Bukan Hanya Makanan Bernutrisi, Ini 8 Tips Meningkatkan Imun yang Tidak Kalah Penting

Bukan Hanya Makanan Bernutrisi, Ini 8 Tips Meningkatkan Imun yang Tidak Kalah Penting

Imun tubuh yang kuat sangat penting untuk dijaga!

Saat ini, situasi kehidupan di Indonesia masih perlu menjadi perhatian. Terutama untuk alasan kesehatan, bukan hanya untuk anak-anak namun juga kaum lansia. Imun tubuh yang kuat merupakan salah satu hal yang paling banyak diperbincangkan dalam menghadapi situasi saat ini. Imunitas adalah sistem kekebalan tubuh terhadap serangan penyakit, baik berupa bakteri hingga virus.

Salah satu hal yang bisa membantu manusia meningkatkan sitem kekebalan tubuh umumnya adalah makan dan minuman yang sehat. Sehat disini berarti makanan yang bernutrisi tinggi. Dengan mengonsumsi makanan bernutrisi tinggi, tentu banyak sekali manfaatnya untuk tubuh mulai dari ujung kepala sampai ujung kaki. Maka seharusnya masyarakat Indonesia lebih aware dengan makanan bergizi. Apalagi Indonesia merupakan negara yang kaya akan sumber makanan, baik itu sayuran, ikan, buah, dan lain sebagainya.

Selain makanan bernutrisi, masih ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan dalam rangka meningkatkan imun tubuh agar tetap kuat. Simak selengkapnya di bawah ini yuk!

Ini 8 Tips Meningkatkan Imun yang Tidak Kalah Penting | Sumber: shutterstock
  1. Minum air putih yang banyak

Air putih atau air mineral tentu sudah jelas penting bagi tubuh kita. Apalagi dalam hal menjaga imunitas tubuh. Kualitas air yang diminum akan berpengaruh pada sistem kekebalan tubuh kita. Bukan cuma kualitas, namun intensitas minum air mineral juga perlu diperhatikan. Jika tubuh kekurangan air, maka metabolisme tubuh bisa menurun dan berdampak pula pada daya tahan tubuh.

2. Olahraga rutin

Olahraga selalu menjadi aktivitas positif yang memberikan dampak baik untuk kesehatan tubuh. Sekalipun di rumah saja, pastikan kamu melakukan olahraga rutin selama kurang lebih 30 menit. Olahraga di rumah saja yang bisa dilakukan misalnya seperti aerobik, zumba, atauk workout lainnya.

3. Berjemur pada waktu yang tepat

Tentu kamu sudah paham jika sinar matahari pagi mengandung vitamin D yang tinggi. Pada situasi seperti ini, salah satu cara meningkatkan imunitas tubuh adalah dengan lberjemur di bawah sinar matahari pagi loh. Tidak perlu terlalu lama, cukup berjemur sekitar 15 menit setiap paginya dan gratis kok! So, jangan bangun kesiangan yah, Jaknoters.

4. Perhatikan sirkulasi udara

Jangan remehkan sirkulasi udara yang ada di dalam rumah, karena hal ini juga berpengaruh pada imunitas tubuh loh!

Dalam ruangan rumah seperti kamar atau ruang keluarga, diperlukan sirkulasi udara yang maksimal. Maka, pastikan selalu pintu dan jendela yang ada terbuka lebar setiap pagi. Dengan begitu, di dalam ruangan akan terjadi pertukaran oksigen lama dengan yang baru.

Xiaomi-Air-Humidifier-Ultrasonic-5L | Sumber: JakartaNotebook.com

Rumah kamu butuh ini juga loh untuk menjaga kelembapan udara sekitar, coba cek di sini!


5. Hindari hal negatif bagi kesehatan

Ada banyak sekali hal negatif yang bisa kamu batasi sendiri ketika sedang menghadapi situasi hidup seperti saat ini. Apalagi untuk khal-hal negatif yang sudah jelas berpengaruh pada kesehatan tubuh.

Sebaiknya kegiatan seperti merokok dan minum-minuman beralkohol bisa dikurangi. Karena keduanya ternyata dapat menurunkan sistem kekebalan tubuh sebagai efek dari zat kimia yang ada di dalamnya. Nikotin dalam rokok dapat menambah jumlah hormon stress atau kadar kortisol yang akan mengurangi pembentukan respon antigen sel T serta antibodi sel B. Dalam hal merokok, bukan hanya perokok aktif yang terdampak, namun juga perokok pasif.

Untuk minuman beralkohol, sudah pasti jika ketika seseorang minum terlalu berlebihan maka hal itu dapat mempengaruhi sistem kekebalan tubuh. Dalam masa meningkatkan imunitas tubuh, pastiin kamu membatasi konsumsi makanan dan minuman mengandung zat ini.

6. Kontrol mood dan emosi

Bukan cuma hal yang dapat kita lakukan yang harus dikontrol, melainkan juga perasaan. Ketika ingin meningkatkan imun tubuh, mengelola stres dengan baik bisa menjadi salah satu tips jitunya. Jika emosi atau mood tidan terkontrol dengan baik, maka dapat memicu adanya produksi hormon kortisol dalam jumlah besar. Ketika itulah akhirnya sistem imun kamu dapat melemah. Lakukan saja berbagai aktivitas positif atau hobi yang kamu senangi sehingga membantu kamu meningkatkan hormon bahagi dalam tubuh.

7. Tidur yang berkualitas

Kalau yang satu ini, sudah jelas lah ya! Orang-orang yang memiliki waktu istirahat yang cukup tentu akan lebih jarang kena sakit penyakit dibandingkan yang waktu tidurnya tidak teratur. Hal ini dikarenakan saat tidur malam, terjadi proses detoksifikasi di dalam tubuh, yang mana ada lintasan metabolisme yang bisa mengurangi kadar racun, pemulihan sel rusak dan lain-lain.

8. Ibadah

Last but not least.. apapun yang kamu yakini, tingkatkan ketakwaan dalam beribadah. Dengan beribadah, kita pasti mendapatkan kekuatan penuh dalam segala bidang untuk mengatasi situasi saat ini. So, percayalah!

Yuk, tetap semangat menjalani hidup dan melawan situasi buruk ini. Semoga cepat berlalu!