Berbagai Aktivitas Menyehatkan Selain Olahraga

Berbagai Aktivitas Menyehatkan Selain Olahraga

Setiap bulan November, masyarakat Indonesia tidak hanya memperingati Hari Pahlawan saja, namun ada Hari Kesehatan Nasional yang tepatnya jatuh pada tanggal 12 November 2019. Pada tahun ke- 55 ini, Kementerian Kesehatan menggagaskan tema “Generasi Sehat, Indonesia Unggul” untuk HKN Tahun 2019.

Menyambut Hari Kesehatan Nasional, Kementerian Kesehatan menyiapkan acara sosialisasi Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS). Gerakan ini bertujuan untuk mengajak masyarakat agar memiliki budaya hidup sehat dan meninggalkan kebiasaan atau perilaku yang kurang sehat.

Dilansir dari Liputan6.com,

"Sehat menjadi hal yang sangat penting sekali. Karena kalau tidak sehat, tentu kita tidak bisa menjadi bangsa yang produktif," ucap Menteri Kesehatan RI, Nila F Moeloek, Jumat, 20 September 2019.

Nah.. di Hari Kesehatan Nasional 2019 ini, Jaknoters sekalian sudah merasa hidup sehat belom sih? Jika sudah, yuk lanjutkan! Jika belum, yuk mulai untuk hidup sehat karena kamu tidak akan pernah merugi dengan hidup sehat.

Kali ini mimin mau bagi-bagi informasi untuk kalian yang masih malas berolahraga, karena masih ada loh beberapa aktivitas lain yang bermnafaat "menyehatkan" selain berolahraga. Semoga membantu!

  • Menulis
foto : ilustrasi

Sebuah studi tahun 1994 menemukan bahwa karyawan yang mampu menulis dapat menghadapi situasi yang tidak menyenangkan dengan lebih baik. Mereka juga lebih cerdas secara emosional.

  • Merajut
foto : ilustrasi

Aktivitas berulang yang melibatkan tangan terbukti menghilangkan stres. Ini dimulai dari Survei tahun 2013 pada 3.545 perajut yang menemukan hubungan antara merajut dan fungsi kognitif. Semakin banyak merajut, semakin baik pula fungsi otak.

  • Mewarnai
foto : ilustrasi

Psychology Today melansir, proyek kerajinan seperti mewarnai, menggambar, atau melukis bermanfaat bagi kesehatan mental. Penelitian menunjukkan bahwa terapi seni dapat membantu Anda rileks sekaligus mengurangi stres dan kecemasan.

  • Berkebun
foto : ilustrasi

Penelitian telah menunjukkan bahwa berkebun lebih baik dari kegiatan santai lainnya untuk memerangi stres. Selain mengurangi gejala depresi karena pemandangan dan bau tanaman dapat membantu relaksasi, berkebun juga menurunkan risiko terkena demensia.

  • Memasak
foto : ilustrasi

Kalau yang satu ini tentu ada hubungannya dengan pola makan sehat. Menurut sebuah studi tahun 2014, orang yang rutin makan di rumah mengkonsumsi sekitar 130 kalori lebih sedikit tiap harinya dibanding yang tidak. Mengajar anak kecil bagaimana memasak makanan sehat dengan bahan segar juga membantu mengekang obesitas.

  • Berlibur
foto : ilustrasi

Kegiatan menyenangkan seperti berlibur dapat menurunkan tekanan darah dan hormon stres. Bahkan, perasaan kagum ketika melihat atau mengunjungi hal baru terbukti mengurangi potensi terkena penyakit jantung atau kanker

  • Meditasi
foto : ilustrasi

Kalau yang satu ini sudah tak perlu diragukan lagi yah, meditasi memang banyak manfaatnya untuk kesehatan. Memperbaiki pencernaan, menurunkan tekanan darah, mengurangi peradangan akibat stres, dan pelepasan bahan kimia yang meningkatkan suasana hati seperti serotonin dan dopamin adalah beberapa diantaranya. Meditasi juga dipercaya bisa menghilangkan rasa sakit loh!

Nah mulai sekarang, pastikan kamu menerapkan pola hidup sehat yah Jaknoters, agar kondisi tubuh akan selalu terjaga. Percayalah jika tubuhmu sehat, hatimu juga senang!