12 Obat Masuk Angin Alami Terbaik yang Ampuh

Beberapa pilihan obat masuk angin alami berikut dapat digunakan menjadi pertolongan pertama yang ampuh dan mudah didapatkan.

12 Obat Masuk Angin Alami Terbaik yang Ampuh
Image Source: Freepik/Benzoix

Masuk angin merupakan kondisi yang dialami banyak orang terutama setelah melakukan aktivitas berat atau saat perubahan musim. Tahukah kamu, sebenarnya istilah masuk angin tidak ada di dunia kedokteran, lho!

Orang Indonesia menghubungkan istilah ini dengan beberapa gejala seperti mual, pusing, nyeri otot, kembung, dan demam yang muncul saat tubuh sedang tidak fit. Meski jadi penyakit ‘langganan’ yang muncul saat tubuh sedang capek, masuk angin dapat menghambat aktivitas jika tidak segera ditangani.

Nah, jika tidak punya cukup waktu untuk pergi ke dokter, berikut beberapa obat masuk angin alami yang ampuh dan mudah didapatkan yang dapat digunakan sebagai pertolongan pertama.

Pilihan Obat Masuk Angin Alami yang Ampuh

Masuk angin umumnya dapat sembuh secara alami. Namun, beberapa pilihan obat masuk angin alami ini bisa membantu meredakan gejala dan proses penyembuhan.

1. Madu

Madu
Image Source: Freepik/Jcomp

Madu telah lama digunakan sebagai obat tradisional untuk menyembuhkan berbagai penyakit. Kandungan antibakteri dan antimikroba di dalamnya dapat membantu membasmi bakteri dan kuman yang mungkin masuk ke dalam tubuh.

Tak hanya itu, madu juga dapat meredakan peradangan yang jadi penyebab demam saat masuk angin.

Cara menggunakan madu sebagai obat masuk angin alami juga sangat mudah. Campurkan satu sendok madu dengan secangkir air atau teh hangat. Jika ingin cara yang lebih praktis, kamu juga bisa mengonsumsi madu secara langsung.

2. Lemon

Masuk angin biasanya terjadi saat daya tahan tubuh menurun. Akibatnya tubuh lebih mudah terinfeksi bakteri dan virus yang ada di udara. 

Sama jenis jeruk lainnya, lemon kaya akan kandungan vitamin C yang baik untuk tubuh. Jenis vitamin ini berfungsi untuk meningkatkan sistem kekebalan agar tubuh dapat melawan bakteri dan virus dengan maksimal.

Kandungan antioksidan yang dimiliki juga membantu proses regenerasi sel sehingga mempercepat proses penyembuhan.

LUCOG Alat Peras Buah Jeruk Mini Juicer Presser Squeezer - Juicer0911 - Pink - JakartaNotebook.com
LUCOG Alat Peras Buah Jeruk Mini Juicer Presser Squeezer - Juicer0911 termurah. Dapatkan dengan mudah LUCOG Alat Peras Buah Jeruk Mini Juicer Presser Squeezer - Juicer0911 murah, garansi, dan bisa cicilan - Hanya di JakartaNotebook.com.

Campurkan perasan lemon pada segelas teh hangat atau air hangat. Jika terlalu asam, tambahkan satu sendok madu yang juga dapat mengobati masuk angin.

3. Jahe

Jahe
Image Source: Freepik/Jcomp

Jahe merupakan obat masuk angin alami yang ampuh dan mudah ditemukan. Bumbu dapur ini memiliki kandungan antimikroba, antioksidan, dan antiinflamasi sehingga dapat mengurangi rasa nyeri dan mual yang muncul saat masuk angin.

Rasanya yang hangat membuat sebagian orang tidak bisa mengonsumsi jahe secara langsung. Maka kamu bisa membuat air rebusan jahe dengan memasukkan potongan jahe pada air kemudian rebus hingga mendidih.

4. Minyak Kayu Putih

Minyak kayu putih memang jadi obat masuk angin alami andalan orang Indonesia. Minyak yang berasal dari daun pohon eucalyptus ini memberikan sensasi hangat saat dioleskan ke tubuh. 

Penggunaan minyak kayu putih dapat meredakan tenggorokan gatal, pusing, hingga nyeri saat masuk angin. Tak hanya itu, minyak satu ini juga punya sifat karminatif sehingga dapat menurunkan pembentukan gas yang cocok untuk mengatasi perut kembung.

Pastikan Anda tidak menyentuh mulut atau mata setelah menggunakan minyak kayu putih karena dapat menyebabkan rasa panas.

Taffware HUMI Air Humidifier Aromatherapy Oil Diffuser Wood 300ml - H218 - Wooden - JakartaNotebook.com
Taffware HUMI Air Humidifier Aromatherapy Oil Diffuser Wood 300ml - H218 termurah. Dapatkan dengan mudah Taffware HUMI Air Humidifier Aromatherapy Oil Diffuser Wood 300ml - H218 murah, garansi, dan bisa cicilan - Hanya di JakartaNotebook.com.

5. Bawang Putih

Bawang Putih
Image Source: Freepik/Jcomp

Jadi bumbu utama untuk membuat aneka hidangan lezat, siapa sangka bawang putih merupakan obat masuk angin alami.

Bumbu dapur dengan rasa gurih ini memiliki senyawa allicin dengan sifat antimikroba dan antivirus. Tak hanya itu, kamu juga bisa menemukan kandungan belerang pada bawang putih.

Perpaduan kedua senyawa ini membuat bawang putih baik dikonsumsi untuk menjaga daya tahan tubuh serta dapat menjadi obat untuk menyembuhkan kembung, batuk, pilek, hingga penyakit serius seperti asma, bronkitis, dan darah tinggi.

6. Echinacea

Echinacea merupakan jenis bunga yang dapat digunakan sebagai obat masuk angin alami. Bunga yang tumbuh di daratan Amerika dan Eropa ini memiliki sifat antiinflamasi yang berfungsi untuk mengurangi gejala masuk angin. 

Tak hanya itu, echinacea juga kaya akan antioksidan yang mampu membantu proses penyembuhan dan meningkatkan daya tahan tubuh.

Saat ini kamu terdapat aneka pilihan teh herbal dari echinacea yang bisa langsung diseduh dan dikonsumsi.

7. Air Garam

Air Garam
Image Source: Freepik/Racool_studio

Batuk dan tenggorokan gatal jadi gejala masuk angin yang paling sering dialami. Jika kamu mengalami kedua gejala ini berkumur dengan air garam bisa jadi solusinya. 

Kandungan air garam dapat mengurangi rasa gatal dan mencegah terjadinya infeksi pada tenggorokan. Penggunaan air hangat juga efektif untuk mengencerkan lendir yang berisi bakteri agar lebih mudah dikeluarkan.

Untuk membuat obat masuk angin alami ini, kamu bisa menyampurkan 1 sendok teh garam dengan satu gelas air hangat. Gunakan campuran ini untuk berkumur selama beberapa detik.

8. Kencur

Kencur merupakan rempah-rempah yang banyak digunakan penyanyi untuk menjaga kualitas suaranya. Namun, kencur juga dapat digunakan sebagai obat masuk angin alami. 

Rempah ini memiliki kandungan zat sitotoksik yang dapat merusak sel bakteri dan kuman penyebab masuk angin. Tentunya kencur juga punya kandungan antibakteri untuk meredakan diare.

TEAEGG Parutan Kentang Keju Lemon Sayur Vegetable Grater Slicer Tool - A46 - Silver - JakartaNotebook.com
TEAEGG Parutan Kentang Keju Lemon Sayur Vegetable Grater Slicer Tool - A46 termurah. Dapatkan dengan mudah TEAEGG Parutan Kentang Keju Lemon Sayur Vegetable Grater Slicer Tool - A46 murah, garansi, dan bisa cicilan - Hanya di JakartaNotebook.com.

Cara menggunakan rempah ini juga sangat mudah. Cukup parut dua kencur kemudian seduh dengan air hangat. Minum seduhan ini dua kali sehari hingga gejala masuk angin membaik. 

9. Peppermint Oil

Peppermint Oil
Image Source: Freepik/Jcomp

Bagi pecinta essential oil pasti sudah tak asing lagi dengan peppermint oil. Minyak yang didapat dari ekstrak tanaman peppermint ini memang sudah lama digunakan sebagai obat herbal untuk mengatasi berbagai penyakit.

Kandungan menthol di dalamnya dapat merilekskan otot-otot pada tubuh sehingga cocok untuk mengurangi gejala mual, nyeri, dan pusing saat masuk angin.

Karena tidak bisa diaplikasikan langsung ke kulit, kamu bisa menggunakan peppermint oil dengan diffuser dan menghirup uap yang dihasilkan untuk hasil yang lebih optimal.

10. Probiotik

Probiotik merupakan bakteri baik yang ada di tubuh manusia dan berfungsi untuk menjaga sistem imun.

Konsumsi produk dengan kandungan probiotik saat masuk angin dapat meningkatkan kekuatan sistem imun sehingga proses penyembuhan masuk angin berlangsung lebih cepat.

Mesin Pembuat Yogurt Maker Electric Automatic Machine 1L 15W - PA-10A - Orange - JakartaNotebook.com
Mesin Pembuat Yogurt Maker Electric Automatic Machine 1L 15W - PA-10A termurah. Dapatkan dengan mudah Mesin Pembuat Yogurt Maker Electric Automatic Machine 1L 15W - PA-10A murah, garansi, dan bisa cicilan - Hanya di JakartaNotebook.com.

11. Kunyit Putih

Kunyit Putih
Image Source: Freepik/Racool_studio

Masih dari golongan bumbu dapur, obat masuk angin alami selanjutnya adalah kunyit putih. Bumbu dapur ini memang sudah lama dikenal sebagai obat herbal untuk menyembuhkan banyak penyakit, termasuk masuk angin. 

Kunyit putih memiliki sifat antiradang, antibakteri, dan antinyeri sehingga dapat menyembuhkan berbagai gejala masuk angin, seperti nyeri sendi, pusing, hingga kembung. Kandungan kurkumin yang di dalamnya juga bekerja sebagai antisoksidan untuk mempercepat proses penyembuhan.

12. Sup Hangat

Semangkuk sup hangat menggunakan hampir semua bahan yang ada di daftar ini sehingga sangat ampuh untuk mengobati masuk angin.

Campuran bumbu dapur, sayur, dan daging memiliki kandungan antibakteri, antiinflamasi, vitamin, dan protein yang baik untuk tubuh. Disajikan dalam keadaan hangat, sup dapat membuat perut terasa nyaman dan tentunya kenyang.

Beberapa rekomendasi obat masuk angin alami ini bisa jadi pencegahan dan pertolongan pertama. Jika gejala masuk angin tetap berlanjut, segera kunjungi dokter atau fasilitas kesehatan terdekat, ya!

Memantau kesehatan di rumah semakin mudah dengan alat kesehatan berkualitas dari TaffOmicron bisa jadi pilihan. Kamu bisa menggunakan tensimeter, nebulizer, hingga fetal doppler berkualitas dengan harga yang #DijaminMurah.


Sumber:

Healthline. Cold and Flu Home Remedies. https://www.healthline.com/health/cold-flu/home-remedies#_noHeaderPrefixedContent

Mayo Clinic. Cold Remedies: What Works, What Doesn't, What Can't Hurt. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/common-cold/in-depth/cold-remedies/art-20046403

WebMD. Home Remedies for Colds. https://www.webmd.com/cold-and-flu/cold-remedies