10 Cara Menurunkan Demam pada Anak di Rumah

Memasuki musim pancaroba demam jadi penyakit yang banyak dialami. Berikut beberapa cara menurunkan demam pada anak yang bisa kamu lakukan di rumah.

10 Cara Menurunkan Demam pada Anak di Rumah
Image Source: Freepik/User18526052

Pada musim pancaroba seperti sekarang kondisi tubuh yang tidak fit menyebabkan tubuh mudah terserang penyakit, seperti batuk, pilek, dan demam. Penyakit-penyakit ini sangat mudah menular ke siapa saja, terutama anak-anak.

Demam sendiri merupakan respon alami tubuh saat memerangi penyakit yang ditandai dengan naiknya suhu tubuh di atas 37°C. Pada kondisi ini tubuh si kecil akan terasa lemas dan tidak bertenaga.

Sebagai orang tua tentu kita tidak tega melihat si kecil terkulai lemas karena demam. Jika tidak ingin buru-buru ke dokter, kamu bisa mencoba beberapa cara menurunkan demam pada anak di rumah berikut.

Cara Menurunkan Demam pada Anak di Rumah

Cara menurunkan demam pada anak di rumah sangat mudah dilakukan karena menggunakan bahan-bahan alami. Simak cara-cara lengkapnya di artikel ini sampai habis, ya!

1. Istirahat Total

Saat mengalami demam, tubuh si kecil kehilangan banyak tenaga yang digunakan untuk memerangi penyakit. Maka cara menurunkan demam pada anak paling pertama adalah membiarkan anak untuk istirahat total.

Kurangi waktu bermain dan ajak anak untuk tidur atau beristirahat di kasur untuk memulihkan tubuh. Jika mulai rewel, kamu bisa membawa mainan favoritnya ke kasur atau membacakan cerita agar si kecil lebih tenang dapat tidur. 

2. Kompres dengan Air Hangat

Kompres dengan Air Hangat
Image Source: Freepik/Prostooleh

Dikutip dari Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), kompres air hangat termasuk cara menurunkan demam pada anak yang efektif. Cara ini bisa kamu lakukan sebagai pertolongan pertama untuk mengatasi demam.

Kompres air hangat dapat membantu mengeluarkan panas tubuh lewat pori-pori. Letakkan kompres pada area tubuh yang dilalui pembuluh darah besar seperti ketiak dan selangkangan selama 10-15 menit. Ulangi proses ini beberapa jam sekali hingga suhu tubuh anak menurun.

3. Banyak Minum Air Putih

Saat demam, cairan yang ada dalam tubuh banyak digunakan untuk menurunkan suhu panas. Akibatnya jumlah cairan dalam tubuh berkurang drastis dan dapat menyebabkan dehidrasi. Cara menurunkan demam pada anak yang bisa kamu lakukan adalah dengan memberikan lebih banyak air putih.

Banyak minum air putih dapat mengembalikan jumlah cairan sehingga suhu tubuh lebih mudah turun. Pastikan si kecil mengonsumsi 2 liter air sehari untuk memenuhi kebutuhan cairannya. Kamu juga bisa menggunakan air hangat atau menggantinya dengan minuman lain seperti jus atau teh hangat. 

BOROW Teko Listrik Kopi Pemanas Air Leher Angsa Pour Over 1000W 1000ml Non Wooden - ZK-KH301 - Black - JakartaNotebook.com
BOROW Teko Listrik Kopi Pemanas Air Leher Angsa Pour Over 1000W 1000ml Non Wooden - ZK-KH301 termurah. Dapatkan dengan mudah BOROW Teko Listrik Kopi Pemanas Air Leher Angsa Pour Over 1000W 1000ml Non Wooden - ZK-KH301 murah, garansi, dan bisa cicilan - Hanya di JakartaNotebook.com.

4. Mandi Air Hangat

Mandi Air Hangat
Image Source: Freepik/Freepik

Selain diminum, mandi air hangat juga bisa jadi cara menurunkan demam pada anak yang ampuh. Mandi dengan air hangat dapat melancarkan aliran darah serta membuka pori-pori sehingga keringat dapat keluar sambil membawa suhu panas pada tubuh.

Jika tidak memungkinkan untuk mandi, kamu bisa menyeka tubuh si kecil menggunakan washlap. Menambahkan essential oil juga dapat membuat si kecil lebih rileks sehingga dapat tidur atau beristirahat dengan tenang. 

5. Kenakan Baju yang Tipis

Suhu tubuh yang terlalu panas sering kali membuat si kecil tidak nyaman. Cara menurunkan demam pada anak selanjutnya yang bisa kamu lakukan adalah mengenakan baju yang tipis dan ringan. 

Baju yang tipis memungkinkan sirkulasi udara yang lebih baik sehingga anak dapat beristirahat dengan nyaman. Hindari memakaikan baju tebal yang justru membuat si kecil tidak nyaman dan semakin rewel. Kamu bisa melapisi tubuh si kecil dengan selimut agar tetap hangat sebagai gantinya. 

6. Minum Teh Jahe

Minum Teh Jahe
Image Source: Freepik/Jcomp

Jahe merupakan rempah yang kaya manfaat untuk kesehatan. Sifat antimikroba yang dimiliki dapat membantu tubuh membasmi kuman dan bakteri yang menginfeksi tubuh saat demam.

Kamu bisa membuatkan teh jahe sebagai minuman selingan untuk si kecil. Sensasi hangat dari jahe juga dapat meredakan rasa gatal atau sakit pada tenggorokan. Tak heran jika banyak orang yang menggunakan teh jahe sebagai pengganti obat untuk menurunkan demam pada anak.

7. Konsumsi Makanan Kaya Gizi

Selain memenuhi kebutuhan cairan, jangan lupa memberikan makanan kaya gizi saat anak terserang demam. Makanan dengan gizi seimbang membantu si kecil pulih lebih cepat karena tubuh dapat memproduksi energi. 

Makanan yang bergizi dan mudah dicerna seperti sup ayam bisa jadi pilihan. Sup ayam dengan banyak tulang rawan dapat membantu penyembuhan karena memiliki kandungan kolagen, kalsium, dan protein yang tinggi.

Ceool Panci Listrik Multifungsi Electric Pan with Steamer 1.5L 600W - AJL-10B-1 - White - JakartaNotebook.com
Ceool Panci Listrik Multifungsi Electric Pan with Steamer 1.5L 600W - AJL-10B-1 termurah. Dapatkan dengan mudah Ceool Panci Listrik Multifungsi Electric Pan with Steamer 1.5L 600W - AJL-10B-1 murah, garansi, dan bisa cicilan - Hanya di JakartaNotebook.com.

8. Merendam Kaki

Merendam Kaki
Image Source: Freepik/Jcomp

Cara menurunkan demam pada anak lainnya yang bisa kamu coba adalah merendam kaki. Pastikan kamu menggunakan air dengan suhu ruangan yang tidak dingin atau hangat untuk merendam kaki si kecil.

Perbedaan suhu air dan telapak kaki mengirimkan sinyal pada otak untuk menurunkan suhu pada tubuh. Lakukan cara ini selama 15-20 menit hingga suhu tubuh anak menurun dan kembali normal.

9. Minum Air Kelapa

Khasiat air kelapa untuk kesehatan memang tak bisa diragukan. Berbeda dari air mineral biasa, air kelapa punya kandungan elektrolit, mineral, dan vitamin yang dapat membantu proses penyembuhan demam si kecil. 

Cara menyembuhkan demam pada anak ini juga dapat mengembalikan cairan tubuh yang hilang saat demam. Kamu bisa memberikan air kelapa segar tanpa tambahan gula sebagai pengganti air untuk diminum si kecil.

10. Jaga Ruangan Tetap Sejuk

Jaga Ruangan Tetap Sejuk
Image Source: Freepik/Freepik

Cara menyembuhkan demam pada anak terakhir yang bisa kamu lakukan adalah menjaga ruangan si kecil agar tetap sejuk. Cara ini seringkali dilupakan karena terlihat sederhana.

Pastikan ruangan tidak terlalu panas atau dingin sehingga anak dapat beristirahat dengan nyaman. Ruangan yang sejuk juga mencegah si kecil menggigil karena suhu terlalu dingin.

Selain itu, pastikan sirkulasi udara dalam ruangan terjaga dengan membuka jendela dan memastikan ventilasi ruangan tidak tersumbat.

Cara menurunkan demam pada anak yang tepat dapat mempercepat proses penyembuhan. Cara-cara ini bisa kamu lakukan sebelum memberikan obat kimia pada anak. Namun, jika kondisi si kecil tidak kunjung membaik, segera pergi ke dokter untuk mendapatkan penanganan profesional.

Pantau kesehatan di rumah semakin mudah dengan alat kesehatan berkualitas, seperti tensimeter digital, thermogun, hingga fetal doppler dari TaffOmicron yang bisa kamu dapatkan dengan harga #DijaminMurah di JakartaNotebook.


Sumber:

KidsHealth. What to Do About a Fever (High Temperature). https://kidshealth.org/en/parents/fever-sheet.html

Nationwide Children’s Hospital. Fever. https://www.nationwidechildrens.org/conditions/fever

Healthline. How to Treat a Viral Fever at Home. https://www.healthline.com/health/viral-fever-home-remedies

MedicineNet. 8 Ways to Bring a Fever Down Naturally. https://www.medicinenet.com/how_do_you_break_a_fever_naturally/article.htm