9 Cara Tepat Memilih Produk Brand Lokal Murah Berkualitas

Jadi pembeli yang bijak yuk! Kamu bisa memperhatikan cara-cara berikut ini agar dapat memilih produk brand lokal murah berkualitas dengan tepat!

9 Cara Tepat Memilih Produk Brand Lokal Murah Berkualitas

brand lokal murah berkualitas

Di dunia saat ini, banyak sekali barang-barang mulai dari makanan minuman, fashion, gadget, perlengkapan rumah tangga, hingga aksesoris pendukung hobi yag ditawarkan dari berbagai brand bagus. Bahkan beberapa brand lokal pun mampu dikategorikan sebagai brand yang bagus karena sudah mampu dalam menghasilkan produk dengan kualitas yang setara atau bahkan lebih bagus dibanding produk asal luar negeri. Brand lokal juga kerap mengeluarkan produk murah berkualitas, sehingga tidak ada alasan untuk lebih memilih produk luar negeri dibanding produk kita sendiri.

Salah satu hal penting yang harus kita pahami juga, dimana produk lokal memiliki peran penting dalam memajukan perekonomian suatu negara. Terlebih lagi, negara kita juga memiliki inovasi yang terwujud dalam produk-produk brand lokal murah berkualitas. Dengan pilihan brand lokal murah berkualitas yang ada saat ini, masyarakat dapat membantu bisnis lokal dengan membeli produk-produknya. lokal.

Nah, sebelum kita masuk ke bagian cara memilih produk lokal yang bagus, tentu kamu harus tahu beberapa alasan mengapa sebaiknya kita belanja produk lokal ketimbang produk luar negeri!

  • Membantu perekonomian

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, bahwa produk lokal memiliki peranan besar dalam memajukan perekonomian negara, maka ketika berbelanja produk lokal, siklus uang yang dibelanjakan akan kembali ke masyarakat atau komunitas setempat. Hasilnya, bisnis lokal yang ada pun dapat menjadi lapangan pekerjaan yang tepat untuk mengurangi angka pengangguran di Indonesia.

  • Kualitas produk

Jika kita bicara tentang produk yang "fresh", maka sudah jelas jika kita belanja produk dari brand lokal murah berkualitas akan lebih tepat dibanding belanja produk luar negeri. Produk yang kita butuhkan tidak perlu dikirim selama berhari-hari, jadi kita pun lebih cepat menerima produk yang kita inginkan.

  • Pengalaman berbelanja personal

Ketika kita memutuskan untuk berbelanja di tempat kita sendiri, maka kita akan dengan mudah bisa melihat proses produksinya, bahkan bisa langsung membeli di pabriknya. Hal ini berlaku untuk berbagai produk lokal mulai dari makanan, pakaian atau aksesoris dan lain-lain. Dengan melihat dan berkomunikasi dengan penjualnya secara langsung, kita bisa merasakan pengalaman berbelanja yang lebih personal.

  • Ramah lingkungan

Secara tidak langsung, ketika kita belanja produk-produk luar negeri yang membutuhkan perjalanan jauh mulai dari pemilik hingga ke pemesan tentu membutuhkan tenaga dan daya yang lebih besar. Selain itu, belanja produk lokal juga mengurangi jumlah kemasan yang terkadang dibutuhkan untuk mengemas produk. Hal ini menjelaskan kalau kamu turut serta dalam pelestarian lingkungan.

Cara memilih produk berkualitas pada saat ini harus lebih teliti lagi, terkadang minimnya informasi maupun pengetahuan terhadap produk yang akan dibeli juga menjadi salah satu faktor yang membuat kita salah memilih produk dari brand lokal murah berkualitas. Oleh karena itu, penting bagi seorang konsumen untuk mengerti cara memilih produk berdasarkan kesesuaian apa yang dibutuhkan.

Ingin tahu kan beberapa cara tepat memilih produk dari brand lokal murah berkualitas? Check this out!

Cara Tepat Memilih Produk Brand Lokal Murah Berkualitas | Sumber: JakartaNotebook

1.Periksa Harga

Biasakan untuk selalu cek harga sebelum kamu memutuskan untuk membeli sebuah produk. Apalagi ketika kamu memilih untuk belanja secara online, sebaikny periksa dulu harga yang ditawarkan. Mungkin ada satu barang yang sama, namun dijual di beberapa toko berbeda. Maka terkadang ada yang menjual dengan harga lebih rendah, ada juga yang lebih tinggi dari pesaingnya.

Hal ini jadi strategi penjualan oleh para pihak penjual untuk mensubsidi barang lain agar jadi lebih murah. Perhatikan juga halaman terakhir sebelum melakukan transaksi pembayaran, apakah sudah termasuk biaya ongkos kirim atau potongan diskon yang diberikan.

2. Periksa Spesifikasi Barang

Selain harga, ketika kamu memutuskan untuk memebli barang dari brand lokal murah berkualitas maka pastika kamu sudah memeriksa spesifikasi produknya. Jangan terburu-buru membeli saat kamu menemukan barang yang kamu inginkan agar kamu tidak kecewa dengan pesanan yang sampai nantinya.

Perhatikan saja kolom-kolom yang menerangkan spesifikasi produknya dengan seksama. Belajarlah untuk cermat dengan terlebih dahulu memperhatikan kualitas bahan serta spesifikasi lainnya. Apalagi untuk brand-brand lokal yang sudah masuk ke kategori atas, kamu wajib curiga apabila ada yang menjualnya dengan potongan harga berlebihan.

3. Membaca testimoni juga penting!

Untuk melihat reputasi tempat yang menjual brand lokal murah berkualitas, kamu bisa memperhatikannya dari testimoni para pelanggan sebelumnya. Mungkin bisa kamu cari tahu dari situsnya atau malah bertanya pada teman-teman yang sebelumnya mungkin sudah memesan produk yang kamu inginkan. Jangan sampai kamu dikecawakan oleh toko yang kamu pilih, ternyata mereka sering melakukan penipuan terhadap konsumen.

4. Cek pabriknya

Jika kamu ingin mendapatkan produk dari brand lokal murah berkualitas, tentu tidak bisa sembarangan memilih. Harus ada dasar yang kamu percaya, seperti orisinalitas produknya. Hal ini penting banget untuk diperhatikan, karena apabila produk mengalami kendala atau permasalahan akan mudah bagi konsumen untuk mencari perawatannya. Sehingga barang yang kita miliki dapat bertahan lama dan benar-benar berkualitas.

5. Punya sertifikat

Seringkali saat ini kita jumpai berbagai produk dengan sertifikat atau surat jaminan. Biasanya surat ini merupakan bukti penghargaan ataupun jaminan kualitas produk yang diperoleh dari berbagai tes dan uji coba. Sertifikat yang ada pada sebuah produk bisa menjadi nilai tambah bagi konsumen dalam melihat kualitas sebuah produk. Oleh karena itu, pastikan spesifikasi yang tertera sama dengan hasil uji sertifikasi produk.

6. Kunjungi toko resmi

Untuk memastikan produk yang kita akan beli itu berkualitas dan tidak bercacat, maka lebih baik kita langsung mengunjungi tempat resmi yang menjual secara langsung. Nah untuk belanja secara online, pastikan kalau kamu selalu memesan barang-barangnya dari official store JakartaNotebook yang ada di marketplace.

7. Perhatikan kemasan

Meskipun kemasan merupakan hal sepeleh dalam sebuah produk, namun kini sudah banyak kemasan menarik yang bisa menunjang sebuah produk. Fungsi kemasan bukan hanya semata-mata untuk melindungi produk dan memberi informasi, namun juga membangun ketertarikan calon konsumen untuk membelinya. Maka dari itu, kamu bisa melihat dari sisi kemasan yang baik untuk memastikan produknya juga baik.

8. Ketahui bahan material

Hal ini penting bagi kamu yang ingin membeli produk gadget dan fashion dari brand lokal berkualitas. Biasanya, bahan material sebuah produk akan menentukan keawetan sebuah produk. Maka ketika ingin membeli sebuah produk, wajib sekali untuk paham bahan materialnya.

9. Melihat review produk

Selain memperhatikan testimoni toko, hal terakhir yang jelas harus diperhatikan adalah hasil review produk. Hal ini bisa dilakukan dengan mencari tahu di berbagai platform media sosial terkait review produk yang kamu inginkan. Setelah tahu kualitas barang dari kritik dan saran orang-orang melalui media sosial maupun website, maka kita akan lebih mudah memutuskan apakah akan membeli produk tersebut apa tidak.

Yuk jadi pembeli yang bijak dengan bisa memilih produk lokal yang terbaik sesuai kebutuhan kita, Jaknoters. Temukan produk lokal ekslusif dari promo ulang tahun JakartaNotebook ini!