New Normal untuk Berdamai dengan Virus, Persiapkan 8 Hal ini!

Meskipun kehidupan new normal akan segera berlaku, jangan sampai membuat kita mengendurkan hal-hal terkait pencegahan. Lalu apa aja sih yang harus kita siapkan sebagai masyarakat ketika era New Normal ini akan dimulai? Simak tips untuk persiapan new normal di bawah ini yuk!

New Normal untuk Berdamai dengan Virus, Persiapkan 8 Hal ini!

Apa itu New Normal?

New normal adalah salah satu istilah yang sering kita dengar akhir-akhir ini, khususnya dari berbagai media massa di Indonesia. Menurut Wikipedia, istilah new normal ini adalah sebuah istilah dalam bisnis dan ekonomi yang biasanya merujuk kepada kondisi-kondisi keuangan seusai kejadian seperti krisis, resesi, hingga pandemi seperti saat ini. Maka sejak itulah istilah new normal digunakan pada konteks lain untuk mengimplikasikan bahwa suatu hal yang sebelumnya dianggap abnormal menjadi umum. Perlu kamu ketahui jika sudah ada negara tetangga Indonesia yang telah menjalankan new normal seperti Thailand.

New normal di Indonesia mulai dilontarkan pemerintah Indonesia beberapa waktu terakhir ini. Hal ini juga bermula saat pemerintah menjelaskan bahwa kini masyarakat harus mulai berdamai dengan keadaan dan kembali produktif dengan protokol kesehatan yang tepat. Dikutip dari Kompas.com, menurut Bapak Wiku Adisasmita selaku Ketua Tim Pakar Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, new normal adalah perubahan perilaku untuk tetap menjalankan aktivitas normal.

Namun perlu diingat ya Jaknoters! Meskipun kehidupan new normal akan segera berlaku, di mana artinya akan kembali beraktivitas seperti biasa jangan sampai membuat kita mengendurkan hal-hal terkait pencegahan. Lalu apa aja sih yang harus kita siapkan sebagai masyarakat ketika era New Normal ini akan dimulai? Simak tips untuk persiapan new normal di bawah ini yuk!

  • Penggunaan masker serta rajin cuci tangan harus jadi bagian dalam kehidupan sehari-hari saat new normal

Tetap menggunakan masker ketika beraktivitas seperti biasa dan tentunya terus mengindahkan anjuran rutin mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir. Mengingat hal ini adalah yang paling dianjurkan untuk masyarakat demi memutus penularan. Jangan cuma cuci tangan saat kamu merasa tanganmu kotor ya Jaknoters!

  • Wajib jaga jarak di tempat umum

Menjaga jarak minimal 1 meter saat berada di keramaian, hal ini tentu harus diterapkan di tempat umum. Terutama untuk masyarakat yang terpaksa harus bekerja dengan transportasi umum. Masker dan jaga jarak adalah kewajiban. Oh ya, jangan lupa selalu bawa hand sanitizer agar kamu bisa langsung membersihkan tangan ketika sulit menemukan air mengalir dan sabun.

Bukan hanya itu, apabila kamu harus mengikuti aktivitas seperti olahraga di tempat gym, gunakan selalu masker ya. Apabila kamu ingin lebih aman, sebaiknya lakukan dulu olahraga di rumah saja.

  • Upayakan pembayaran dengan non tunai

Untuk beberapa kepentingan yang memang membutuhkan transaksi, apalagi yang memang tersedia untuk pembayaran non tunai, usahakan untuk melakukannya dengan non tunai ya. Kecuali memang terpaksa harus menggunakan uang tunai untuk pembayaran, segera cuci tangan kamu dengan sabun dan air mengalir ketika selesai bertransaksi.

  • Tetap membatasi bepergian ke area publik, jika memang tidak darurat

Ketika new normal sudah mulai di Indonesia, beberapa tempat umum juga telah diperbolehkan untuk buka seperti biasa dengan SOP kesehatan dari pemerintah. Namun jangan jadikan alasan ini untuk bisa jalan-jalan tanpa ada kepentingan mendesak ya Jaknoters!

  • Stok kebutuhan pangan, Ingat! jangan berlebihan

Upayakan untuk membeli bahan kebutuhan sekaligus untuk jangka waktu satu minggu atau satu bulan jika memungkinkan sehingga tidak perlu bolak-balik ke supermarket yang sudah pasti tempat umum.

  • Belanja online dulu aja!

Bagi Jaknoters semua, kalian bisa lebih mengutamakan belanja online ya untuk mencari kebutuhan-kebutuhan rumah atau lainnya. Karena tentu akan lebih aman!

  • Harus selalu ada cara untuk bahagia

Pada masa-masa seperti sekarang, sungguh tidak mudah bagi banyak orang. Karena bukan cuma fisik yang harus kita jaga agar tetap sehat, namun kesehatan mental kamu juga penting banget loh! So, kita harus cari cara untuk bisa tetap bahagia sembari melakukan physical distancing dan menjaga kebersihan ini. Maka kita bisa lebih menggunakan kreatifitas pribadi masing-masing dalam mencari cara baru menghibur diri, yang bisa membuat kita terhindar dari stress yang pasti berujung pada penyakit-penyakit lainnya.

Ingat dan terapkan persiapan new normal ini dari sekarang ya Jaknoters!