7 Tips Memilih Jas Hujan, Dijamin Anti Lepek!

Bagi kamu yang ingin tetap kering saat berada di bawah guyuran hujan, berikut tips jas hujan terbaik yang JakartaNotebook rangkum khusus untuk kamu!

7 Tips Memilih Jas Hujan, Dijamin Anti Lepek!
Image Source: Freepik/gpointstudio

Angin kencang mulai berembus dan awan hitam akan memenuhi sebagian besar langit di musim hujan yang sebentar lagi tiba. Pada saat ini, tentunya kamu sudah menyiapkan berbagai keperluan untuk terhindar dari basahnya tetesan hujan.

Tentunya, dalam memilih keperluan di musim hujan tak bisa sembarangan. Kamu harus memilih jas hujan yang tepat untuk memastikan kamu tetap kering dan nyaman selama beraktivitas.

Hujan memang sering kali terjadi secara tiba-tiba yang bisa menyebabkan kamu terjebak dalam hujan lebat. Akibatnya sepatu dan baju basah, rambut kusut, serta suasana hati yang tidak diragukan lagi menjadi suram.

Untuk itu, penting bagi kamu memiliki jas hujan. Dalam memilih jas hujan, kamu harus mempertimbangkan berbagai hal termasuk kegiatan apa yang akan dilakukan selama cuaca hujan, atau mungkin kamu memiliki kegiatan yang mengharuskan untuk berpindah dari satu tempat ke tempat lain.

Tips Memilih Jas Hujan Terbaik

Tips Memilih Jas Hujan Terbaik
Image Source: Freepik/drobotdean

Memiliki perlengkapan hujan yang tepat merupakan salah satu langkah preventif dan investasi yang wajib dilakukan, terutama ketika perubahan cuaca berganti secara tidak menentu.

Tentunya terdapat banyak hal yang perlu kamu pertimbangkan karena saat jas hujan hadir dalam berbagai model, jenis, ukuran, panjang, serta berat untuk berbagai kegiatan berbeda.

Bagi kamu yang seorang petualang atau sekadar ingin tetap kering saat berada dalam perjalanan, berikut tips yang JakartaNotebook rangkum untuk memilih jas hujan terbaik!

SAFEBET Jas Hujan Sepatu Anti Air Shoes Cover PVC Non Slip XL 42-43 - YXT01 - Blue - JakartaNotebook.com
SAFEBET Jas Hujan Sepatu Anti Air Shoes Cover PVC Non Slip XL 42-43 - YXT01 termurah. Dapatkan dengan mudah SAFEBET Jas Hujan Sepatu Anti Air Shoes Cover PVC Non Slip XL 42-43 - YXT01 murah, garansi, dan bisa cicilan - Hanya di JakartaNotebook.com.

1. Jenis Jas Hujan

Pertama, tentu kamu perlu memutuskan jenis jas hujan yang paling cocok untuk kebutuhan yang dilakukan. Jenis jas hujan biasanya dibedakan berdasarkan bahannya, seperti karet atau plastik PVC.

Jenis jas hujan yang biasanya dapat kamu temukan di pasaran biasanya jas hujan biasa, ponco, reflektif, dan fashion yang dapat kamu pilih sesuai kebutuhan.

Selain itu terdapat juga jas hujan sepatu yang secara khusus yang dirancang untuk melindungi sepatu dari air. Jas hujan sepatu ini dapat sangat berguna bagi kamu yang sering berjalan kaki atau bersepeda saat hujan.

2. Kebutuhan Aktivitas

Pertimbangkan aktivitas apa yang akan kamu lakukan saat memakai jas hujan. Misalnya, jika kamu sering bersepeda, cari jas hujan yang memiliki desain yang memudahkan pergerakan selama mengayuh pedal.

Untuk aktivitas luar ruangan yang intens, pastikan jas hujan yang kamu pilih tidak terlalu tebal dan berpori agar kamu tidak merasa terlalu panas dan lembap selama mengenakannya.

3. Cek Ukuran dan Bentuk

Jas hujan harus cocok dengan tubuh agar efektif melindungi kamu dari hujan. Pastikan untuk mengukur tubuh dengan akurat. Jas hujan yang terlalu besar dapat membuat kamu kaku dan sulit bergerak, sementara yang terlalu kecil mungkin tidak dapat memberikan perlindungan secara maksimal.

Pastikan juga untuk memeriksa panjang jas hujan, karena jas yang terlalu pendek mungkin tidak melindungi kaki dan pakaian dengan baik.

Jieguo Jas Hujan Setelan Reflektif Strip Sepeda Motor XL - 7508 - Black - JakartaNotebook.com
Jieguo Jas Hujan Setelan Reflektif Strip Sepeda Motor XL - 7508 termurah. Dapatkan dengan mudah Jieguo Jas Hujan Setelan Reflektif Strip Sepeda Motor XL - 7508 murah, garansi, dan bisa cicilan - Hanya di JakartaNotebook.com.

4. Kualitas dan Ketahanan

Kualitas jas hujan sangat penting, terutama jika kamu berencana menggunakannya dalam jangka waktu yang lama. Pastikan untuk memeriksa bahan jas hujan dan jahitan yang ada di sepanjangnya. Jas hujan yang berkualitas baik akan terbuat dari bahan yang tahan lama dan memiliki jahitan yang kuat.

5. Sistem Penutup yang Baik

Pastikan jas hujan yang kamu pilih memiliki sistem penutup yang baik. Resleting atau kancing yang tahan air dapat membantu mencegah air masuk ke dalam jas hujan. Selain itu, perhatikan apakah jas hujan memiliki lapisan tambahan di area yang rentan terhadap kebocoran, seperti sambungan resleting, saku, dan kerah.

6. Kemudahan dalam Membawanya

Kemudahan dalam membawa jas hujan juga penting. Jika kamu sering bepergian atau berencana untuk membawa jas hujan selama perjalanan, pilih jas hujan yang dapat dilipat dengan mudah dan memiliki ukuran kecil sehingga mudah disimpan di dalam tas.

7. Anggaran

Tentukan anggaran sebelum membeli jas hujan. Harga yang kamu dapatkan tentunya dapat bervariasi tergantung pada merek, kualitas, dan pelengkap tambahan yang ada pada jas hujan.

Memang terlalu banyak pilihan dan jenis jas hujan yang tersedia di pasaran, dan mungkin hal ini membuat kamu bingung. Tapi tenang aja, kamu bisa memulainya secara perlahan dan mengenal beberapa istilah jas hujan. Ini akan membantu kamu untuk membeli jas hujan yang lebih tepat.

Utamanya kamu tetap harus mempertimbangkan kebutuhan dan preferensi pribadi. JakartaNotebook menghadirkan berbagai produk untuk menyambut musim hujan, mulai dari jas hujan, payung lipat, hingga perahu karet dengan kualitas terbaik dan harga yang pasti murahnya!