Mau Bersepeda Saat PSBB? Simak 10 Protokolnya Di Sini!

Mau Bersepeda Saat PSBB? Simak 10 Protokolnya Di Sini!

PSBB diperpanjang lagi nih Jaknoters!

Siang ini Pemprov kembali mengumumkan bahwa PSBB kembali diperpanjang. Meskipun begitu, Pemprov juga menjelaskan bahwa bulan Juni ini bisa menjadi masa transisi bagi masyarakat yang ingin kembali produktif. Namun tetap diingatkan bahwa kembali produktif tidak langsung 100%, melainkan hanya dengan kapasitas 50% saja. PSBB diperpanjang kembali dikarenakan masih adanya angka yang masih terbilang cukup tinggi di beberapa wilayah sehingga diputuskan untuk memperpanjang masa PSBB ini.

Memang tidak bisa dipungkiri, akhirnya keputusan ini membuat pro kontra dari masyarakat. Sebagian besar mengatakan bahwa sudah terlalu bosan dan lelah untuk hanya di rumah saja. Mengingat biasanya memang banyak kegiatan yang bisa kita lakukan di luar rumah. Bersepeda salah satunya! Kemarin, tepatnya 3 Juni tiap tahunnya selalu diperingati sebagai Hari Sepeda Sedunia. Tentunya kamu semua kaum 'gowes' kangen banget dong bersepeda di luar sana. Jangan sedih! Sekarang kamu bisa kok tetap bersepeda saat PSBB. Namun pastinya ada beberapa hal penting yang perlu kamu perhatikan dengan baik. Langsung aja simak di bawah ini yuk!

Persiapan Bersepeda saat PSBB

Mau Bersepeda Saat PSBB? Simak 10 Protokolnya Di Sini! | Sumber : Shutterstock
  • Ingat himbauan pemerintah
    Ketika kamu hendak bersepeda saat PSBB ini, yang pertama harus kamu simak dan ikuti adalah himbauan pemerintah sekitar. Himbauan ini dalam artian yaitu, daerah mana saja yang aman untuk kegiatan bersepeda selama masa PSBB kamu.
  • Jaga kebersihan sepeda
    Kebersihan pada sepeda kamu tentu harus terjaga sebelum mulai bersepeda. Bersihkan bagian-bagian yang akan bersentuhan dengan tangan saat bersepeda selama PSBB supaya terhindar dari berkumpulnya bakteri atau virus.
  • Jaga kebersihan diri
    Selain sepedanya, kamu nya juga harus bersih dong Jaknoters! Terutama bagian kedua tangan, harus dibersihkan terlebih dahulu dengan sabun dan air mengalir ya sebelum siap bersepeda saat PSBB.
  • Gunakan pakaian dan perlengkapan penting
    Nah, jika kamu dan sepeda sudah bersih. Saatnya untuk mempersiapkan diri menghindari terkenanya droplet orang lain. Dalam hal ini kamu bisa menggunakan pakaian yang lebih tertutup seperti kaos lengan panjang, tidak lupa juga perlengkapan safety bersepeda saat PSBB lainnya. Oh ya, jangan lupa bawa hand sanitizer juga ya!
  • Masker kain lebih disarankan
    Untuk menjalankan kegiatan bersepeda saat PSBB, kamu lebih disarankan untuk menggunakan masker kain ya Jaknoters. Hal ini dikarenakan bahannya yang tidak terlalu rapat, sehingga tidak mengganggu pernapasan kamu.
  • Siapkan makanan dan minuman dari rumah
    Jika kamu memang ingin bersepeda dalam waktu cukup lama atau jalur yang cukup jauh dari rumah, sebaiknya siapkan bekal sendiri ya, sehingga kamu tidak harus berhenti mencari minuman dan makanan dari luar yang mungkin saja kurang bersih. Bawa alat makan dan botol minum milik pribadi pasti lebih aman deh!
  • Rombongan maksimal 5 pesepeda
    Memang benar jika bersepeda itu lebih seru dan menyenangkan apabila dilakukan beramai-ramai. Namun, kamu terpaksa harus lupakan dulu kebersamaan bersepeda saat PSBB ini ya. Karena pemerintah lebih menghimbau untuk bersepeda sendiri atau dengan rombongan maksimal 5 orang saja.
  • Hindari jalur dengan keramaian
    Mengingat himbauan pemerintah tentang daerah yang aman di atas tadi, untuk bersepeda saat PSBB kamu juga penting memperhatikan jalur yang akan kamu lewati. Pilihlah jalur yang aman dalam artian yang menghindari keramaian juga daerah zona merah.
  • Tetap jaga jarak
    Biarpun kamu bersepeda sehingga tidak bersentuhan langsung dengan orang lain, jaga jarak bersepeda saat PSBB ini tetap diperlukan loh! Jaga jarak antar pesepeda dengan kendaraan lain dari sisi kiri-kanan dengan minimal 2 meter/ Sementara jaga jarak antar pesepeda dari depan-belakang dihimbau minimal 4 meter. Oleh karena itu, disarankan untuk mengontrol kecepatan bersepeda saat PSBB, karena semakin tinggi kecepatan sepeda kamu makan jarak antar pesepeda juga harus diatur semakin jauh.
  • Selalu patuhi rambu lalu lintas
    Bersepeda saat PSBB ini sama hal nya juga dengan bersepeda saat kondisi biasanya. Yang penting diperhatikan juga keselamatan diri sendiri juga orang lain. So, selalu patuhi rambu lalu lintas yang ada ya bagi kamu yang bersepeda di jalan raya.

Bersepeda saat PSBB dengan sepeda Xiaomi HIMO C20 yuk. Model kekinian dengan teknologi yang canggih langsung dari JakartaNotebook!

www.jakartanotebook.com