10 Cara Detox Tubuh secara Alami: Kembalikan Kebugaran

Racun yang menumpuk di dalam tubuh bisa membuat kita lemas dan tidak bertenaga. Lakukanlah cara detox tubuh secara alami ini untuk mengatasinya.

10 Cara Detox Tubuh secara Alami: Kembalikan Kebugaran
Image Source: Freepik/jcomp

Sering merasa lemas, sulit tidur, atau tidak nyaman? Mungkin penyebabnya adalah racun yang menumpuk di dalam tubuh. Salah satu cara yang dapat mengembalikan kesegaran dan kesehatan tubuh adalah detoksifikasi.

Detox atau detoksifikasi adalah upaya untuk membersihkan racun yang ada dalam tubuh. Meski tidak serta merta menghilangkan racun, tetapi detoksifikasi dapat mengurangi penumpukannya di dalam tubuh.

Tahukah Anda, ternyata terdapat cara detox tubuh secara alami yang bisa dilakukan. Mau tahu apa saja caranya? Simak penjelasan di bawah ini.

Cara Detox Tubuh secara Alami

Cara Detox Tubuh secara Alami
Image Source: Freepik/garetsvisual

Mengurangi penumpukan racun akibat polusi, bahan sintetis, logam berat, dan makanan olahan bisa Anda lakukan dengan cara detox tubuh secara alami di bawah ini.

1. Berpuasa

Bukan hal baru jika berpuasa memang dapat menyegarkan tubuh dengan cara membersihkan saluran cerna dan racun yang terakumulasi di dalamnya. Ibaratnya, berpuasa dapat mengatur ulang fungsi tubuh kita.

Cara detox tubuh secara alami ini bisa Anda lakukan sesuai kemampuan tubuh. Itu sebabnya, sebaiknya Anda berkonsultasi terlebih dulu dengan ahli kesehatan sebelum melakukannya.

2. Perbanyak Asupan Air Mineral

Mudah didapat di mana saja, siapa sangka air mineral bisa membersihkan tubuh dari racun yang menumpuk. Jika Anda merasa lemas dan sering lelah, mungkin asupan air mineral harian Anda belum terpenuhi.

Bagi orang dewasa, minimal konsumsi air mineral harian adalah 2 Liter. Cara detox tubuh secara alami ini bisa membantu fungsi ginjal untuk mengeluarkan racun melalui urin.

3. Minum Infused Water

Selain air mineral, Anda juga bisa membuat minuman lain seperti infused water. Infused water terdiri dari campuran air dan juga buah-buahan segar, seperti lemon.

Fungsinya sama seperti air mineral dengan tambahan vitamin dari buah-buahan. Cara detox tubuh secara alami dan menyegarkan ini bisa menjadi dukungan tambahan bagi Anda yang malas minum air mineral.

4. Konsumsi Buah dan Sayur

Cara detox tubuh secara alami selanjutnya bisa Anda lakukan dengan mengonsumsi buah dan sayur. Kedua hal ini kaya serat, air, dan vitamin yang dapat membantu membersihkan sistem pencernaan.

Olahan lezat dari buah dan sayur juga bisa Anda buat, seperti jus, smoothie, salad, dan lain sebagainya. Pencernaan yang lancar membuat buang air menjadi lebih lancar.

5. Tambah Asupan Probiotik

Proses detoksifikasi tubuh sangat berkaitan dengan kesehatan sistem pencernaan. Itu sebabnya mengonsumsi makanan yang tinggi probiotik bisa menjadi cara detok tubuh secara alami.

Makanan yang mengandung probiotik, seperti yogurt, kimchi, pisang, hingga tomat dapat menjaga probiotik yang ada di saluran cerna tetap seimbang sehingga fungsi usus dan organ lainnya tetap optimal.

6. Tambah Asupan Antioksidan

Selain saluran cerna, menjaga sel-sel dari kerusakan juga sama pentingnya. Itulah mengapa Anda membutuhkan antioksidan untuk memperkuat ketahanan tubuh dari serangan bakteri dan virus.

Anda bisa mengonsumsi makanan yang mengandung antioksidan tinggi, seperti kakao, kacang-kacangan, dan juga buah-buahan yang berwarna cerah. Teh hijau juga bisa dikonsumsi karena mengandung antioksidan yang tinggi.

7. Kurangi Konsumsi Gula

Hati bertanggung jawab untuk detoksifikasi tubuh, dan salah satu tugasnya adalah memetabolisme gula. Mengkonsumsi gula berlebihan dapat membebani hati dan menghambat proses detoksifikasi.

Konsumsi gula tinggi juga dapat mengganggu kemampuan tubuh untuk mengontrol kadar gula darah. Itulah mengapa mengapa mengurangi konsumsi gula dapat mengoptimalkan proses detoksifikasi tubuh.

HAPPY GAM Sepeda Statis Gym Spinning Bike Adjustable with Bluetooth - HF-2122 - Black/Red - JakartaNotebook.com
HAPPY GAM Sepeda Statis Gym Spinning Bike Adjustable with Bluetooth - HF-2122 termurah. Dapatkan dengan mudah HAPPY GAM Sepeda Statis Gym Spinning Bike Adjustable with Bluetooth - HF-2122 murah, garansi, dan bisa cicilan - Hanya di JakartaNotebook.com.

8. Kurangi Konsumsi Kafein

Kafein dapat menyempitkan pembuluh darah, yang dapat menghambat aliran darah ke organ vital. Mengurangi kafein membantu meningkatkan aliran darah, memungkinkan organ detoksifikasi seperti hati dan ginjal bekerja lebih efektif.

Cara detox tubuh secara alami ini tentunya juga dapat meningkatkan kualitas tidur. Tidur yang berkualitas tentunya mendukung proses detoksifikasi yang lebih baik.

9. Jaga Pola Tidur

Seperti yang telah disampaikan pada poin sebelumnya, tidur yang cukup dan berkualitas merupakan salah satu cara detox tubuh secara alami. Saat tidur, tubuh melakukan regenerasi sel, termasuk sel-sel yang rusak akibat racun.

Kurang tidur juga dapat mengganggu keseimbangan hormon, termasuk hormon stres kortisol. Hormon kortisol yang tinggi dapat menghambat proses detoksifikasi.

Deerma Blender Portable Buah Juicer Wireless 1500mAh 400ml - DEM-NU05 - Baby Pink - JakartaNotebook.com
Deerma Blender Portable Buah Juicer Wireless 1500mAh 400ml - DEM-NU05 termurah. Dapatkan dengan mudah Deerma Blender Portable Buah Juicer Wireless 1500mAh 400ml - DEM-NU05 murah, garansi, dan bisa cicilan - Hanya di JakartaNotebook.com.

10. Rutin Olahraga

Saat berolahraga, tubuh mengeluarkan keringat yang mengandung racun dan produk sisa metabolisme. Proses membakar kalori dan lemak yang mungkin mengandung racun juga terjadi saat berolahraga.

Rutin berolahraga dapat mendukung proses detoksifikasi tubuh dengan meningkatkan aliran darah, sistem limfatik, dan fungsi hati dan ginjal, serta meningkatkan keringat dan metabolisme.

Itu dia 10 cara detox tubuh secara alami yang tentunya sangat mudah dilakukan. Mulai dari mengurangi kebiasan buruk hingga meningkatkan kegiatan yang baik bagi tubuh, secara berkelanjutan tubuh Anda akan terasa lebih segar.


Source

Healthline. What Is a Full-body Detox?. https://www.healthline.com/nutrition/how-to-detox-your-body

Enesis. 12 Cara Detox Tubuh Secara Alami Agar Lebih Sehat, Yuk Coba!. https://enesis.com/id/artikel/cara-detox-tubuh/