memiliki berbagai faktor yang tidak bisa diabaikan, loh.

Jika sakit maag ini terjadi, hal paling dasar yang dapat kamu lakukan mungkin langsung minum obat dan beristirahat pada posisi nyaman, kemudian memberikan kompres hangat atau dingin di daerah perut yang terasa nyeri.

Selain hal tersebut, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk meredakan sakit maag. Pada artikel ini, JakartaNotebook akan membahas berbagai obat sakit maag alami yang bisa kamu lakukan sendiri di rumah.

Obat Alami Sakit Maag

Obat Alami Sakit Maag
Image Source: Freepik/Katemangostar

Sakit maag memang harus diobati dengan obat-obatan dokter untuk mengurangi dan meredakan asam lambung yang kamu rasakan. Namun, mungkin selain itu kamu juga ingin mengatasi sakit maag dengan cara yang alami dan dapat dilakukan di rumah.

Berikut beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk meredakan sakit maag dengan cara yang alami di rumah:

1. Air Putih

Kamu tentunya enggak bisa mengabaikan manfaat air putih. Minum cukup air putih secara teratur memang dapat menjadi solusi terbaik untuk berbagai macam penyakit.

MDZF Gelas Unik Japanese Style Glass Cup Heat Resistant 360 ml - MD18 - Transparent - JakartaNotebook.com
MDZF Gelas Unik Japanese Style Glass Cup Heat Resistant 360 ml - MD18 termurah. Dapatkan dengan mudah MDZF Gelas Unik Japanese Style Glass Cup Heat Resistant 360 ml - MD18 murah, garansi, dan bisa cicilan - Hanya di JakartaNotebook.com.

Minum setidaknya 2 liter air setiap hari dan minumlah segelas penuh setiap kali perut kamu terada tidak nyaman. Langkah ini dapat membantu mengurangi dan menetralkan serangan asam lambung, sehingga mengurangi rasa perih atau terbakar yang mungkin kamu rasakan.

Selain itu, sakit maag yang sering menimbulkan gejala lain seperti mual atau muntah juga dapat menyebabkan dehidrasi. Memastikan kamu untuk tetap terhidrasi dapat membantu menggantikan cairan yang hilang, dan mencegah dehidrasi lebih lanjut yang dapat memperburuk gejala sakit maag.

2. Pisang Raja

Pisang raja merupakan jenis pisang yang memiliki kulit tebal dan daging buah yang padat. Pisang raja dapat membantu sakit maag karena dianggap sebagai makanan yang mudah dicerna, membantu melindungi lambung dari iritasi, dan mengandung flavonoid yang disebut leucocyanidin.

Leucocyanidin sendiri dapat meningkatkan jumlah lendir pada lambung. Buah ini juga dapat menurunkan asam lambung yang menyerang, sehingga dapat membantu mencegah dan meringankan gejala yang dirasakan.

Selain itu, pisang raja mengandung berbagai nutrisi penting, termasuk kalium, vitamin C, vitamin B6, dan serat. Nutrisi ini dapat membantu menjaga keseimbangan nutrisi dalam tubuh yang penting untuk kesehatan sistem pencernaan kamu.

3. Aloe Vera

Aloe vera atau lidah buaya memiliki sifat yang dapat mendinginkan, menenangkan, dan antiinflamasi yang dapat membantu meredakan iritasi pada lambung.

Gel aloe vera ini dapat membantu membentuk lapisan pelindung di sepanjang dinding lambung saat mengalami sakit maag, dan dapat membantu pengobatan lebih lanjut.

4. Probiotik

Probiotik sendiri merupakan mikroorganisme hidup yang dapat membantu sakit maag di saluran pencernaan ketika dikonsumsi dalam jumlah yang cukup.

Mengonsumsi probiotik dapat mengurangi jumlah bakteri yang ada, mempercepat proses penyembuhan, dan meringankan beberapa gejala peradangan yang dirasakan saat sakit maag. Meskipun begitu, pastikan kamu menggunakannya bersamaan dengan obat lain yang sesuai untuk dapat menghilangkan bakteri berbahaya.

5. Madu

Madu sendiri merupakan makanan yang kaya antioksidan dan memiliki berbagai manfaat kesehatan, seperti mempercepat penyembuhan banyak luka, dan memiliki sifat antibakteri yang dapat membantu melawan penyebab sakit maag.

Selain itu, sifat antiinflamasi alami yang dimiliki madu juga dapat membantu mengurangi peradangan yang dapat memperburuk gejala sakit maag pada lambung. Jika kamu berniat untuk menggunakan madu, pastikan untuk memilih madu murni dan berkualitas tinggi.

HILIFE Honey Dispenser Jar Botol Madu Sirup Serbaguna 200 ml - H1742 - Transparent - JakartaNotebook.com
HILIFE Honey Dispenser Jar Botol Madu Sirup Serbaguna 200 ml - H1742 termurah. Dapatkan dengan mudah HILIFE Honey Dispenser Jar Botol Madu Sirup Serbaguna 200 ml - H1742 murah, garansi, dan bisa cicilan - Hanya di JakartaNotebook.com.

6. Kunyit

Menjadi bahan yang dikenal dengan warnanya yang kuning dan umum ada di bumbu masakan Indonesia, kunyit nyatanya juga dapat digunakan sebagai obat. Hal ini karena kandungan senyawa kurkumin yang memiliki sifat antiinflamasi dan antioksidan.

Selain itu, bila dikombinasikan dengan pengobatan lainnya, kunyit juga dapat membantu meningkatkan sekresi lendir yang secara efektif melindungi lapisan lambung dari iritasi yang dapat membantu meredakan peradangan pada lambung.

7. Bawang Putih

Bawang putih juga menjadi bahan yang umumnya ada di masakan Indonesia dan mungkin selalu ada di rumah. Dikenal memiliki berbagai manfaat kesehatan karena memiliki sifat antimikroba, antiinflamasi, dan antispasmodik yang dapat membantu meredakan gejala sakit maag.

Untuk itu, pemilihan bawang putih saat sakit maag menjadi langkah yang tepat karena mengurangi kram perut dan ketegangan pada otot lambung, sehingga membantu dalam meredakan gejala sakit maag. Penggunaan ekstrak bawang putih juga dapat membantu mencegah pertumbuhan H. pylori yang menjadi salah satu penyebab paling umum dari sakit maag.

Dalam penanganan sakit maag, tentu pencegahan selalu lebih baik daripada mengobati. Untuk itu, pastikan kamu menghindari makanan yang dapat memicu atau memperparah sakit maag dan buat pola hidup yang lebih sehat.

Penggunaan obat alami yang dapat dilakukan sendiri di rumah tentunya tidak dapat diterapkan untuk semua orang. Kamu mungkin harus melakukan beberapa percobaan hingga menemukan yang paling sesuai.

Selain itu, pastikan tetap mendapat bantuan dokter jika sakit maag menjadi semakin berat, dan konsultasikan penggunaan obat alami yang kamu gunakan.


Sumber:

Medical News Today – Nine ways to relieve stomach ulcers at home

Prevention – 12 Stomach Ulcer Treatment Ideas

Healthline – 9 Science-Backed Home Remedies for Ulcers